Jurusan Terfavorit Siswa di Indonesia 2018

By EasyUni Staff | Last modified 03 Okt 2018
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Sesuai dengan data resmi yang dikeluarkan oleh panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN) 2018, terdapat jurusan favorit bagi siswa di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, sistem edukasi di Indonesia terbagi oleh dua penjurusan yang berbeda, rumpun IPA dan rumpun IPS. Di artikel ini, kami akan memaparkan jurusan kuliah favorit siswa di Indonesia dalam dua rumpun tersebut.


Source: https://magazine.job-like.com

Jurusan IPA

1) Kedokteran

Sudah kedua kalinya ilmu kedokteran menempati posisi nomor satu untuk ilmu terfavorit yang diminati oleh para mahasiswa di Indonesia. Setiap tahunnya, ratusan ribu siswa Indonesia memperjuangkan untuk mendapatkan “kursi” untuk prodi ini.

Kalau mau ambil jurusan ini di luar negeri, bisa gak sih?

Nah, kalau kamu salah satunya yang berminat untuk ambil jurusan ini, kamu tak harus mengambilnya di Indonesia saja. Tapi, akan lebih baik kalau kamu tetap mengambilnya di kawasan Asia. Negara yang bisa kamu tujui meliputi India, Malaysia, dan Singapura.

2) Teknik Sipil

Menempati peringkat kedua terfavorit, peminat untuk jurusan ini juga terus bertambah setiap tahunnya. Setelah lulus dari jurusan teknik sipil, kamu akan dipertemukan dalam perancangan dan supervisi pembangunan infrastruktur seperti jalanan, bangunan, bandara, bendungan, terowongan. Terlebih, kunci untuk keberhasilan kamu di jurusan ini adalah dasar matematika dan fisika yang kuat.

Kalau mau ambil jurusan ini di luar negeri, bisa gak sih?

Tidak akan jadi masalah kok kalau kamu mau mengambil jurusan ini di luar negeri. Pilihan negara untuk mempelajari jurusan ini termasuk New Zealand, Australia, dan Singapura.

3) Teknik Informatika

Kalau kamu punya misi untuk menjadi praktisi IT, seperti engineer dalam bidang software, network, database, dan bahkan games, inilah jurusan yang mungkin akan menarik perhatian kamu. Di bidang ini, kamu akan terkait erat dengan penggunaan matematika, seperti aljabar, kalkulus, statistik, algoritma, dan pastinya coding.

Kalau mau ambil jurusan ini di luar negeri, bisa gak sih?

Beberapa universitas di luar negeri bahkan jauh lebih dikenal namanya di mata internasional dalam jurusan ini. Negara yang bisa kamu telusuri untuk studi ilmu komputer adalah Singapura, Malaysia, dan Irlandia.

Jurusan IPS

1) Manajemen

Terkenal sebagai jurusan yang paling aman sepanjang masa, manajemen selalu menjadi pilihan favorit siswa di Indonesia. Dalam jurusan ini, kamu akan dipenuhi dengan pelajaran teori mengenai manajemen sebuah perusahaan secara garis besar.

Kalau mau ambil jurusan ini di luar negeri, bisa gak sih?

Walau terdengar simpel dan menjanjikan, jurusan manajemen terus berubah seiring bergantinya waktu. Kurikulum dari luar negeri mempersiapkan kamu dengan adanya pembelajaran dalam hal praktikal. Negara-negara barat lah yang terkenal dengan jurusan manajemennya, seperti Australia, Kanada, dan AS.

2) Accounting & Finance (Akuntansi & Keuangan)

Jurusan akuntansi dan keuangan akan selalu terkenal sebagai jurusan yang menjanjikan karena adanya demand yang tinggi setiap tahunnya dari berbagai perusahaan. Tak heran bahwa jurusan ini menjadi yang terfavorit di Indonesia. Dalam jurusan ini, kamu akan mempelajari penelusuran transaksi keuangan dalam suatu perusahaan. Bagi siswa IPS, kamu pastinya sudah jauh lebih familiar dengan jurusan ini, ya.

Kalau mau ambil jurusan ini di luar negeri, bisa gak sih?

Sama halnya dengan jurusan manajemen, berkuliah di luar negeri yang memperdayakan unsur praktikal akan memberi nilai tambahan dalam persiapan kamu untuk dunia kerja yang dinamis.

3) Ilmu Komunikasi

Terhubung erat dengan teknologi dan inovasi teknologi yang selalu berkembang, jurusan ilmu komunikasi biasa dikenal sebagai ilmu yang tiada ujungnya dan tidak akan berakhir. Dalam jurusan ini, kamu akan belajar lebih lanjut mengenai jurnalisme, penyiaran, pemasaran, hubungan masyarakat, dan marketing communications.

Kalau mau ambil jurusan ini di luar negeri, bisa gak sih?

Dengan penggunaan kurikulum standar internasional yang mempersiapkan kamu dengan penggunaan bahasa Inggris, tentunya akan jauh lebih menguntungkan untuk berkuliah dengan jurusan ini di luar negeri.


So, buat kamu yang mau kuliah di luar negeri tapi masih galau dalam memilih jurusan dan pilihan universitasnya, jangan lupa hubungi counsellor di EasyUni! 😉

Diposting pada 13 Jul 2018
Kuliah di Luar Negeri