Practice makes perfect: Rey Hart

1. Bagaimana perjalanan menjadi seorang penyanyi yang terkenal seperti sekarang?

Saya mulai tertarik di dunia tarik suara sejak berumur 4 tahun. Ketertarikan saya bermula, ketika saya sedang berada di gereja, dengan sendirinya saya naik keatas panggung dan mengambil mic dan mulai bernyanyi. Dari situlah orang tua saya melihat adanya potensi dalam diri saya dan mulai mengembangkannya sejak saya berumur 6 tahun.

Ketika saya berumur 12 tahun, saya memiliki sebuah album rohani yang berjudul "Semua Karena Anugerah-Mu". Sejak album tersebut, saya mulai menekuni dan berkecimpung dalam dunia recording untuk berbagai album kompilasi rohani. Saya pun kerap tampil dalam berbagai acara, baik di sekolah, gereja, dan berbagai macam kompetisi bernyanyi. Ketika saya kuliah, saya menjadi seorang penyanyi cafe di berbagai tempat.

Rey Hart seringkali tampil di beberapa acara

Sampai pada akhirnya, mengikuti sebuah ajang kompetisi bernyanyi yang bergengsi di Indonesia, yaitu Akademi Fantasi Indosiar (New AFI 2013-2014). Dengan adanya berkat Tuhan dan dukungan dari keluarga, teman dan fans, saya berhasil maju hingga ke peringkat tujuh besar. Semua pencapaian ini adalah sebuah anugerah yang diberikan Tuhan dan saya berusaha semampu mungkin untuk dapat meraih mimpi yang selalu dicita-citakan.

Rey Hart dalam ajang Akademi Fantasi Indosiar (New AFI 2013-2014)

2. Apa hambatan Kak Rey Hart untuk menjadi seorang penyanyi?

Tentunya banyak hambatan yang saya lalui. Salah satunya, ketika saya merasa kurang mampu dan menyerah karena masalah yang datang. Pada saat itu, saya akan merasa kurang percaya diri dengan kemampuan dan performa yang sudah Tuhan berikan. Tapi akhirnya saya sadar bahwa tidak selamanya jalan yang kita lewati itu lurus dan mulus, pasti ada jalan yang berliku-liku dan hal ini membuat saya berfikir kembali untuk tidak menyerah dengan impian saya. 

Dengan dukungan yang selalu diberikan oleh orang-orang yang ada di sekitar saya, saya terus melangkah ke depan dan melewati semua rintangan yang menghadang karena saya yakin itu semua merupakan sebuah proses yang membuat saya seperti sekarang ini dan membuat saya selalu ingat akan perjuangan yang telah dilakukan.

rey hart

Rey Hart waktu melakukan rekaman

3. Apa pencapaian yang paling dibanggakan Kak Rey Hart?

Pencapaian yang paling dibanggakan adalah ketika saya menjadi salah satu finalis dari ajang pencarian bakat bergengsi yang ada di Indonesia. Saya pun mempunyai beberapa single, seperti "Tell Me Why" dan "Hanya Merpati". Selain prestasi dalam dunia entertainment, saya pun merasa bangga dengan prestasi saya dalam dunia akademik, seperti menjadi Juara 1 dalam LSPR Got Talent dalam kategori MC dan mendapat beasiswa Master Degree di London School of Public Relations, Jakarta. Saya senang dan bangga dengan pencapaian saya karena selain aktif di dunia entertainment, saya juga dapat membagi waktu dengan pendidikan yang sedang saya jalani.

Menjadi Juara 1 dalam LSPR Got Talent dalam kategori MC

4. Apa yang harus dilakukan sebagai seorang Penyanyi? 

They say, 'practice makes perfect,' I totally agree with that. Latihan adalah hal paling penting untuk menjadi seorang penyanyi. Saya selalu mengasah kemampuan bernyanyi saya setiap hari untuk menjaga stabilitas suara saya. Mencari banyak referensi lagu untuk didengar dapat menambah wawasan kamu tentang lagu dan cara bernyanyi yang baik juga menjadi hal wajib sebagai seorang Penyanyi. Penting untuk melatih tingkat kepercayaan diri dengan cara selalu meluangkan waktu untuk latihan sebelum tampil agar bisa tampil secara maksimal. Dan yang terpenting bagi seorang penyanyi untuk menghindari makanan yang berminyak dan juga minuman dingin. Walaupun memang hal tersebut tidaklah mudah, namun baik untuk dicoba.

Rey Hart tampil di Central Park, Jakarta

5. Bagaimana pendapat mengenai industri yang Kak Rey Hart jalani ini? dan apakah bisa terus berkembang di Indonesia? apa keinginan Kak Rey Hart terhadap industri ini di Indonesia?

Menurut saya, industri musik di Indonesia saat ini sudah sangat berkembang. Dengan kreativitas musisi Indonesia yang telah membuat musik di Indonesia semakin bervariasi. Saya berharap industri musik di Indonesia bisa terus meningkat dan bisa bersaing di ajang internasional.

7. Mungkin bisa ceritakan sedikit tentang latar belakang pendidikan Kak Rey Hart sebelum menjadi Penyanyi? apa yang membuat kuliah di indonesia itu tidak kalah dengan kuliah di luar negeri?

Kuliah di Indonesia itu tidak kalah bagus kok dengan kuliah di luar negeri. Dari segi sistem pembelajaran menurut saya pribadi sudah bagus. Terbukti banyak alumni-alumni universitas di Indonesia yang sekarang telah menjadi orang sukses. Namun semua itu kembali kepada usaha masing-masing individu. Kuliah di luar maupun dalam negeri, apabila ditekuni dengan baik pasti akan berhasil, begitu juga sebaliknya.

8. Apa yang membuat Kak Rey Hart memilih universitas ini?

Saya memilih London School of Public Relations Jakarta karena sesuai dengan passion saya. Di LSPR Jakarta saya mengambil jurusan Public Relations untuk Bachelor Degree dan MarketingCommunication untuk Master Degree. Prestasi-prestasi alumni LSPR membuat saya yakin untuk bersekolah di sini.

9. Ceritakan momen yang Kak Rey Hart tidak terlupakan sewaktu kuliah?

Moment yang paling tidak saya lupakan sewaktu kuliah adalah ketika saya menjadi pemeran utama dalam teater kampus untuk project kelas dan project ini dijadikan perlombaan antara satu angkatan yang kemudian saya masuk dalam nominasi best actor. Kemudian moment lainnya adalah ketika saya mendapatkan Juara 1 dalam LSPR Got Talent dengan kategori MC. Lalu ketika saya mendapat juara 2 dalam Essay Writing Competition dan mendapatkan beasiswa untuk kuliah Master Degree di LSPR Jakarta.

Rey Hart mendapat beasiswa Master Degree di London School of Public Relations, Jakarta

10. Apakah Kak Rey Hart setuju dengan cara mahasiswa yang menentukan jurusannya berdasarkan pekerjaan apa yang digaji tinggi? Kenapa?

Tidak. Gaji tinggi tidak ditentukan oleh jurusan melainkan oleh kinerja dan skill individu dalam lingkungan kerja. Apapun jurusan yang diambil, kemampuan untuk bersaing dan keinginan untuk selalu meningkatkan kualitas kerja yang akan dinilai dalam dunia kerja.

11. Apa tips untuk para calon mahasiswa yang ingin mengambil jurusan yang sama / yang ingin menjadi seorang seperti Kak Rey Hart?

Public Relations adalah profesi yang banyak berhubungan dengan masyarakat. Oleh karena itu, jika ingin mengambil jurusan Public Relations seperti saya, kamu harus memiliki kepribadian yang easy going agar dapat lebih mudah bergaul dengan masyarakat. Namun, dengan apapun jurusan dan mimpi yang kamu ambil atau pilih, kamu harus mencapainya dengan gigih dan jangan mudah putus asa.

12. Apa pesan akhir Kak Rey Hart ingin sampaikan untuk para calon mahasiswa?

Dunia perkuliahan itu tidak sesusah dan juga tidak semudah yang kamu pikirkan. Menjadi mahasiswa, kamu dituntut untuk menjadi lebih bertanggung jawab pada diri sendiri. Dengan komitmen dan tanggung jawab yang besar tersebut akan sangat membantu untuk mendapatkan hasil akhir yang maksimal. Jangan pernah berpikir ada jurusan yang lebih mudah atau yang lebih susah karena semua bergantung pada tekad masing-masing.

Yuk, lebih dekat dengan Rey Hart di:
Instagram: reyhart_
Twitter: @ReyHart_

Sumber foto dari Rey Hart

Diposting pada 09 Okt 2017
Karir, Kehidupan Mahasiswa, Tips & saran

Bagikan ini