Cover Image

Kuliah Jurusan Akuntansi dan Keuangan di Luar Negeri

Kamu suka matematika dan bermain dengan angka? Pertimbangkan jurusan akuntansi atau keuangan untuk karir di bidang keuangan.

Find your university

pekerjaan sebagai konsultan bagi lulusan akuntansi dan keuangan

Perkenalan
Apa itu jurusan Akuntansi dan Keuangan
Alasan kuliah jurusan Akuntansi dan Keuangan
Keterampilan yang diperlukan
Negara top untuk kuliah jurusan Akuntansi dan Keuangan
Persyaratan kuliah Akuntansi dan Keuangan
Universitas Akuntansi dan Keuangan terbaik di dunia
Biaya kuliah Akuntansi dan Keuangan
Yang dipelajari dalam Akuntansi dan Keuangan
Durasi kuliah Akuntansi dan Keuangan
Prospek kerja dan gaji lulusan Akuntansi dan Keuangan
FAQ atau Pertanyaan Umum

 

Kuliah jurusan akuntansi dan keuangan di Amerika serikat, merupakan peluang yang baik untuk bisa bekerja di perusahaan asing paling bergengsi. Kuliah di jurusan ini membantu Anda melatih keterampilan mengatur keuangan dan mempersiapkan karir bisnis di masa depan. 

 

Apa Itu Kuliah Akuntansi dan Keuangan?

perbedaan antara kuliah akuntansi dan keuangan

Akuntansi dan keuangan memiliki perbedaan dalam pengertianya. Perbedaan Antara keduanya adalah akuntansi lebih berfokus pada aliran uang masuk dan keluar dari suatu lembaga atau perusahaan sehari-hari. 

Sedangkan keuangan merupakan istilah luas dari pengelolaan aset dan kewajiban serta perencanaan pertumbuhan di masa depan.

Jika Anda menyukai untuk mengontrol dan membuat strategi untuk perusahaan, maka mempelajari keuangan sangat diperlukan. Jika Anda ingin melihat secara detail transaksi keuangan dalam perusahaan, maka penting untuk belajar akuntansi.

Akuntansi akan membawa Anda untuk melihat berbagai transaksi keuangan di masa lalu atau yang sudah dilakukan. Sementara keuangan malah akan membuat Anda berencana untuk mengambil alih aset di masa depan.

Bagi Anda yang ingin kuliah di jurusan akuntansi dan keuangan di luar negeri, Sebaiknya dapat mengambil kuliah secara teori dan praktik, juga mempelajari etika akuntansi, hukum, hukum pajak dan teori akuntansi.

Mengingat keunggulan dan manfaat dari kuliah akuntansi dan keuangan ini penting untuk masa depan, maka pekerjaan di sektor ini juga beragam dengan tawaran pendapatan yang tinggi.

Dengan kuliah akuntansi dan keuangan di luar negeri, tidak hanya pengalaman akademis yang didapat, namun kesempatan untuk tinggal dan bekerja di luar negeri juga bisa Anda raih.

Ketahui juga tentang jurusan kuliah yang terkait:

 

Apa Alasan Kuliah Akuntansi dan Keuangan di Luar Negeri?

kuliah akuntansi dan keuangan di luar negeri

Alasan utama para calon mahasiswa dan mahasiswi Indonesia memilih kuliah akuntansi dan keuangan di luar negeri adalah agar kehidupan mereka di masa depan lebih sejahtera. 

Lulusan kuliah dari luar negeri juga memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan terbaik di bidangnya.

Selain itu, rupanya ada beberapa alasan lainya yang membuat mereka ingin kuliah akuntansi dan keuangan di luar negeri, yaitu:

1. Prospek Kerja yang Unggul

Sebagian besar orang sepertinya sudah mengetahui bahwa akuntansi dan keuangan merupakan bidang yang sangat diminati, terlebih karena prospek pekerjaanya yang bisa dibilang bergengsi.

Lulusan akuntansi dan keuangan di luar negeri layak untuk dipekerjakan dengan professional, bahkan saat orang tersebut belum memiliki pengalaman kerja.

2. Dunia Membutuhkan Akuntan

Selama uang masih beredar, maka seorang akuntan akan selalu dibutuhkan. Akuntan yang profesional tentunya harus mampu menguasai akuntansi dan keuangan sesuai perkembangan zaman. 

Bisa dibilang, pekerjaan menjadi seorang akuntan merupakan salah satu pekerjaan yang akan selalu ada dan dibutuhkan oleh berbagai perusahaan.

3. Kesempatan Bekerja di Perusahaan Bergengsi

Sebut saja perusahaan yang bergerak di bidang akuntansi ternama, seperti Pwc dan KPMG merupakan peluang bagi para lulusan akuntansi dan keuangan di luar negeri, untuk bisa berkarir di sana. 

Sejarah mencatat bahwa pengalaman kedua perusahaan ini dalam bidang akuntansi sudah hampir puluhan tahun. Tentu saja, bekerja di perusahaan tersebut dapat menaikan level Anda sebagai seorang profesional bidang akuntansi.

Baca juga: 

4. Aplikasi di Kehidupan Nyata

Memiliki gelar sarjana akuntansi dan keuangan, merupakan pilihan tepat bagi Anda. Hal itu disebabkan oleh praktik dan teori akuntansi yang didapatkan, bisa diaplikasikan dalam kehidupan nyata. 

Mungkin setelah lulus kuliah di luar negeri, Anda ingin mulai menjalankan suatu bisnis, maka teori dan praktik akuntansi yang didapat saat kuliah, bisa langsung Anda praktikan dalam bisnis tersebut

5. Memiliki International Networking

Dengan kuliah akuntansi dan keuangan di luar negeri, sudah jelas, Anda akan sering bertemu dengan beberapa orang mahasiswa dan mahasiswi lainya yang berasal dari mancanegara.

Anda akan memiliki international networking yang penting untuk masa depan, khususnya dalam meningkatkan karir di bidang terkait

 

Apa Saja Karakter yang Cocok untuk Kuliah Akuntansi dan Keuangan?

skill yang diperlukan dalam jurusan akuntansi dan keuangan

Sudah memutuskan untuk kuliah akuntansi dan keuangan di luar negeri? Belum lengkap jika Anda belum mengetahui karakter pribadi Anda yang memang cocok untuk kuliah akuntansi dan keuangan.

Mengetahui karakter pribadi seperti ini, dapat membuat Anda lebih fokus kuliah dan mengejar karir untuk masa depan. Berikut ini beberapa karakter yang cocok untuk kuliah akuntansi dan keuangan:

  1. Berpikiran logis, teratur dan praktis

  2. Menyukai angka dan suka berhitung

  3. Ramah, memperhatikan detail, peka serta peduli pada orang lain

  4. Teliti, fleksibel dan toleran, suka dengan praktik, spontanitas dan konsep

  5. Tidak ragu mengambil keputusan dan melakukanya

  6. Suka membuat rencana

  7. Mampu mengatur orang lain untuk mencapai tujuan 

 

Apa Saja Pilihan Negara Favorit untuk Kuliah Akuntansi dan Keuangan di Luar Negeri?

pilihan negara top untuk kuliah akuntansi dan keuangan

Selain memiliki pemahaman terhadap mata kuliah akuntansi dan keuangan yang akan dipelajari, Anda juga sebaiknya mempertimbangkan hal penting lainya seperti lokasi kuliah akuntansi dan keuangan di luar negeri.

Lokasi kuliah yang terbaik dengan fasilitas yang maksimal, nantinya akan mendukung perkuliahan Anda dan bisa lulus dengan cepat.

Memilih universitas terbaik untuk kuliah akuntansi dan keuangan di luar negeri, tentunya akan berdampak terhadap pencapaian karir Anda di masa depan nanti. 

Adapun beberapa universitas terbaik yang direkomendasikan untuk kuliah akuntansi dan keuangan, dilansir dari Top universities , Sebagai berikut:

1. Amerika Serikat

Sebagai negara Adidaya, kuliah di Amerika serikat tentunya menjadi pusat bagi perekonomian dunia, dimana mata uang dollar masih menguasai kondisi tersebut dan berpengaruh pada perekonomian negara lainya. 

Amerika serikat tentunya memiliki rekomendasi universitas terbaik untuk program kuliah akuntansi dan keuangan, seperti Harvard university. Universitas yang berhasil mencetak para SEO sukses saat ini memang layak Anda pilih.

2. Inggris

Negara Inggris sepertinya juga sudah menjadi favorit para mahasiswa mancanegara, untuk kuliah di luar negeri. Berbagai jurusan kuliah ditawarkan di beberapa universitas di Inggris yang juga masuk kategori top university. 

Untuk kuliah jurusan akuntansi dan keuangan, salah satu universitas yang direkomendasikan adalah University of Bristol di Inggris. 

3. Australia

Australia merupakan salah satu Negara yang dijadikan favorit untuk kuliah di luar negeri. Terdapat beberapa universitas terbaik yang menawarkan program kuliah akuntansi dan keuangan di Australia, diantaranya RMIT University dan The University of Melbourne. 

Beberapa universitas tersebut bahkan masuk dalam kategori Top university di dunia. Anda bisa mengambil gelar sarjana dan pascasarjana bidang akuntansi dan keuangan disana.

4. Canada

Negara tujuan berikutnya untuk kuliah di luar negeri adalah Kanada. Jika ingin kuliah akuntansi dan keuangan di negara ini, maka universitas yang direkomendasikan salah satunya adalah Universitas Toronto.

Universitas lainya juga menawarkan beberapa program yang penting dalam bidang keuangan dan akuntansi, seperti jurusan bisnis keuangan.

5. Jepang

Ingin kuliah di sekitar benua Asia? Maka Jepang bisa menjadi pilihan untuk kuliah di luar negeri. Ada banyak mahasiswa dan mahasiswi Indonesia yang juga berkuliah di negeri sakura ini. 

Adapun universitas yang direkomendasikan untuk program kuliah sarjana dan pascasarjana akuntansi dan keuangan adalah Universitas Hitotsubashi.

 

Apa Syarat Masuk Kuliah Jurusan Akuntansi dan Keuangan di Luar Negeri?

apa yang diperlukan untuk kuliah akuntansi dan keuangan di luar negeri

Persyaratan kuliah di luar negeri tentunya menjadi hal penting yang harus disiapkan oleh para calon mahasiswi dan mahasiswa internasional, termasuk Indonesia. 

Kriteria dan syarat-syarat untuk memasuki setiap universitas tentunya berbeda-beda. Setiap universitas memiliki syarat-syarat tersendiri untuk menerima para mahasiswa dan mahasiswi baru.

Pada umumnya, jika ingin melanjutkan kuliah meraih gelar sarjana (S1) dan (S2) di luar negeri akan memerlukan:

  • Sertifikat kemampuan Bahasa inggris seperti IELTS 

  • Ijazah sekolah menengah atas (SMA) dengan nilai rata-rata keseluruhan minimal 80% dengan bukti lulus ujian nasional pastinya

Adapun informasi syarat-syarat masuk atau pendaftaran dari beberapa universitas di dunia seperti berikut:

1. Amerika Serikat dan Kanada

Gelar Sarjana (S1)

Ujian Nasional (UN)

Lulus ujian nasional SMA

IELTS

Skor Minimal 6.5 

TOEFL

iBT 68-80 (internet based)

Gelar Magister (S2)

Program kuliah (S1) 

Lulus dari gelar sarjana (S1)

IELTS

Skor Minimal 7.0

TOEFL 

iBT 79- 95 (internet based)

lainya

Surat rekomendasi (dari perusahaan)

 2. Inggris

Gelar sarjana (S1)

Ujian nasional 

Lulus ujian nasional SMA

Pre University

A- Level

TOEFL/IELTS

550/ 5.5 - 6.0

Gelar Magister (S2)

Gelar sarjana (S1)

Lulus dari program sarjana (S1) dan memiliki A-level

Pengalaman Kerja

Memiliki pengalaman kerja di bidang terkait jurusan kuliah

Dokumen lainnya

Personal statement

IELTS

Skor minimal 6.5 - 7.0

3. Australia

Gelar Sarjana (S1)

Ujian Nasional 

Lulus ujian nasional dengan nilai maksimal

IELTS/TOEFL

Skor minimal 5.5 - 6.0 / iBT minimal 55

Gelar Magister (S2)

Program sarjana

Lulus program sarjana (S1) 

IELTS

Minimal skor 6.5

4. Jepang

Gelar sarjana (S1)

Ujian Nasional

Lulus ujian nasional atau lulus Diploma

Kemampuan bahasa

Bahasa jepang dan Bahasa Inggris TOEFL minimal skor 550

Gelas Magister (S2)

Program sarjana (S1)

Lulus program kuliah (S1) dari universitas di Jepang

TOEFL

Minimal skor 550

Komponen lain yang penting sebagai persyaratan kuliah di luar negeri adalah Paspor dan visa pelajar yang wajib dimiliki.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proses pembuatan visa pelajar di universitas favorit Anda, silahkan mengunjungi website universitas pilihan Anda, atau bertanya langsung kepada tim EasyUni melalui aplikasi yang tersedia.

Komponen lain yang penting sebagai persyaratan kuliah di luar negeri adalah Paspor dan visa pelajar Amerika  yang wajib dimiliki.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proses pembuatan visa pelajar di universitas favorit Anda, silahkan mengunjungi website universitas pilihan Anda, atau bertanya langsung kepada tim EasyUni melalui aplikasi yang tersedia.

 

Apa Saja Universitas Terbaik untuk Kuliah Akuntansi dan Keuangan di Dunia?

Beberapa universitas yang direkomendasikan untuk kuliah Akuntansi dan Keuangan , merupakan top university bahkan ranking dunia.

Berikut ini beberapa universitas terbaik yang bisa menjadi pilihan Anda untuk kuliah akuntansi dan keuangan di luar negeri:

1. Universitas Harvard, Cambridge Massachusetts USA

Universitas Harvard merupakan salah satu universitas terbaik di Amerika dan bahkan di dunia. Universitas ini adalah yang tertua di Amerika, telah didirikan sejak 8 September 1636.Kuliah reguler dan kuliah online ditawarkan oleh kampus ini.

Lulusan Harvard university telah banyak yang berhasil, beberapa dari mereka bahkan telah menjadi seorang CEO. Anda bisa memulai karir terbaik untuk masa depan Anda, dengan kuliah di jurusan akuntansi dan keuangan fakultas bisnis.

Durasi

4 Tahun (S1) 2 Tahun (S2)

Intake

N/A

Perkiraan Biaya Kuliah

Rp. 590 - 650 juta Per Tahun

2. Universitas Bristol, Inggris 

Sebuah universitas penelitian publik yang terletak di Bristol, Inggris, juga merupakan salah satu universitas yang masuk kategori terbaik di dunia, untuk kuliah akuntansi dan keuangan.

Anda bisa memilih kuliah akuntansi dan keuangan di kampus ini dengan berbagai spesialisasi jurusan yang tersedia.

Durasi

4 Tahun

Intake

Juli - September 

Biaya Kuliah

$ 11.727 Per Tahun

3. Universitas Hitotsubashi, Jepang

Universitas Hitotsubashi yang berada di Kanda, Jepang ini, merupakan salah satu universitas yang juga masuk kategori universitas terbaik di dunia. 

Anda yang masih ingin kuliah di sekitar kawasan Asia, bisa memilih kuliah akuntansi dan keuangan di universitas ini. Program kuliah akuntansi dan keuangan sendiri, ada pada fakultas ekonomi.

Durasi

5 Tahun (program combined S1 dan S2)

Intake

Maret

Biaya Kuliah

$ 5.000 Per Tahun

Selain beberapa universitas favorit tadi, Anda juga bisa memilih universitas lainya di luar negeri untuk kuliah akuntansi dan keuangan, seperti:

  • Stanford University, Amerika serikat

  • The University of Melbourne, Australia

  • University of Cambridge, UK

  • The Hong Kong University of Science and Technology, Hongkong

  • The National University of Singapore (NUS)

  • University of Toronto ( Canada)

 

Berapa Biaya Kuliah Akuntansi dan Keuangan di Luar Negeri?

Biaya kuliah akuntansi dan keuangan di luar negeri tentunya cukup tinggi, bila dibandingkan dengan kuliah ekonomi di Indonesia.

Walau begitu, biaya kuliah yang lebih mahal ini tentunya sebanding dengan kualitas pendidikan yang didapatkan, serta pengalaman kuliah terbaik disana.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini estimasi rata-rata biaya kuliah akuntansi dan keuangan, untuk gelar sarjana dan magister di beberapa Negara:

Negara Tujuan Kuliah

Estimasi Biaya Kuliah (Per Tahun)

Biaya Dalam Rupiah (Per Tahun)

Amerika Serikat

$ 25.000 - 60.000

Rp. 353 - 847 juta

Inggris

$ 11.000 - 39.000

Rp. 155 - 550 juta

Australia

$  11.000 - 28.000

Rp. 155 - 395 juta

Canada

$ 14.000 - 40.000

Rp. 197 - 564 juta

Jepang

$ 5.000

Rp. 70 juta 

*Sesuai kurs Rupiah bulan juni 2019

Umumnya, biaya kuliah yang tertera pada tabel belum termasuk biaya sehari-hari, akomodasi, serta biaya buku kuliah dan praktikum khusus.

Untuk keringanan biaya kuliah di beberapa Negara tersebut, Anda dapat mencari informasi seputar beasiswa dari pemerintah Negara yang dipilih. Informasi tersebut dapat diakses di situs universitas masing-masing.

 

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Akuntansi dan Keuangan?

apa yang dipelajari kuliah akuntansi dan keuangan

Bidang akuntansi dan keuangan tentunya sangat berperan dalam sektor ekonomi dan bisnis. Maka dari itu, dalam kuliah ini Anda akan belajar lebih detail mengenai bidang akuntansi beserta keuangan untuk kemajuan sektor ekonomi dan bisnis di masa depan.

Secara umum, kuliah akuntansi dan keuangan memiliki kedekatan dengan bidang  lainnya dalam lingkup ekonomi seperti Manajemen, perpajakan hingga asuransi.  

Adapun contoh mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan akuntansi dan keuangan, untuk setiap semesternya secara umum sebagai berikut:

Tahun Pertama dan Kedua

  • Business English 

  • Introduction to Business

  • Principle of Accounting

  • Business Mathematics

  • Office Management Tools

  • Principles of Microeconomics

  • Principles of Macroeconomics

  • Financial accounting

  • Introduction to Statistics

  • Principles of Management

  • Statistical inference

  • Business communication

  • Management Accounting

  • Business Law

  • Introduction to Business Finance

  • Calculus

  • Financial institutions and Markets

  • Financial Management

  • Central, Commercial and Corporate Banking

Tahun Ketiga dan Keempat

  • Auditing

  • Accounting Information System

  • Corporate Finance

  • Organizational behavior

  • Finance Elective

  • Taxation

  • Computer Applications in Finance

  • Business Research Methods

  •  Introduction to Econometrics

  • Oral Communication

  • Research Project/Internship

 Contoh mata kuliah di atas mungkin bisa berbeda di tiap universitas, tergantung dari universitas yang Anda pilih. Mata kuliah tersebut juga bisa berlaku untuk program kuliah (S1) dan (S2) dengan level yang berbeda.

 

Berapa Lama Durasi Kuliah Akuntansi dan Keuangan di Luar Negeri?

Kuliah akuntansi dan keuangan di luar negeri durasinya ditentukan berdasarkan program kuliah yang diambil.

Pada umumnya, waktu yang akan anda perlukan untuk kuliah di jurusan Akuntansi dan Keuangan di luar negeri ditentukan oleh jenjang kuliah yang anda ambil.

Foundation

1 tahun

Associate Degree Program

1 - 2 tahun

Sarjana (S1)

3 - 4 tahun

Magister (S2)

2 tahun

 

Karir dan Pekerjaan Apa Saja yang Ditawarkan untuk Lulusan Akuntansi dan Keuangan?

peluang pekerjaan dan kisaran gaji akuntansi dan keuangan

Pada umumnya, karir atau pekerjaan yang ditujukan untuk akuntansi dan keuangan memiliki cakupan yang luas di berbagai bidang, dengan tawaran gaji yang tinggi.

Dilansir dari topaccountingdegrees, berikut ini beberapa contoh karir yang ditawarkan untuk lulusan akuntansi dan keuangan secara umum:

  • Chief Financial Officer (CFO), memimpin dan membantu perusahaan membuat keputusan finansial serta bisnis terinformasi

  • Akuntan Publik, Memelihara dan mengaudit catatan keuangan perusahaan. Mengawasi anggaran serta manajemen keuangan dan melakukan tugas pembukuan

  • Akuntansi Forensik, Sebagai akuntan public bersertifikat yang memeriksa catatan keuangan serta akun yang akan dijadikan bukti forensic keuangan

  • Auditor Internal, Bertugas untuk menjalankan siklus audit secara penuh, termasuk untuk manajemen risiko dan manajemen control dalam perusahaan. Menentukan ruang lingkup audit internal serta mengembangkan rencana tahunan

  • Tax Examiner, Bertugas untuk menangani pengembalian pajak yang diajukan oleh individu dan bisnis kecil, baik di tingkat kota, Negara bagian atau federal

  • Senior Finance Analyst, Bertanggung jawab untuk mempersiapkan dan mengelola pelaporan keuangan dan profitabilitas serta bertindak sebagai pemimpin dalam anggaran tahunan departemen

Selain itu, Anda juga bisa bekerja di bidang lainya yang masih berkaitan dengan bidang akuntansi dan keuangan seperti:

  • Sektor perbankan

  • Asuransi

  • Sektor investasi

  • Bursa efek

  • Personal financial advisor

  • Entrepreneur

Bagaimana? Sudah yakin untuk memilih kuliah jurusan akuntansi dan keuangan di luar negeri? Jika Anda masih ragu, segera hubungi tim Easyuni yang akan selalu siap membantu Anda.


 

FAQ Pertanyaan Umum Seputar Jurusan Akuntansi dan Keuangan

1. Apakah Belajar Akuntansi dan Keuangan itu Sulit?

Bisa ya dan tidak. Aspek- aspek dalam akuntansi itu cukup rumit, tetapi dengan mempelajarinya secara maksimal, maka kerumitan itu dapat diatasi. 

Selain itu, bantuan berbagai aplikasi akuntansi saat ini, dapat membantu Anda menyelesaikan tugas-tugas akuntansi.

2. Mengapa Harus Kuliah Akuntansi dan Keuangan?

Dengan mempelajari akuntansi dan keuangan, dapat membantu Anda melatih dan mempersiapkan karier bisnis serta mengembangkan kesadaran untuk berbisnis. 

Akuntansi dan keuangan menawarkan berbagai keterampilan yang memang dibutuhkan dalam bisnis.

3. Ingin Kuliah Akuntansi dan Keuangan harus Menguasai Pelajaran Apa?

Anda sebaiknya menyukai pelajaran matematika. Kuliah akuntansi dan keuangan juga akan mempelajari seputar Matematika, Geometri, Matematika lanjutan, dan Kalkulus.

4. Apakah Bekerja di Bidang Akuntansi dan Keuangan adalah pilihan karir yang bagus?

Untuk karir terbaik di bidang Akuntansi, Anda diharuskan untuk mengejar lebih banyak pendidikan akuntansi serta mendapatkan sertifikat akuntansi dan keuangan, untuk peluang karir yang lebih baik.

Advertisement

Universities with courses in Akuntansi dan Keuangan

See more related universities

This website uses cookies to ensure you get the best experience. By using this site, you acknowledge that you have read and understand our Cookie Policy , Privacy Statement and Terms & Conditions .

Maximum 6 courses for comparison!

Chat on WhatsApp

Courses selected for comparison