Pokemon Go: 14 Petunjuk lengkap untuk kamu.

Permainan generasi 90an ini sekarang datang dengan sistem berbasis augmented-reality yang dikembangkan oleh Niantic dan Nintendo. Akibat kepopularitasan Pokemon Go, Soundtrack Pokemon Go yang sudah ada sejak serial Pokemon pertama pun ikut kembali terkenal. Game yang baru dikeluarkan 6 Juli 2016 ini sudah berhasil mengalahkan penggunaan per hari dari WhatsApp, Instagram, dan Snapchat dengan rata-rata per hari 43 menit. Yuk kita bahas 14 hal menarik mengenai Pokemon Go dan untuk kamu yang baru mengenal dunia Pokemon ini bisa dijadikan sebagai panduan kamu bermain.

1. Cara Menangkap Pokemon

menangkap pokemon

Sumber: theguardian.com

Berbeda dengan generasi Pokemon sebelumnya, di Pokemon Go kamu harus memperhatikan indikator lingkaran Pokemon, saat kita menahan lingkaran Poke Ball tersebut semakin mengecil dan saat kamu merasa sudah pas langsung lempar kearah Pokemon. Warna lingkaran di Pokemon ini memiliki 3 tipe yaitu hijau berarti mudah di tangkap, kuning berarti masih bisa lolos dari tangkapan Poke Ball, dan merah artinya kamu harus siap harus siap kehilangan Poke Ball kamu. Untuk menagkap Pokemon yang lebih kuat, kamu harus menggunakan Poke Ball yang lebih kuat atau menggunakan item tertentu.

2. Cara Menangkap Pokemon Level Tinggi

Pokemon CP

Sumber: yes-games.net

Pokemon yang mempunyai level tinggi dapat dilihat dari CP (Combat Points) yang di ada di bagian atas Pokemon. Untuk menangkap Pokemon yang memiliki level tinggi, kamu disarankan menggunakan Pokeball yang lebih hebat dan menggunakan item tertentu seperti buah Berry untuk menjinakkan Pokemon sehingga lebih mudah ditangkap.

3. Combat Points (CP)

combat point pokemon

Sumber: nowloading.co

CP menggambarkan seberapa kuat pokemon kamu atau sering disebut juga sebagai Combat Power. Seiring bertambahnya experience point (XP) kamu sebagai Trainer, CP dari pokemon kamu juga akan meningkat.

4. Cara Menghemat Baterai

offline map

Sumber: rinditech.com

Matikan fitur AR (Augmented Reality) yang berada di layar kamu dan gunakan fitur offline maps melalui Google maps, ini bisa di gunakan karena Pokemon Go menggunakan API (Application Programming Interface) dari Google Maps. Tentukan lokasi tujuan di Google Maps dan unduh peta agar bisa di akses dalam keadaan offline dan smartphone kamu tidak akan seboros seperti sebelumnya.

5. Poke Stop

poke stop

Sumber: pokemonworld.ru

Poke Stop adalah check-point dimana kamu bisa mendapatkan berbagai item seperti Poke Ball, telur Pokemon, Potions, dll. Poke Stop bisa diubah menjadi tempat perburuan Pokemon dengan mengaktifkan item Lure Module. Jika kamu melihat bunga sakura bertebaran di sekitar Poke Stop maka itu tandanya ada pemain lain yang sedang menggunakan Lure Module dan kamu bisa ikut berburu disana.

6. Pokemon Gym

pokemon gym

Sumber: metro.co.uk

Pokemon Gym merupakan pos bagi trainer untuk pertandingan Pokemon dan Gym tersebut bisa di tingkatkan dengan melakukan pertarungan antar satu tim untuk mendapat experience atau kamu bisa mencoba bertarung dengan trainer lain untuk mengambil alih Gym lawan dan juga mendapatkan Poke Coins. Untuk mempertahankan Gym tersebut, kamu cukup meninggalkan Pokemon terkuat kamu disana sampai ada yang berhasil mengalahkannya.

7. Poke Coins

poke coin

Sumber: usgamer.net

Poke Coins bisa didapat secara gratis dengan cara memenangkan pertandingan di Gym. In-game purchase juga bisa dilakukan untuk memebli Poke Coins dengan mata uang asli menggunakan kartu kredit.

8. Cara Mendapatkan Pikachu

pikachu

Sumber: kolomgadget.com

Pada awal permainan, kamu akan disuruh memilih salah satu dari tiga Pokemon (Charizard, Bulbasaur, and Squirtle). Kamu disarankan untuk berjalan meninggalkan tiga pokemon tersebut dengan berjalan 100-200 meter, kamu bisa melakukan itu sampai 4 kali hingga Pikachu muncul dan kamu bisa menangkapnya.

9. Cara Menetaskan Telur Pokemon

pokemon egg

Sumber: okterus.com

Telur Pokemon bisa kamu dapatkan secara gratis dari Poke Stop tapi untuk menetaskannya kamu perlu berjalan atau berpindah dari tempat itu dengan menggunakan apapun termasuk sepeda, motor, maupun mobil. Perlu diingat jangan berjalan terlalu cepat karena langkah bisa saja tidak terhitung apabila jalan kamu terlalu cepat. Jarak yang harus di tempuh untuk menetaskan telur adalah maksimal 10 km baru telur bisa menetas dan mengeluarkan Pokemon baru.

10. Evolusi Pokemon

evolution pokemon

Sumber: gadgetren.com

Agar Pokemon kamu dapat berevolusi dan menjadi semakin kuat, kamu harus terus menaiki level dari Pokemon kamu dengan cara memberikan Candy ke Pokemon kamu. Candy bisa didapat dengan mentransfer Pokemon ke Professor. Jika kamu memiliki Pokemon yang sama atau kamu rasa tidak bagus, kamu bisa mentransfernya ke Professor dan mendapatkan Candy. Cara transfer Pokemon adalah Pilih Pokemon, Scroll kebawah, lalu Transfer.

11. Cara Mudah Mendapatkan Pokemon

Pokemon

Sumber: thoughtforyourpenny.com

Kamu bisa menggunakan Incense untuk menarik pokemon-pokemon ke tempat kamu berada dengan durasi 60 menit untuk satu kali pasang dan kurang lebih 6 pokemon yang bisa kamu dapatkan. Lure Module juga memiliki system yang sama tapi ini hanya bisa digunakan di Poke Stop dan berdurasi 30 menit.

12. Nearby Pokemon

nearby pokemon

Sumber: selasar.com

Agar perburuan pokemon kamu lebih efisien, tekan tombol yang berada di kanan bawah layar dan nanti akan muncul list pokemon yang berada disekitar kamu dengan tanda jejak kaki. Semakin banyak jejak kaki yang ada, berarti semakin jauh letak pokemon itu dari keberadaan kamu.

13. Cek Moves/Skills dari Pokemon

pokemon skills and moves

Sumber: nowloading.co

Semakin tinggi CP pokemon kamu tidak berarti pokemon kamu lebih hebat dari pokemon yang memiliki CP lebih rendah dari kamu. Contohnya, apabila kamu menumukan Pikachu dengan 90 CP dan Pikachu yang lainnya dengan 80 CP bukan berarti Pikachu (90 CP) pasti menang melawan Pikachu (80 CP). Lihat lagi Moves yang ada di Pokemon tersebut, apabila Pikachu (80 CP) memiliki Thunder Bolt move dan Pikachu (90 CP) hanya memiliki Scratch move, tidak memungkinkan Pikachu (80 CP) akan memenangkan pertarungan itu.

14. Lucky Egg

lucky egg pokemon

Sumber: thebookishgamer.com

Lucky Egg atau Telur Keberuntungan ini memberikan kamu double experience dalam waktu 30 menit dari waktu penggunaan telur itu. Telur ini hanya bisa di beli dengan Poke Coins. Gunakanlah Lucky Egg ini saat kamu ingin menetaskan telur dan usahakan kamu memiliki banyak telur yang ingin ditetaskan. Mengapa? Karena Lucky Egg ini berfungsi sebagai double experience. Jika kamu berhasil menetaskan telurnya, Exp kamu akan bertambah dua kali lipat dan Exp yang paling besar adalah setelah telur menetas, ia akan langsung berevolusi.

Stay Aware!!

pokemon alert

Dengan fitur terbaru dan teknologi yang canggih membuat Pokemon Go menjadi fenomena yang menarik perhatian publik saat ini. Teknologi augmented-reality mengharuskan para pemain Pokemon Go harus bergerak dan keluar dari kediaman kamu untuk mencari Pokemon, Poke Stop, dan Gym. Dengan bermain Pokemon Go, kamu dapat bertemu dengan pemain lainnya dan kamu bisa memperluas hubungan pertemanan kamu. Ambil sisi positif dari Pokemon Go ini dan tetap peduli dengan sekitar kamu, jangan sampai membahayakan diri kamu sendiri!

 

Diposting pada 09 Okt 2017
Tips & saran

Bagikan ini