6 Alasan untuk Melanjutkan S2


Kita sudah pernah membahas tentang siapa yang tidak perlu melanjutkan ke jenjang pascasarjana. Berikut ini, kita akan membahas 6 cara melakukan pascasarjana yang akan bermanfaat bagianda dan karir anda

[Source:http://www.uwo.ca]


1. Pertumbuhan Intelektual

Ini mungkin akan terlihat nyata untuk anda, akan tetapi banyak mahasiswa melupakan (ataumemilih untuk mengabaikan) bahwa pascasarjana selalu berhubungan dengan akademik. Anda akandiajarkan oleh professor yang telah berspesialisasi di area yang anda minati. Gelar S2 sering kali berhubungan dengan penelitian. Ini akan membantu anda berkembang secara intelektualdan juga lebih berpengetahuan di bidang anda.


2. Prospek pekerjaan yang meningkat

Selain mendapatkan sisi akademiknya, pascasarjana juga membantu anda meningkatkan prospek pekerjaan anda. Gelar S2 merupakan langkah untuk menjadi lebih ahli di dalam bidang anda. Ini bisa manjadi sebuah pencapaian yang anda miliki di hidup anda. Gelar ini membukapintu ke lebih banyak pekerjaan yang memerlukan gelar S2. Beberapa posisi di industri juga akan membuka jalan kepada anda. Gelar S2 membuat anda lebih berkualifikasi untuk tingkat posisi yang lebih tinggi, bahkan mungkin di karir anda juga.

[Source:http://www.mlec.com.au]


3. Peningkatan mobilitas

Dengan gelar S2, anda akan belajar mata pelajaran anda secara intensif. Apakah anda tahu bahwa ini bisa meningkatkan mobilitas pekerjaan anda? Ini merupakan waktu yang tepat untuk anda menanyakan diri anda sendiri apakah anda senang dengan jurusan atau industri yang anda pelajari saat ini. Jika anda sedang mempertimbangkan perubahan karir, maka gelar S2 bisa menjadi tiket anda untuk memasuki peran baru. Anda bisa bergerak ke bidang lain atau industri lain berdasarkan kepada apa yang anda pelajari, misalnya mahasiswa teknik yang sedang bekerja di bagan teknik berharap untuk bekerja di posisi manajemen atau pemasaran, maka ia harus mempertimbangkan untuk melakukan S2. S2 yangdigabungkan dengan pengalaman kerja di bidang teknik, akan membuat anda menjadi kandidat yang ideal di jalur manajemen. Selain itu, S2 bisa membantu anda berspesialisasi di dalam bidang anda, contohnya, jika anda adalah mahasiswa hukum, gelar S2 yang fokus pada hukum mineral dan pertambangan akan membantu anda memiliki kualifikasi untuk perubahan tersebut.


4. Pertemanan baru

Orang-orang yang anda temui di sekolah pascasarjana kemungkinan akan menjadi orang-orang penting serta pemimpin-peminpin hebat di masa yang akan datang, sama seperti anda. Sekolah pascasarjana merupakan tempat yang bagus untuk mendapatkan teman-teman dan koneksi baru karena ini merupakan pengaturan yang kasual. Anda akan sering berada di kelompok yangsama dalam mengerjakan proyek atau mungkin tetangga di kompleks perumahan anda. Ini memberikan anda kesempatan yang luas untuk meningkatkan jaringan pertemanan anda. Sering kali,koneksi yang anda bangun di sekolah pascasarjana akan membantu anda dalam perjalanan andamenempuh karir yang anda impikan.

[Source:http://www.ucl.ac.uk]


5. Waktu senggang dari dunia nyata

Sebagai mahasiswa yang telah lulus, anda masih termasuk seorang mahasiswa. Ini artinyaanda mendapatkan kesempatan untuk kembali pada kehidupan anda sebagai mahasiswa jika andamengharapkannya. Mahasiswa yang telah lulus sering kali memiliki kediaman yang spesial, mereka memiliki akses ke semua fasilitas kampus, mereka pergi ke kelas, mengerjakan tugas,mengeluh tentang ujian dan bersantai ria. Jika anda merindukan hal-hal ini dan menginginkan hari libur dari pekerjaan anda, atau jika anda baru menyelesaikan S1 dan belum bersedia untuk meninggalkan bangku kuliah, lanjut S2 merupakan solusi bagus untuk anda. Dan untuk anda yang ragu dan berpikir bahwa tidak ada alasan yang cukup mendukung, maka perlu diketahui bahwa sekolah pascasarjana mengizinkan anda memberikan waktu dan tempat untuk pertumbuhan pribadi anda, agar anda bisa kembali ke dunia kerja dengan persiapan yang lebih matang.


6. Gaji yang lebih tinggi

Meskipun terdapat beberapa manfaat non-finansial dari gelar S2, tidak dapat dipungkiribahwa gelar ini membuat anda memiliki kemampuan dan pengetahuan lebih, serta anda juga akan mendapat gaji yang menarik. Lulusan S2 mendapatkan gaji yang lebih dibandingkan denganS1. Tambahannya, memiliki gelar S2 juga meningkatkan kesempatan anda untuk mendapatkan promosi dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk mendapatkan promosi tersebut, selain ituia juga memimpin anda untuk mendapatkan bayaran yang lebih tinggi dan juga lebih cepat.


Jadi ini merupakan 6 alasan anda untuk mendapatkan gelar S2. Jika anda memiliki alasanlain untuk melakukan S2 atau anda masuh kurang yakin untuk melakukannya, silahkan beritahu alasan tersebut kepada kami!

Diposting pada 09 Okt 2017
Tips & saran

Bagikan ini