Gaya Hidup di Malaysia


Hampir semua agama di dunia, termasuk Islam, Buddha, Hindu, Kristen terdapat di Malaysia. Agama-agama ini mempunyai koneksi yang kuat dengan kesukuan penduduk, dan itu terlihat dari suku Melayu yang menganut agama Islam, kebanyakan suku India menganut agama Hindu, dan suku cina menganut agama buddha. Kehadiran keanekaragaman ini menjunjung tinggi kepentingan identitas agama, dan sebagian besar penduduk Malaysia mempunyai pengertian yang kuat tentang perbedaan agama mereka dengan agama orang lain.  (Kristen Malaysia dikategorikan sebagai non-muslim).


Dengan keanekaragaman ini, Malaysia telah menjadi negara yang terkenal dengan masakan-masakan khas mereka, yang mencakup komposisi masakan melayu, masakan india, dan masakan cina. Mie dan nasi sudah menjadi makanan utama; selain itu makanan pedas juga termasuk makanan favorit di negara ini. Selain itu terdapat banyak buah-buah tropis di negara ini dan dijual dengan harga yang terjangkau.


Apa yang membuat Malaysia terkenal?

Malaysia terkenal dengan komunitasnya yang lebih dari satu ras, yang mencakup Melayu, Cina, India dan lain lain yang hidup di satu negara dengan harmonis. Satu lagi, negara ini terkenal dengan tempat jalan-jalan. Tempat jalan-jalan mereka terkenal karena keindahan pantai-pantainya dengan pasir putih dan pulau yang bisa diakses dengan mudah, pulau-pulau berkelas yang mempunyai pantai yang menakjubkan, hutan hujan tropis dan kebudayaan yang beranekaragam. Sebagian besar pulau-pulau ini menyediakan tempat-tempat untuk menyelam karena mereka mempunyai air yang sangat bersih dan jernih, dan terumbu karang yang indah.
 

Nama Pulau Kekhasan Pulau
Pulau Pangkor Dikenal sebagai "Pulau Terindah"
Penang Dikenal dengan "Masakannya yang terkenal di dunia"
Redang Dikenal sebagai "Pulau terbaik untuk menyelam"
Pulau Tioman Dikenal dengan "Budaya dan desa tradisional" lokal
Pulau Perhentian Dikenal sebagai "Pulau terbaik dengan hutan tropisnya"
Langkawi Dikenal sebagai "Pulau dengan pertunjukan kebudayaan dan kereta gantung"

 

Semua pulau-pulau ini dengan kekhasannya berasal dari Malaysia. Namun, Negara mempunyai banyak hal yang menarik. Perlu diketahui bahwa negara ini memiliki kebudayaan, agama, dan bahasa yang unik dan ditambah dengan tempat-tempat menarik lainnya untuk dikunjungi dan di jelajahi. 
 

 

Agama Di Malaysia

Malaysia merupakan masyarakat yang memiliki keanekaragaman budaya dengan agama islam sebagai agama utama mereka, yang mencakup sekitar 60% penduduk Malaysia. Akan tetapi konstitusi di negara ini menjamin kebebasan beragama untuk kepercayaan lainnya. 
 

Religions in Malaysia

Bagan di atas menunjukan bahwa mayoritas penduduk di Malaysia menganut agama islam, akan tetapi di waktu yang bersamaan agama Buddha dan agama lainnya juga memiliki tingkat yang tinggi. 


Bahasa Di Malaysia

Malaysia memiliki beranekaragam bahasa yang digunakan untuk percakapan sehari-hari, akan tetapi bahasa melayu atau bahasa Malaysia merupakan bahasa nasional negara ini. Bahasa Inggris merupakan bahasa kedua dan bahasa ini diajarkan disekolah. Bahasa lainnya yang digunakan untuk percakapan mencakup bahasa mandarin, bahasa hokkien, bahasa teochew, bahasa hakka, bahasa Cantonese, bahasa khek, bahasa tamil, bahasa telugu, bahasa thai dan lain lain.


Hari Libur dan Tempat Untuk Dikunjungi

Malaysia mempunyai banyak hari libur sehingga negara ini memiliki salah satu angka tertinggi untuk hari libur di dunia, dan juga menempati peringkat ketujuh di sepuluh Negara besar setelah Thailand, Indonesia, India dan Hong Kong.

Tanggal Hari Libur
1 Januari Tahun Baru
15 Januari Ulang Tahun Raja
24 Januari Maulid Nabi
10-13 Februari Tahun Baru China (Imlek)
4 Maret Jumat Agung
1 May Hari Buruh
1 Juni Ulang Tahun Agong
26 Juli Nuzul Al-Quran
8-12 Agustus Hari Raya Idul Fitri
2 November Deepavali
25 Desember Natal


Jika anda mendapat kesempatan untuk tinggal lebih lama di Malaysia, anda mungkin bisa merasakan hari-hari libur tersebut. Dan juga anda bisa memilih untuk tinggal dirumah atau mengunjungi tempat-tempat menarik di negara ini. Jika anda menabung, anda bisa membeli tiket dan berkunjung ke salah satu pulau dan tempat peristirahatan terkenal atau mengunjungi taman hiburan dan tempat-tempat menarik lainnya.
 

5 Tempat Paling Menarik untuk Dikunjungi Beberapa Ide
Kuala Lumpur
  • Menara Petronas
  • Chinatown
  • Batu Caves
Langkawi
  • Kereta gantung & Skybridge
  • Masjid Al-Hana
  • Bird Paradise & Taman Wildlife
Pulau Ragand
  • Bars disepanjang pantai
  • Gipsy Divers
  • Taman Redang Marine
Cameron Highlands
  • Perkebunan Teh Boh
  • Jalan-jalan di hutan
  • Masakan Steamboat
Genting Highland
  • Sky Venture
  • Glow in the dark bowling

 

Masakan

 

Masakan Malaysia dipengaruhi oleh beberapa budaya dari seluruh dunia. Rasa masakan yang beranekaragam menampilkan masakan Malaysia yang eksotis. Populasi Malaysia sebagian besar mencakup tiga suku yaitu Melayu, India dan Cina. 
Keanekaragaman masakan di negara ini dapat dilihat dari masakan Melayu mereka. Kuliner tradisional masakan ini sebagian besar dipengaruhi oleh negara-negara tetangga seperti, Indonesia, India, Timur Tengah, dan Cina. Masakan melayu biasanya dideskripsikan pedas dan lezat karena masakan ini menggunakan campuran bumbu dan rempah-rempah. 


Sedangkan makanan Cina di Malaysia yang lezat  biasanya berasal dari makanan Cantonese. Makanan Cantonese telah dikenal dengan keanekaragaman dan kesegaran bahan-bahannya. Makanan ini biasanya di tumis dengan sedikit minyak untuk memastikan hasilnya gurih dan segar. Semua masakan “Cina kebarat-baratan” masuk ke kategori ini, dan mereka mencakup – hidangan asam dan manis, won ton, chow mein dan lumpia. 


Yang terakhir yang perlu diketahui di Malaysia terdapat banyak restoran India dan warung makanan. Mereka dihidangkan secara tradisional di thali, yang merupakan nampan logam yang mempunyai banyak mangkok kecil yang disebut katori. Untuk masakan India selatan, daun pisang sering digunakan sebagi piring dimana nasinya biasanya dihidangkan di tengah, diikuti dengan kari dan lauk lainnya disekelilingnya. Ini mencakup ikan kering, pappadams (wafer miju-miju), chutneys segar dibuat dari rempah-rempah dan buah-buah asam.

Diposting pada 09 Okt 2017
Kehidupan Mahasiswa, Kuliah di Luar Negeri

Bagikan ini