Wisata Lumba Lumba Liar di Lampung.

Wisata Lumba Lumba Liar di Lampung.

teluk kiluan

Sumber: www.berjibaku.com

Teluk Kiluan terletak di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung Selatan, Sumatera. Desa Kiluan berjarak sekitar 80 km dari pusat kota, Bandar Lampung. Meskipun jarak yang tidak terlalu jauh, kamu membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam untuk sampai disana dikarenakan kondisi jalan yang belum terlalu bagus dan lokasi yang harus melewati pedesaan.

sunset teluk kiluan

Sumber: general.web.id

Di Teluk Kiluan ini sendiri terkenal dengan kumpulan lumba-lumba liar yang terbesar di Asia.  Setidaknya ada 2 jenis lumba-lumba di daerah ini, yaitu lumba-lumba hidung botol (Tursiops Truncatus) dan satu lagi adalah lumba-lumba paruh panjang (Stenella Longirostris). Selain atraksi lumba-lumba yang dapat kamu nikmati, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam dengan pasirnya yang putih dan lembut. Untuk kamu yang suka snorkeling, pulau yang terdapat di Teluk Kiluan ini sangat indah untuk di jelajahi lebih dalam lagi. Biasanya, atraksi lumba-lumba ini dapat kamu nikmati di pagi hari sekitar pukul 06.00 - 10.00 WIB. Untuk menikmati atraksi luma-lumba liar, kamu harus menyewa perahu kecil yang hanya dapat menampung 3-4 orang dengan harga sekitar Rp 250.000 - Rp 300.000. Pada saat sore menjelang malam, kamu dapat memanjakan diri kamu di pinggir pantai dengan suasana yang tenang sambil menikmati keindahan sunset di Pantai Teluk Kiluan ini.

Fasilitas.

Keterbatasan lokasi yang jauh dari pusat kota membuat desa ini masih kurang aliran listrik sehingga penduduk setempat mash menggunakan genset untuk penerangan. Sinyal dari handphone kamu mungkin juga akan sulit digunakan. Tapi jangan khawatir untuk masalah penginapan, disana terdapat penginapan sederhana yang kamarnya berkisar antara Rp 150.000 - Rp 300.000.

Akses.

Jakarta-Pelabuhan Merak-Pelabuhan Bakaheuni-Teluk Betung-Pasawaran-Kiluan. Kondisi jalan untuk menuju ke tempat ini memang cukup sulit dan menantang. Sebagian kondisi jalannya ada yang belum beraspal dan berlumpur. Jadi disarankan jangan menggunakan mobil sedan untuk menuju ke tempat ini.

Laguna Gayau.

laguna gayau

Sumber: www.telusurindonesia.com)

Selain dari keindahan pantai dan atraksi lumba-lumba, kamu dapat mencoba kolam renang alami yang terletak di balik Bukit Teluk Kiluan. Biasanya wisatawan menjadikan Laguna Gayau menjadi tujuan wisata kedua setelah pulau Kiluan. Laguna Gayau berbentuk kontur alam bebatuan dan air laut yang sangat biru serta luas kolam yang “raksasa”. Ombak disini pun terkenal dengan “keganasannya” sehingga kamu harus berhati-hati saat berfoto-foto disana.

Untuk kamu yang suka pertualangan dan keindahan alam, kamu harus mencoba setidaknya sekali pergi ke Teluk Kiluan untuk merasakan perbedaan dalam aktivitas liburan kamu.

Diposting pada 09 Okt 2017
Kehidupan Mahasiswa, Tips & saran

Bagikan ini