Adakah ada rasa nasionalisme di diri kamu

Hari ini tepatnya tanggal 20 Mei 2016, diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Pada peringatan yang ke 108 ini, kita selaku bangsa Indonesia perlu ingat hari dimana berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908, membangkitkan rasa dan semangat persatuan, kesatuan, nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan hak bangsa Indonesia pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.

Organisasi Boedi Oetomo yang merupakan organisasi pertama yang bercorakan nasionalis ini terinspirasi pertama kalinya oleh Dr Wahidin Sudiro Hudoso yang ingin meningkatkan martabat rakyat dan bangsa. Tujuan utama dari organisasi ini untuk membudidayakan dan memajukan Jawa dan Madura. Ketika pertama kali berdiri Boedi Oetomo belum menyebarkan ide nasionalisme untuk seluruh bangsa Indonesia.

Kelahiran Boedi Oetomo ini menjadi patokan umum tentang kebangkitan nasional dan setelah organisasi dan pergerakan setelah Boedi Oetomo di lanjuti Soempah Pemuda pada 1928 dan hingga kita dapat memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada 1945

Harkitnas digambarkan sebagai masa bangkitnya semangat, nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran bangsa Indonesia. Memperingati Harkitnas ke 108, dengan tema oleh Kementerian Pendidikan dan Budaya (KEMENDIKBUD), “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri dan Berkarakter” Dengan tema ini kita harus menantang apapun yang kita hadapi dengan memfokuskan diri pada kerja nyata secara mandiri berkarakter. Jadi tanyai dirimu sendiri untuk meyakinkan apakah kita sudah bangkit? Ayo Kerja!

dikutip dari Sambutan Harkitnas 2016 oleh KEMENDIKBUD

Diposting pada 09 Okt 2017
Kehidupan Mahasiswa, Kuliah di Luar Negeri

Bagikan ini