15 Aplikasi untuk Meningkatkan Produktivitas yang Dibutuhkan Mahasiswa

Meskipun ini terdengar sangatlah menantang, sebagian besar mahasiswa telah dilengkapi dengan laptop, tablet, iPad dan telpon genggam yang mengizinkan mereka untuk meningkatkan produktivitas mereka dengan baik. Saat ini mahasiswa yang menggunakan gadget juga memiliki ruangan kelas yang bersahabat dengan teknologi yang mengizinkan mereka untuk menggunakan teknologi, mencatat secara digital, menggantikan buku-buku berat dengan ebook, mengumpulkan tugas-tugas mereka online, dan bahkan menonton pelajaran dari dosen di kamar mereka yang nyaman. Sebagian besar mahasiswa memiliki smartphone yang bisa mengoptimalkan rutinitas belajar mereka dan menyediakan bahan-bahan yang diperlukan melalui beberapa aplikasi sederhana.

Kami telah membuat daftar 15 aplikasi yang harus digunakan sesering mungkin oleh setiap pengguna teknologi di universitas. Jadi ubalah smartphone anda yang tadinya merupakan alat distraksi menjadi suatu asset berharga dengan aplikasi-aplikasi ini!

1. Evernote

Evernote merupakan aplikasi untuk mencatat yang mengizinkan anda untuk menyimpan semua informasi yang anda perlukan; anda bisa membuat catatan text, mengambil photo, merekam audio, dan bahkan melampirkan data. Aplikasi ini bisa digunakan di semua jenis gadget (Android, PC, iOS, Mac, dan lain-lain) dan bahkan memiliki versi premium untuk fitur-fitur tambahan.

Aplikasi ini tersedia untuk iOS dan Android.  

2. Pocket

Pocket merupakan jawaban untuk setiap mahasiswa universitas yang sibuk dan mengalami dilemma seperti: haruskah saya membaca artikel ini sekarang dan menunda, atau akankan saya melupakan informasi ini? Pocket membantu anda dalam menyimpan artikel, video, link, dan lainnya yang ingin anda lihat nanti di gadget anda. Ini juga merupakan aplikasi yang bagus untuk mengatur bacaan yang ingin anda baca nanti untuk tugas atau kelas.

Tersedia untuk iOS dan Android.  

 

3. Khan Academy

Khan Academy merupakan aplikasi yang terkenal karena latihan matematikanya dan layanan uji cobanya. Baru-baru ini, SAT telah bekerja sama dengan Khan Academy untuk menyediakan persiapan jurusan SAT gratis untuk mahasiswa. Aplikasi ini membantu anda mengakses kontennya yang banyak. Ini merupakan aplikasi yang bagus untuk belajar yang dapat membantu anda dalam memahami apa yang sedang terjadi di kelas matematika anda, entah itu topik lanjutan atau topik sederhana.

tersedia untuk iPad.  

 

4. Dictionary.com

Sangatlah penting, terutama mahasiswa universitas untuk memiliki kamus. Anda bisa mendapatkan kosa kata baru di kelas, di perpustakaan, atau bahkan di saat anda berpartisipasi dalam sebuah diskusi saat makan siang. Bagi mahasiswa-mahasiswa yang ingin meningkatkan kosa kata mereka, aplikasi Dictionary.com merupakan aplikasi yang tepat yang juga dilengkapi dengan thesaurus yang dapat membantu anda meningkatkan kosa kata anda.

Tersedia untuk iOS dan Android  

 

5. StayFocusd

Tantangan terbesar dari internet adalah distraksinya yang sangat banyak. Entah itu datang dalam bentuk memes lucu atau artikel-artikel berita yang penting, ini semua tidak membantu anda dalam menyelesaikan tugas anda yang harus anda kumpulkan besok, atau belajar untuk ujian anda minggu depan! StayFocusd merupakan extensi Chrome yang memblokir website-website tertentu dengan memasukkan mereka ke blacklist dan membatasi waktu anda di hal lain yang masuk kedalam daftar ‘kuning’. Sebaliknya, mahasiswa bisa juga mengatur daftar-daftar tentang situs-situs yang bagus, dan aplikasi ini akan memblokir semua situs lainnya yang tidak diperlukan. Dengan tantangan dan batas waktu yang berada didepan anda, StayFocusd merupakan aplikasi yang bagus untuk para penunda yang sering terdistraksi dengan mudah.

Tersedia di Google Chrome  

 

6. BenchPrep

Bagi mahasiswa yang bersiap-siap untuk ujian standart, BenchPrep merupakan aplikasi yang bagus. Aplikasi ini menawarkan persiapan materi, termasuk dengan soal-soal latihan, kartu flash, latihan-latihan dan jurusan-jurusan interaktif untuk S1 (AP, SAT) dan S2 (GMAT, GRE, LSAT) dan sertifikat (CFA, PMP) program diseluruh dunia. Aplikasi ini tersedia untuk komputer dan handphone, dan aplikasi ini juga menyeimbangkan peningkatan mahasiswa, dengan mengizinkan mereka untuk melanjutkan pembelajaran mereka dari sesi terakhir.

Tersedia di iOS dan Android.  

 

7. StudyBlue

Membuat kartu flash merupakan mimpi buruk bagis semua mahasiswa. Ini sebabkan karena monoton, memakan banyak waktu, dan memerlukan banyak usaha untuk sesuatu yang hanya satu kali anda perlukan. StudyBlue mengizinkan anda untuk membentuk kartu flash digital dari text, gambar dan audio. Untuk membuat kartu flashnya lebih baik, aplikasi ini menguji kelemahan anda dengan membiarkan anda menyaring kartu flash yang anda tahu. Aplikasi ini juga memilki database kartu flash yang besar yang dibuat oleh pengguna lainnya untuk peningkatan tambahan yang anda butuhkan. (Tips produktifitas: Masukan catatan anda dari Evernote untuk memastikan bahwa anda telah menyimpan semua.)

Tersedia untuk iOS dan Android

 

8. EasyBib

Kutipan merupakan hal yang sangat merepotkan bahkan untuk mahasiswa yang telah lulus. Bagi mereka yang tidak selalu tahu perbedaan dari MLA dan APA, atau terlambat untuk menyerahkan tugas terakhir mereka, EasyBib merupakan bantuan yang pas. Anda hanya perlu men-scan barcode buku tersebut, atau memasukkan nomor ISBN atau judul untuk kutipan instan. Aplikasi ini juga membentuk bibliografi anda dan membiarkan anda mengirim email kepada diri anda sendiri.

Tersedia untuk iOS dan Android  

 

9. Dropbox

Buat mereka yang ingin mengoptimalkan penyimpanan data dan melakukan backup dengan Dropbox, kami sangat merekomendasikan anda untuk melakukan itu secepatnya! Ini merupakan aplikasi yang menyimpan semua data anda di cloud, mengizinkan anda untuk mengakses data-data tersebut dengan mudah dimanapun anda berada (meskipun anda membutuhkan browser di komputer). Aplikasi ini juga bagus untuk membagikan catatan dan bekerja sama dalam suatu proyek.

Tersedia untuk iOS dan Android  

 

10. Silence

Silence membiarkan anda memasukkan jadwal anda dan pengaturan notifikasi untuk periode waktu tertentu. Aplikasi ini akan membantu anda dalam menghindari semua momen-momen dimana handphone anda berdering dengan keras di kelas atau saat sedang ujian. Yang anda butuhkan adalah mengatur jadwal kelas anda, dan memilih pengaturan notifikasi dan biarkan aplikasi tersebut mengatur semuanya.

Tersedia di Android.  

 

11. Study Checker

Study Checker merupakan aplikasi bagus untuk mahasiswa yang merasa mereka telah kehilangan kontrol dalam mengatur waktu belajar mereka. Mahasiswa yang ingin memantau distraksi yang mereka dapatkan harus menggunakan Study Checker untuk mengamati manajemen waktu mereka. Aplikasi ini membantu anda memantau berapa banyak waktu yang anda habiskan untuk belajar, beristirahat, menunda, dan lain-lain. Aplikasi ini juga menyediakan perencanaan untuk setiap sesi belajar, hari, minggu, bulan, dan periode-periode tertentu.

Tersedia untuk iOS dan Android  

 

12. Any.Do

Ini merupakan aplikasi yang dibutuhkan setiap pengguna smartphone. Tidak hanya aplikasi berbentuk daftar, Any.Do melakukan semuanya dari mengizinkan anda untuk membentuk peringatan dari missed call sampai pada pengaturan notifikasi untuk mengingatkan anda untuk merencanakan hari anda setiap pagi. Anda bisa menbagikan tugas-tugas dengan kontak, tambahkan subnotes dan bahkan menggabungkannya dengan komputer anda dan gadget lainnya untuk peringatan berulang kali.

Tersedia untuk iOS dan Android.  

 

13. QuickVoice Recorder

Bagi mahasiswa yang lebih suka fokus di kelas dan mencatat nanti, aplikasi perekaman suara merupakan solusi terbaik. QuickVoice Recorder mengizinkan anda untuk mengirim pesan rekaman suara tersebut ke email anda, dan bahkan mengatur peringatan untuk mendengarkan rekaman suara itu di waktu dan tanggal yang dipilih. Aplikasi ini akan terus belanjut di background handphone anda, sehingga mengizinkan anda untuk melakukan beberapa aktivitas di waktu yang bersamaan./p>

Tersedia untuk iOS.

 

14. Smart Voice Recorder

SmartVoice Recorder merupakan pilihan lain untuk mahasiswa yang lebih suka melakukan rekaman di kelas. Aplikasi Android ini mengizinkan anda untuk merekam audio sampai pada 75 jam. Aplikasi ini juga mendeteksi secara otomatis dan menghentikan rekaman jika terdapat pause saat sedang mengajar, sehingga membantu anda menyimpan memori tempat di handphone anda. Setelah anda merekam, anda bisa membagikan data tersebut via email, whatsapp, atau bahkan dropbox. SmartVoice Recorder juga merekam di background handphone anda, sehingga anda bisa mencatat secara digital, membuka facebook dan google di gadget anda.

Tersedia di Android

 

15. Duolingo

Duolingo tidak hanya merupakan aplikasi bagus untuk mempelajari bahasa asing, akan tetapi ini juga merupakan aplikasi yang memilki pilihan untuk mempelajari bahasa inggris dengan bahasa asing. (Contoh: Bahasa Prancis-Bahasa Inggris). Ini merupakan aplikasi bagus untuk mahasiswa yang membutuhkan latihan tambahan untuk kelas bahasa atau ingin mengagumi seseorang. Dengan mengubah pembelajaran menjadi permainan yang menyenangkan (dengan kehidupan dan tantangan), Duolingo membuat anda memulai bahasa baru dengan mudah dan menyenangkan. Aplikasi gratis ini mengajarkan 6 bahasa tingkat universitas, (menurut mereka, 34 jam pengunaan aplikasi ini sama dengan 11 minggu pembelajaran bahasa di kampus.)

Tersedia di iOS dan Android  

Diposting pada 09 Okt 2017
Kehidupan Mahasiswa, Tips & saran

Bagikan ini