Lebih Dari Sekedar Ahli Botani.

ahli botani

Apa itu Botani?

Botani, atau ilmu botani, adalah studi ilmiah tentang tanaman dan salah satu cabang dari ilmu biologi. Kamu bisa mempelajari hampir segala sesuatu tentang tanaman, dari sel, jaringan dan proses vital mereka seperti respirasi dan fotosintesis untuk penyakit tanaman dan cara untuk menyembuhkan mereka.

Para ilmuwan yang mempunyai spesialisasi dalam lapangan tertentu dikenal sebagai ahli botani. Mereka mempelajari dan meneliti setiap tanaman yang dapat kamu temukan di bumi ini: ganggang, jamur, konifer, pakis dan tanaman berbunga. Biasanya, ahli botani memilih untuk fokus pada satu aspek tertentu dari tanaman dan mereka bekerja baik di lapangan atau di laboratorium. Beberapa dari mereka bahkan bekerja di rumah kaca, bangunan dengan atap dan dinding terbuat dari kaca untuk memastikan selalu ada sinar matahari yang cukup untuk tanaman di dalam.

Tanaman memainkan peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Mereka menyediakan makanan untk manusia dan hal-hal lain yang berguna seperti kayu, kain dan obat-obatan. Tanaman bahkan mempercantik lingkungan kita dan mengambil karbon dioksida yang kita keluarkan untuk fotosintesis dan melepaskan oksigen bagi kita. Dengan banyak keajaiban dikaitkan dengan tanaman dan manfaatnya untuk ekosistem, jadi tidaklah mengherankan bahwa botani dianggap sebagai lapangan yang sangat luas ilmu pengetahuan.

Bidang Spesialisasi dalam Ilmu Botani.

Tanaman Anatomi: penelitian dari fitur dan pembentukan sel-sel dan jaringan.

Sitologi: penelitian rinci tentang anatomi tumbuhan berdasarkan berbagai fungsi, struktur dan sejarah kehidupan sel tumbuhan.

Ekologi: ilmu sains yang mempunyai hubungan antara tanaman dan lingkungan tumbuhan itu sendiri.

Morfologi: studi ilmiah tentang makroskopik tanaman dan siklus kehidupan, serta evolusi dan perkembangan akar, batang dan daun.

Fitokimia: studi ilmiah berfokus pada sisi kimia dari siklus hidup tanaman.

Ilmu teknologi pangan: studi berbagai bagian tanaman dan menentukan bagian yang dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi yang lanyak untuk dikonsumsi.

Ilmu Kehutanan: studi tentang pohon di hutan khususnya pengelolaan hutan dan pemanfaatan hasil hutan.

Hortikultura: produksi tanaman budidaya atau tanaman hias dan juga buah dan sayuran.

Ilmu Pertanian: ilmu pengetahuan dan pengelolaan tanaman untuk produksi makanan dan obat-obatan.

Tanaman Patologi: studi tentang penyakit yang ada di tanaman dan membuat penangkal yang tepat.

Prospek Karir.

Sebagai ahli botani berada dalam hubungan yang konstan dengan tanaman, mereka harus berada di tempat yang dikelilingi dengan tanaman seperti rumah kaca dan hutan. Sedangkan, beberapa ahli botani melakukan penelitian mereka di laboratorium. Hasil penelitian mereka pastinya sangat membantu meningkatkan kehidupan kita sehari-hari. Ada banyak industri yang membutuhkan ahli botani, seperti kehutanan, ilmu dan teknologi pangan, dan hortikultura.

Ahli botani dapat bekerja sebagai ilmuwan makanan. Ilmu pangan merupakan salah satu daerah penting dari studi dalam botani, banyak perusahaan di industri makanan yang membutuhkan banyak ilmuwan makanan untuk membantu mereka dalam penelitian dan mengembangkan makanan.

Orang-orang yang mendapatkan gelar botani juga bisa menjadi perancang lanskap. Perancang lanskap menggunakan pengetahuan mereka, keahlian dan kreativitas untuk merancang taman yang indah dan taman rekreasi. Kota dewan dan pengembang lahan akan menyewa perancang lanskap untuk membantu mereka mengembangkan perencanaan tanah dan properti.

(Sumber foto: ask.com)

Diposting pada 09 Okt 2017
Jurusan

Bagikan ini