Persyaratan Umum untuk Visa di Kanada

Fakta-fakta Singkat

  • Di tahun 2012 Kanada mendapatkan 100.000 mahasiswa yang merupakan sebuah rekor, dan menjadikan negara sebagai salah satu tempat studi terkenal.
  • Proses untuk mendapatkan visa dapat dilakukan dengan mudah melalui computer anda dan anda juga bisa menhubungi pegawai imigrasi Kanada kapan saja.
  • Waktu pemrosesan visa pelajar terganting pada negara anda. Biasanya memakan waktu sekitar 2 sampai 23 minggu.
  • Angka persetujuan pengajuan visa mahasiswa mencapai 84%
International Students per year


Pengambaran angka-angka tersebut menunjukan bahwa Kanada bersedia untuk menerima pengajuan visa mahasiswa. Agar informasi-informasi penting disaat proses pengajuan visa anda dapat anda ketahui, anda bisa memakai website ini sebagai buku panduan anda. Namun, untuk menghindari masalah, anda juga harus memeriksa website kantor imgrasi Kanada.


1) Apakah Kanada merupakan pilihan yang tepat?

a) Universitas yang tepat

Pertama-tama anda harus mengetahui universitas mana yang cocok untuk kuliah anda. Jika anda benar-benar mempertimbangkan untuk berkuliah di Kanada anda dapat melihat informasi mengenai universitas-universitas dan jurusan-jurusan mereka disini. Jika anda ingin tahu apakah universitas-universitas Kanada termasuk universitas-universitas terbaik di dunia, silahkan lihat disini. 


b) Kehidupan mahasiswa Kanada

Tentu saja anda ingin mengetahui apakah kehidupan sebagai mahasiswa Kanada cocok untuk anda atau tidak, sebuah article menarik tentang kehidupan mahasiswa Kanada tertulis disini. Selain itu, kami merekomendasikan anda untuk mencari tahu mahasiswa asing dari negara mana saja yang melanjutkan pendidikan di Kanada. Anda bisa melihat informasi singkatnya disini.


c) Prospek

Apa yang terjadi setelah itu? Bagaimana prospek perekonomian Kanada dan prospek kerjanya dan berapa gaji untuk lulusan yang baru lulus? Silahkan lihat informasi tersebit disini.


d) Biaya Hidup

Informasi lainnya merupakan biaya hidup di Kanada. Pastikan anda mempunyai biaya yang cukup untuk memenuhi kebutuhan anda sehari-hari dan juga biaya kuliah anda. Untuk biaya-biaya di Kanada kami merekomendasikan anda untuk membaca artikel ini.


2) Dokumen-dokumen yang bersangkutan dan penting

a) Bukti Penerimaan
Setelah anda memilih universitas anda, anda memerlukan surat penerimaan. Anda harus melampirkan surat asli dengan surat pengajuan izin berkuliah, yang nanti akan anda kirim ke kantor immigrasi Kanada. 


b) Bukti Identitas

  • Anda membutuhkan paspor yang sah, begitu juga dengan anggota keluarga yang menemani anda. Dokumen ini harus mengizikan anda untuk pulang ke negara asal anda. Pengecualian terhadap penduduk tetap dari AS, St. Pierre, Miquelon, dan Greenland. Namun anda tetap memerlukan kartu identitas paling tidak.
  • Dua foto baru dengan ukuran paspor untuk anda dan keluarga yang menemani anda. Nama dan tanggal lahir masing-masing orang harus ditulis dibalik foto. Ini merupakan hal yang sangat penting dan anda dapat melihatnya di website immigrasi Kanada.


c) Bukti dukungan keuangan

Sistem immigrasi memerlukan anda untuk membuktikan bahwa anda mampu membiayai diri anda sendiri dan anggota keluarga yang menemani anda saat anda tinggal di Kanada. Biaya yang anda butuhkan mencapai sekitar CAD 833 per bulan untuk periode 12-bulan di semua provinsi (kecuali Quebec: Cdn$917). Untuk membuktikan anda mampu, anda harus:

  • Menunjukan bahwa anda mempunyai rekening bank Kanada atas nama anda jika uang anda telah ditransfer ke Kanada.
  • Bukti pinjaman mahasiswa∕pendidikan dari institusi keuangan.
  • Menunjukan salinan laporan bank yang sah untuk empat bulan terakhir.
  • Wesel yang dapat ditukar ke mata uang.
  • Bukti pembayaran kuliah dan tempat tinggal
  • Surat dari orang atau institusi yang membantu biaya anda
  • Bukti pembayaran yang telah dibayar dari Kanada jika anda mempunyai beasiswa atau program pendidikan pembayaran-kanada.


d) Surat penjelas tentang alasan anda untuk melanjutkan pendidikan di Kanada


3) Pengajuan untuk izin berkuliah

  • Periksalah dokumen visa anda online. Anda harus mengisi formulir tersebut di computer anda atau dengan menulis. Kami merekomendasi anda untuk mengisi formulir anda online, agar pegawai immigrasi bisa membacanya lebih mudah.
  • Semua pertanyaan harus dijawab. Jika anda tidak bisa menjawab sebuah pertanyaan, anda dapat menjawabnya dengan N∕A. Namun, anda tetap harus mencoba untuk menjawab dengan fakta.
  • Kantor immigrasi Kanada menyediakan bantuan yang dapat membantu anda dalam pengajuan izin anda di VAC (Visa Application Center) yang dapat anda temukan online.
  • Jika pengajuan anda (file PDF) memiliki “tombol sah ∕ validate button” – anda dapat klik tombol tersebut untuk mengecek apakan anda sudah mengisi semua bagian yang diperlukan.
  • Kami merekomendasikan anda untuk mengajukan visa anda online karena waktu pemrosesannya lebih cepat.
  • Setelah anda mengumpulkan pengajuan visa anda, mungkin kantor immigrasi akan meminta dokumen lainnya. Anda dapat mengumpulkan dokumen-dokumen tersebut lebih awal untuk mempercepat prosesnya. Dokumen-dokumen tersebut kemungkinan mencakup: informasi kesehatan atau sertifikat polisi.


4) Periksa Waktu Pemrosesan

Sayangnya, waktu pemrosesannya sering berubah. Oleh karena itu, kamu merekomendasi anda untuk memeriksa website kantor immigrasi untuk mengetahui waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pengajuan visa anda. 


5) Langkah-langkah selanjutnya

  • Jika anda ingin mengubah alamat anda, pastikan anda memberitahu kantor imigrasi 
  • Jika pengajuan anda telah diterima, pastikan anda membawa surat penerimaan tersebut di hari anda tiba di Kanada dan tunjukanlah ke kantor immigrasi.
  • Jika anda mendapatkan TRV (visa penduduk sementara) pastikan anda datang ke Kanada sebelum tanggal yang ditentukan.
  • Jika pengajuan anda belum diterima, tolong hubingi kantor yang mengurus surat penolakan. 
Diposting pada 09 Okt 2017
Kuliah di Luar Negeri

Bagikan ini