6 Alasan yang Salah untuk Melanjutkan S3


Penjelasan dibawah ini tentang beberapa alasan salah untuk melakukan S3. Jika salah satu alasan ini terdapat di dalam daftar alasan anda, maka sebaiknya anda mempertimbangkannya kembali. Jika anda setuju dengan alasan-alasan berikut ini dan memiliki alasan lain untuk melakukan S3, maka mungkin ini merupakan pilihan yang tepat untuk anda. Jadi mari kita lihat alasan-alasan salah tersebut.

1. Memenuhi Ambisi Orang Lain

Jika anda melakukan S3 karena orang tua anda ingin anda melakukannya atau karena orang terdekat anda memaksa anda, atau bahkan karena anda mencoba untuk mengikuti standart edukasi kakak anda, maka sebaiknya anda mempertimbangkannya kembali. Memenuhi ambisi anda sendiri dan ingin mencapai cita-cita anda akan lebih memuaskan, dan kertertarikan anda akan membuat proses-prosesnya lebih mudah. S3 merupakan usaha yang besar dan berat yang hanya akan bertambah sulit jika anda tidak memiliki ketertarikan di pelajaran tersebut atau keinginan untuk menyelesaikannya di tingkat doktor.

2. Tekanan Rekan Sebaya

Meskipun dikelilingi oleh pendidikan sosial merupakan hal bagus, menjadi salah satu dari mereka bukanlah alasan yang tepat untuk melakukan S3. Gelar ini penuh dengan tantangan, memakan banyak waktu dan membutuhkan semua perhatian anda. Kecuali anda yakin anda bersedia dan mampu untuk mengerjakan tugas-tugas yang diperlukan S3, jika tidak maka jangan. Anda akan menghabiskan seluruh energi anda.

3. Kepuasan Ego

Banyak mahasiswa percaya bahwa mereka harus bertemu dengan tantangan yang tidak bisa mereka lewati. Ini merupakan sebuah kesalahan untuk gelar S3 ini, dan perlu diketahui bahwa banyak mahasiswa belajar dari orang lain. Jika anda ingin melakukan S3 untuk memuaskan ego anda dan memamerkan bahwa anda juga mampu untuk mendapatkan gelar eksklusif ini, maka anda melakukannya untuk alasan yang salah. Anda akan merasa tertekan dengan banyak tugas yang diharapkan dari anda; lebih parahnya lagi anda akan berakhir dengan perasaan tidak puas karena rasa ingin memamerkan tersebut menghilang.

4. Melarikan Diri dari Pekerjaan

Melakukan gelar sarjana dengan jurusan yang berbeda merupakan cara bagus untuk mencari ketertarikan anda dan melangkah maju. Namun, ini hanya berlaku jika anda yakin akan apa yang anda pelajari. Ketidaktarikan akan mengikuti anda jika anda hanya ingin mencoba sesuatu yang baru untuk bervariasi.

5. Melanjutkan Visa

Sering kali, anda merasa sangat terbiasa dengan gaya hidup, budaya, orang-orang dan mungkin negara dimana anda telah menyelesaikan gelar pendidikan S1 anda. Melakukan S3 hanya karena ingin tetap tinggal di kota atau area tersebut bukanlah alasan yang bagus.

6. Dunia yang Sebenarnya Membuat Anda Takut

Sangat mudah untuk berasumsi bahwa program S3 merupakan versi yang lebih intens jika dibandingkan dengan gelar S1. Akan tetapi itu bukanlah alasan yang utama. Tujuannya adalah tidak hanya untuk mengumpulkan tugas-tugas anda tepat pada waktunya dan mendapat nilai sempurna di ujian. Kelas-kelas anda akan membantu anda untuk membangun dasar dan membimbing anda dalam penelitian anda. Anda akan dinilai secara umum berdasarkan penelitian dan publikasi anda. Ini sangat penting bagi mahaisiswa yang masih belajar atau baru saja menyelesaikan gelar S1 atau S2 mereka. Jika anda pikir, anda akan belajar sama dengan cara anda belajar sebelumnya dan anda lebih memilih hal tersebut dibandingkan mencari pekerjaan, makan S3 bukanlah hal yang anda cari. Dunia yang sebenarnya akan mengejutkan anda.

Alasan yang paling penting untuk melakukan S3 adalah: Gelar tersebut sesuai dengan anda.

Kita tidak bisa menekankan ini. Jika anda merupakan seseorang yang ingin mengubah dunia dan menolak apa yang anda diterima saat ini di area pembelajaran yang anda suka, maka S3 mungkin cocok untuk anda. Secara mendasar, semua alasan yang tidak begitu berkaitan dengan S3, serta bagaimana gelar ini cocok dengan anda, dan faktor-faktor eksternal lainnya, mungkin merupakan alasan yang salah, karena ada banyak hal yang harus dikerjakan jika anda melakukan S3. Sangat penting untuk mengingat, entah itu fisika atau psikologi atau geografi, gelar S3 melebihi apa yang anda pelajari sebelumnya dan akan membuat anda memiliki kemampuan untuk membedakan. S3 sering kali bisa menjadi tiket penelitian sepanjang hidup dan wawasan pendidikan.

Jadi, jika anda merupakan jenis mahasiswa yang selalu mau belajar dan mengaplikasikan pembelajaran tersebut ke dunia dan membuat perubahan, maka S3 benar-benar cocok untuk anda.

Diposting pada 09 Okt 2017
Aplikasi Kuliah

Bagikan ini