Persyaratan Umum untuk Visa Pelajar di Amerika Serikat


Amerika Serikat menyambut penduduk asing yang datang untuk melanjutkan pendidikan mereka. Sebelum mengajukan visa, semua mahasiswa harus terdaftar dan diterima terlebih dahulu di sekolah atau program yang mereka pilih. Setelah diterima, institusi pendidikan akan menyediakan dokumen-dokumen persetujuan yang dibutuhkan, untuk diserahkan saat mahasiswa mengajukan permohonan visa pelajar. Mahasiswa boleh mengajukan visa dalam kurun waktu 120 hari dimulai dari tanggal 1-20, dan mereka boleh datang ke Amerika serikat dalam kurun waktu 30 hari dimulai dari tanggal 1-20.

Visa for US


Visa F-1 merupakan jenis visa pelajar yang sering diperoleh. Jika anda ingin terlibat dalam studi akademis di sekolah yang telah disetujui di Amerika Serikat, seperti perguruan tinggi Amerika Serikat yang terakreditasi, SMA-SMP swasta, atau program bahasa inggris yang telah disetujui, maka dibutuhkan visa F-1. Anda juga akan membutuhkan visa F-1 jika pendidikan anda memakan waktu sekitar lebih dari 18 jam per minggu.


Langkah Pertama
Anda harus membayar biaya pengajuan visa


Langkah Kedua 
Anda harus melengkapi formulir pengajuan visa secara online untuk penduduk asing


Langkah Ketiga 
Jadwalkan pertemuan anda. Anda akan membutuhkan tiga informasi untuk menjadwalkan pertemuan anda.

  1. Nomor paspor anda
  2. Tanggal pembayaran anda
  3. Nomor barcode anda yang terdiri dari 10 digit dari pengajuan online anda. (Formulirnya akan disediakan secara online dari universitas pilihan anda.)


Langkah Keempat
Kunjungi kedutaan Amerika Serikat di tanggal dan waktu yang ditentukan untuk wawancara visa. Anda harus membawa salinan surat pertemuan yang sudah dicetak, satu foto yang telah diambil dalam enam bulan terakhir, paspor anda sekarang dan semua paspor lama anda, dan kwitansi asli pembayaran visa. Pemohon tanpa dokumen-dokumen ini tidak akan diterima. 


Dokumen-dokumen yang Dibutuhkan Untuk Visa Pelajar

Dibutuhkan dokumen-dokumen seperti keuangan yang memadai, sosial dan keluarga yang akan mendorong anda untuk kembali kenegara asal anda setelah anda menyelesaikan pendidikan anda di Amerika Serikat.


Anda harus melampirkan dokumen keuangan dan dokumen-dokumen lainnya yang akan mendukung pengajuan anda dan memberikan bukti yang meyakinkan bahwa anda mempunyai biaya yang cukup memadai untuk membayar semua biaya pendidikan anda di tahun pertama, dan anda juga harus mempunyai akses keuangan yang cukup untuk menutupi semua biaya kehidupan anda di Amerika Serikat. 


Laporan bank yang telah diduplikat tidak akan diterima. Akan tetapi jika anda bisa menunjukan salinan asli laporan bank atau buku asli bank anda maka dokumen itu akan diterima. 


Jika keuangan anda disponsor oleh orang lain, maka anda harus menyerahkan dokumen seperti akte kelahiran anda, sebagai bukti hubungan anda dengan pihak yang mensponsor, formulir pajak asli pihak sponsor yang paling baru, dan buku bank atau sertifikat deposito tetap milik pihak sponsor. 


Anda juga harus melampirkan dokumen-dokumen sekolah anda untuk memberitahu pelajaran apa saja yang telah anda pelajari. Dokumen-dokumen berguna ini mencakup transkrip sekolah (salinan asli) dengan nilai, sertifikat ujian nasional (SMA, dan lain-lain), tes bahasa inggris (TOEFL, SAT, dan lain-lain), dan diploma. 

Diposting pada 09 Okt 2017
Kuliah di Luar Negeri

Bagikan ini