Kuliah Jurusan Hukum di Luar Negeri

Segala sesuatu yang perlu kamu ketahui sebelum memilih jurusan hukum di luar negeri.
Share on Facebook Twitter WhatsApp
Pernahkah Anda menonton acara TV Suits atau Law and Order? Atau Anda penyuka film Legally Blonde? Profesi dalam bidang hukum adalah pilihan yang menarik seperti yang digambarkan oleh perfilman fiksi tersebut (sekalipun didramatisir). Sekarang Anda berpikir bahwa Anda ingin menjadi pengacara... Cari tahu apakah dunia ini memiliki glamor dan daya tarik yang sesuai dengan Anda!

Mengenai Jurusan Hukum

keuntungan mengambil jurusan hukum di luar negeri

Hukum merupakan salah satu jurusan terfavorit pelajar di seluruh dunia. Program studi ini mempelajari tentang hukum dari segi teori hingga praktek dan juga kasus-kasus hukum yang terjadi di dunia.

Kebutuhan akan profesional di bidang hukum sangat dibutuhkan, tak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Hal ini merupakan salah satu alasan mengapa jurusan ini menjadi favorit pelajar, salah satunya adalah peluang kerja yang terbuka lebar, baik di instansi swasta maupun pemerintahan. Tak hanya di dalam negeri, namun lulusan hukum juga bisa berkarir di luar negeri. Terdapat beragam alasan yang mendasari keputusan untuk kuliah di luar negeri pada bidang hukum. 

Apa saja program studi yang terdapat dalam jurusan hukum?

Cakupan bidang ilmu hukum memiliki ruang lingkup yang sangat luas. Ada berbagai spesialisasi spesifik yang ada di jurusan hukum yang bisa dipilih sesuai minat dan arah karir yang diinginkan.

spesialisasi jurusan hukum di luar negeri

Bidang spesialisasi untuk jurusan hukum sangat beragam, dan bisa berbeda dari satu universitas dan universitas lainnya. Namun, secara umum berikut 10 spesialisasi hukum yang bisa Anda pilih saat kuliah di jurusan hukum.
• Hukum Perdata
• Hukum Lingkungan dan Tata Ruang
• Hukum Ekonomi
• Hukum Internasional
• Hukum Administrasi Negara
• Hukum Tata Negara
• Hukum Pidana
• Hukum dan Perkembangan Masyarakat
• Hukum dan Teknologi
• Hukum Acara (Peradilan)

Mengapa Pilih Kuliah Hukum di Luar Negeri?

Bagi Anda yang sedang memilih jurusan untuk melanjutkan studi ke luar negeri, hukum bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan aturan dan hukum yang mengatur masyarakat. Mengapa kuliah hukum di luar negeri? Berikut 5 alasan yang bisa jadi pertimbangan Anda.

1. Fasilitas Lengkap

Universitas di luar negeri biasanya memiliki student center yang berfungsi sebagai tempat mahasiswa mengasah soft skill untuk menghadapi dunia kerja saat ini. Mulai dari pelatihan bahasa asing, kelas ekstrakurikuler, bantuan konseling hingga persiapan memilih karir untuk membantu mahasiswa menemukan karir yang sesuai dengan passionnya. Hal ini tentu sangat membantu mahasiswa dalam mempersiapkan diri sebelum terjun ke dunia kerja yang sebenarnya setelah lulus kuliah nantinya.

2. Prospek Kerja yang Luas

Bidang hukum mencakup banyak bidang. Tak hanya menjadi pengacara, ada banyak pilihan karir yang bisa dipilih oleh lulusan hukum. Hal ini membuat lulusan S1 maupun S2 hukum memiliki prospek pekerjaan maupun karir yang begitu luas dan beragam. Untuk penjelasan lebih rinci mengenai prospek kerja bagi lulusan hukum akan dibahas lebih lanjut di bagian bawah.

3. Kesempatan Magang

Mahasiswa jurusan hukum di luar negeri diharuskan untuk magang di firma-firma hukum sehingga bisa secara langsung mempraktekkan ilmu yang di dapat di bangku perkuliahan dan mengetahui perkembangan di bidang hukum secara langsung. Kemampuan mahasiswa pun jadi lebih terasah dan akan lebih siap bekerja saat sudah lulus nantinya. Selain itu mahasiswa juga bisa membangun networking yang juga akan sangat membantu saat mencari pekerjaan setelah lulus kuliah nantinya.

4. Karir Global

Sebagai lulusan dari universitas luar negeri, Anda memiliki kesempatan untuk berkarir di negara tempat Anda kuliah atau bahkan negara lainnya. Bekerja di luar negeri bukan lagi mimpi semata karena dengan ijazah yang diakui secara internasional dan kemampuan tentu bisa melamar pekerjaan yang diminati di luar negeri. Ditambah lagi kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni tentu menjadi poin lebih untuk membantu mendapatkan pekerjaan di luar negeri.

5. Banyak Profesi Bergengsi

Sudah sejak lama lulusan hukum paling banyak memilih menjadi pengacara yang dianggap sebagai salah satu pilihan karir cemerlang dan tentu saja bergengsi. Tak hanya pengacara, ada banyak profesi bergengsi yang bisa dijadikan pilihan pekerjaan bagi lulusan ini.

Karakter seperti apa yang cocok untuk kuliah jurusan hukum?

karakter yang diperlukan untuk jurusan hukum

Memilih jurusan untuk kuliah tidak boleh hanya berdasarkan jurusan mana yang populer dan memiliki prospek bagus di masa depan, apalagi jika cuma ikut-ikutan. Karakter seseorang juga perlu diperhitungkan karena tidak semua orang cocok kuliah di hukum.

Secara umum, karakter pelajar yang cocok mengambil kuliah jurusan hukum adalah sebagai berikut.

1. Kritis
Jika Anda tipe orang yang selalu mencerna dan menganalisis informasi dengan seksama dan kemudian menghasilkan keputusan/kesimpulan yang didasarkan pada fakta, data dan pertimbangan rasional, maka kuliah jurusan hukum cocok untuk Anda.

2. Senang Menganalisis / Riset
Memiliki ketertarikan yang lebih dalam menganalisis sesuatu hal? Suka mengadakan riset atau penelitian kecil-kecilan untuk menemukan jawaban dari suatu permasalahan? Sifat ingin tahu dan melakukan analisis seperti ini cocok untuk kuliah di bidang hukum.

3. Mandiri dan Aktif
Setiap harinya ada banyak hal baru yang berhubungan dengan hukum yang menuntut mahasiswa yang kuliah di jurusan ini sebagai pribadi yang mandiri dan aktif yang mengikuti perkembangan bidang hukum saat ini, adaptif terhadap berbagai perubahan di bidang hukum dan aktif dalam diskusi maupun perkuliahan.

4. Team Player
Jika Anda merupakan individu yang bisa bekerja sama dengan orang lain, mampu berkontribusi ketika bekerja dengan orang lain, karakter ini akan sangat membantu dalam mempelajari dan berkarir di bidang hukum nantinya.

5. Mampu Berkomunikasi dengan Baik
Jika Anda tipe orang yang suka berinteraksi dengan orang lain, pintar dan berani bicara atau tampil di depan umum, maka jurusan hukum cocok untuk Anda.

Persyaratan Kuliah Jurusan Hukum di Luar Negeri

Bagi kamu yang berminat melanjutkan kuliah S1 atau S2 di luar negeri dan mengambil jurusan hukum, ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai persyaratan mengambil jurusan ini.
1. Program Sarjana
Jika Anda ingin kuliah S1 jurusan hukum universitas di luar negeri, Anda diharuskan memiliki nilai ijazah minimal yang ditetapkan setiap universitas. Harap diperhatikan, persyaratan mengenai nilai ini bisa berbeda-beda di setiap universitas.

Beberapa universitas luar negeri juga mengharuskan calon mahasiswanya mengikuti program foundation atau akademi selama paling lama satu tahun sebagai syarat mendaftar di universitas tersebut. Hubungi EasyUni untuk berkonsultasi dan menemukan universitas di luar negeri terbaik untuk Anda.

2. Program Pascasarjana
Bagi yang ingin melanjutkan S2 hukum di luar negeri, ada banyak negara yang memiliki persyaratan maupun ujian masuk tersendiri. Misalnya saja Amerika, Jepang, Kanada, Australia dan Hong Kong menawarkan program Juris Doctor (JD) bagi lulusan  S1 jurusan apa pun. Ada juga opsi kuliah satu tahun untuk mendapatkan gelar Master of Laws (LLM) di berbagai spesialisasi hukum setelah berhasil menyelesaikan JD.

Jika ingin kuliah master jurusan hukum di Amerika, calon mahasiswa diharuskan mengikuti dan lulus ujian Law School Admission Test (LSAT) terlebih dahulu.

3. Kemampuan bahasa
Salah satu persyaratan penting yang harus dimiliki calon mahasiswa yang akan kuliah di universitas luar negeri adalah kemampuan bahasa. Tergantung negara mana yang dituju, sertifikasi kemampuan bahasa pengantar (bahasa di negara tersebut) adalah hal wajib yang harus dikuasai.

Jika ingin lanjut kuliah ke negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar kuliah, sertifikat TOEFL dan IELTS sangat diperlukan, minimal nilainya 6 – 6.5 (tergantung universitas dan jurusan). Jika ingin lanjut kuliah ke Cina, sertifikat HSK wajib dimiliki. Begitu juga jika ingin kuliah ke Korea Selatan harus memiliki sertifikat TOPIK (Test of Proficiency in Korean).

Bagaimana prospek kerja jurusan hukum?

Seperti sudah disebutkan di bagian awal, lulusan hukum memiliki prospek kerja yang cerah dan mencakup bidang yang luas. Hal ini menjadi salah satu daya tarik yang membuat jurusan ini selalu ramai peminatnya.

Pekerjaan di bidang hukum sangat bervariasi, mulai dari sisi tanggung jawab, level senioritas, ekspektasi gaji yang didasarkan pada latar belakang pendidikan / spesialisasi yang diambil.  Beberapa contoh prospek kerja bagi lulusan hukum adalah sebagai berikut:

• Pengacara
• Notaris
• Hakim
• Jaksa
• Konsultan Hukum
• Staf Legal
• Diplomat
• Dosen

Bagaimana ekspektasi gaji lulusan hukum di luar negeri?

Di bawah ini Anda dapat mengetahui gaji rata-rata lulusan hukum luar negeri.

 

Posisi Awal

Posisi Menengah

Posisi Senior

Attorney
Per tahun

US$ 79,000

US$ 112,000

US$ 160,000

Associate Attorney
Per tahun

US$ 73,000

US$ 98,000

US$ 122,000

Law Firm Partner
Per tahun

US$ 125,000

US$ 169,000

US$ 250,000

Office Manager, Law Firm

Per tahun

US$ 42,000

US$ 51,000

US$ 66,000


Sumber: Payscale, 2017

Apa saja universitas terbaik untuk jurusan hukum di luar negeri?

Memiliki rencana kuliah hukum di luar negeri untuk jenjang S1 maupun S2? Ada baiknya pilihlah universitas terbaik dunia untuk kesempatan belajar dan berkarir yang lebih baik. Dilansir dari QS World University Rankings 2018 berikut ini adalah top 10 universitas terbaik di dunia untuk jurusan hukum.

1. Harvard University
2. University of Cambridge
3. University of Oxford
4. Yale University
5. Stanford University
6. New York University
7. University of California, Berkeley
8. The University of Melbourne
9. London School of Economics and Political Science (LSE)
10. Columbia University

Sementara itu, dari website yang sama, berikut top 10 universitas terbaik di Asia untuk jurusan hukum di tahun 2018.
1. National University of Singapore (NUS)
2. The University of Hong Kong
3. Peking University
4. The University of Tokyo
5. Tsinghua University
6. Seoul National University
7. The Chinese University of Hong Kong (CUHK)
8. National Taiwan University (NTU)
9. City University of Hong Kong
10. Fudan University

Apa saja negara populer untuk jurusan hukum di luar negeri?

Untuk pelajar Indonesia yang memiliki rencana melanjutkan kuliah hukum di luar negeri, baik untuk jenjang S1 maupun S2, ada negara-negara populer yang jadi tujuan pelajar Indonesia lho. Berikut adalah informasi tentang negara tersebut beserta universitas favoritnya.
 

1. Amerika Serikat
Untuk jurusan bisnis dan manajemen, Amerika Serikat memiliki banyak sekali pilihan universitas top kelas dunia yang menawarkan kurikulum terbaik di bidang hukum. Sebut saja:

  • Harvard University
  • Yale University
  • Stanford University
  • New York University
     

2. Inggris
Inggris juga jadi negara favorit pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di bidang hukum. Ada banyak universitas top dengan jurusan hukum yang berasal dari Inggris, seperti

  • University of Oxford
  • University of Cambridge
  • King's College London
  • University of Edinburgh
  • London School of Economics and Political Science.


3. Singapura
Tak jauh dari Indonesia, Singapura juga jadi negara terfavorit untuk melanjutkan kuliah di jurusan hukum. Universitas top untuk jurusan hukum diantaranya adalah:

  • National University of Singapore
  • Nanyang Technological University
  • Singapore Management University
     

4. Malaysia
Malaysia menjadi negara terfavorit selanjutnya bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi hukum baik untuk S1 maupun S2. Universitas dengan jurusan hukum terbaik yang ada di Malaysia meliputi:

  • Universiti Kebangsaan Malaysia
  • University Malaya
  • Taylor's University
     

5. Korea Selatan
Negara yang satu ini juga menjadi negara favorit pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan dengan mengambil jurusan hukum. Universitas terbaik di Korea Selatan yang menawarkan perkuliahan hukum: 

  • Seoul National University
  • Korea University
  • Sungkyunkwan University
  • Yonsei University
  • Hanyang University
  • Kyung Hee University

Sudah siap untuk kuliah hukum di luar negeri? Mulai rencanakan dari sekarang dan jangan ragu untuk menghubungi EasyUni jika Anda memiliki pertanyaan atau butuh referensi lebih banyak mengenai jurusan ini.

You might be interested in...