Persyaratan Umum untuk Visa di Malaysia


Sekarang, mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan mereka di Malaysia harus:

  1. Diterima di institut pendidikan tingkat tinggi
  2. Diberikan kartu mahasiswa yang sah
  3. Belajar bahasa Melayu di tahun pertama kuliah mereka di Malaysia
  4. Mempunyai asurasi kesehatan


Petama-tama, anda harus memilih institusi dan diterima terlebih dahulu di institusi tersebut. Jika permohonan anda diterima, maka institusi tersebut akan membantu pendaftaran surat izin untuk mahasiswa sebelum anda tiba. Institusi tersebut juga akan mengatur asuransi kesehatan dan kelas tambahan bahasa melayu anda. 


Lalu surat persetujuan untuk surat izin mahasiswa akan diberikan oleh imigrasi Malaysia kepada institusi pendidikan yang menjadi tempat anda berkuliah. Lalu institusi pendidikan tersebut akan mengirim surat persetujuan kepada anda ketika anda masih berada di negara anda.


Setelah menerima surat persetujuan tersebut, anda diperbolehkan untuk datang ke Malaysia, akan tetapi sebelum anda meninggalkan negara anda, anda harus memberitahu institusi pendidikan anda tentang bandara, nomor pesawat, tanggal dan waktu anda tiba. Saat anda tiba di bandara Malaysia, wakil dari pendidikan institusi akan bertemu dengan anda di tempat imigrasi di bandara Malaysia. 


Visanya akan diberikan kepada anda di pintu masuk dalam bentuk cap pengesahan di paspor nasional anda yang sah. Juga surat khusus akan diberikan di pintu masuk agar anda bisa mendapatkan surat izin mahasiswa anda di departemen immgrasi wilayah terdekat. 


Catatan: mahasiswa dari republik cina harus mendapatkan visa entri sebelum berkunjung ke Malaysia. Dalam waktu 2 minggu dari tanggal kedatangan anda, institusi pendidikan akan menyerahkan paspor anda ke departemen imigrasi untuk menempelkan stiker visa pelajar. Proses ini akan memakan waktu sekitar 6 sampai 8 minggu. Selain itu institusi anda akan menyediakan kartu mahasiswa dan kartu asuransi kesehatan saat anda tiba. 

Diposting pada 09 Okt 2017
Kuliah di Luar Negeri

Bagikan ini