Ini alternatifnya mendapatkan gelar dari Australia - ambil di Malaysia!

By EasyUni Staff | Last modified 10 Okt 2018
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Kemarin-kemarin ini, internet diguncang dengan cerita tentang Nisin Sunito, salah satu peternak terbesar di Australia yang berasal dari RI. Uniknya, beliau pernah tinggal kelas sewaktu di bangku sekolah dan mulai menuaikan kesuksesannya setelah berkuliah di negeri kangguru.

Nisin Sutisno Pengusaha Indonesia Lulusan Dari Australia
Sumber: Kompas

Mengagumkan? Tentu saja, iya.

Mengambil jurusan bisnis dari Australia memang terdengar menggiurkan karena ranking universitas yang baik dan kualitas edukasi yang diakui di kelas dunia. Terlepas dari itu semua, kuliah di Australia bisa menjadi tantangan yang terlalu berat untuk sebagian dari kita. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan mengakibatkan mimpi itu terkubur, seperti jarak jauh, biaya hidup yang tinggi, dan lainnya.

Eits, jangan putus harapan. Masih ada kemungkinan untuk kamu yang terinspirasi untuk punya gelar dari Australia dengan biaya kuliah yang relatif lebih murah. Beberapa universitas dari Australia punya kerjasama dengan universitas di Malaysia dan bahkan membuka cabang universitas mereka di Malaysia.

 

Kenapa harus universitas dari Australia?

Berikut adalah alasannya:

 

1. Jadi bagian dari universitas top di dunia

Buat kamu yang memang ingin kuliah di luar negeri dengan biaya hidup dan kultur yang tidak jauh berbeda dari tanah air sendiri, kuliah di Malaysia tentu menyediakan kelebihan-kelebihan tersebut.

Inilah kenyataannya: kualitas sistem edukasi dari Australia itu bukan main. Ranking universitas Australia di berbagai sektor. Maka tak heran kalau 6 universitas Australia menduduki ranking 100 universitas terbaik di dunia, termasuk University of Melbourne dan University of Sydney.

Berada di cabang universitas juga berarti kamu akan mendapatkan kualitas dan mutu pengajaran yang sama. Terlebih dari itu, kamu juga masih diberi kesempatan untuk mencoba kuliah tak hanya di negara lainnya dalam program pertukaran pelajar. Tak hanya dibatasi oleh pilihan Australia saja, tapi negara lainnya seperti Kanada, Belanda, dan lainnya.

 

2. Kelayakkan kerja

Lulus dari universitas prestis di mata dunia bisa menaikkan kemungkinan kamu untuk diterima kerjaan baik di dalam dan luar negeri. Hal ini dikarenakan oleh ketentuan yang diberikan dari sistem edukasi Australia yang lebih menggunakan ilmu praktikal dan menggunakan sistem pengajaran yang sifatnya seperti bekerja (on-the-job). Kamu juga akan dipertemukan dengan staff yang lebih berpengalaman dan diberikan exposisi ke dalam industri melalui magang, tugas praktek, dan field trip (ekskursi), pendalaman mengenai trend market dan kemampuan yang bisa menjadi asset tambahan kamu dalam industri yang baru. Tidak terkecuali universitas yang terdapat di Malaysia juga.

 

3. Kultur yang sangat ramah dan tak jauh beda dari kampung halaman

Pelajar Indonesia di Malaysia
Sumber: PPI Malaysia

Berada di dalam lingkungan yang tak jauh beda dari rumah dalam segi kultur dan jarak memang lebih baik. Dengan itu, mungkin seorang teman atau kreabat mungkin pernah mengatakan kepada kamu bagaimana terbang ke luar negeri memberi kamu lebih banyak kesempatan untuk bertemu orang baru dan menyegarkan perspektif kamu. Meskipun itu tidak sepenuhnya salah, kamu dapat menghadapi pengalaman yang sama di rumah, dengan universitas Australia sering menarik siswa dari beragam budaya dan komunitas.

Kenapa tertarik di Malaysia? Beberapa universitas ternama telah membuka cabang institusi dan tentunya menaikkan kerjasama bagi murid-murid internasional dan lokal. Apa saja pilihan universitas yang prestis dan bertujuan untuk menaikkan menaikkan mutu pendidikan anda sesuai dengan ketiga kriteria di atas? EasyUni akan memberi solusinya pada kamu:

 

1. Monash University Malaysia Campus


Sumber: Monash University Malaysia

  • Ranking Top 100 dari Times Higher Education
  • Jurusan terfavorit: bisnis dan teknik

 

2. Curtin University Sarawak



Sumber: Curtin University Malaysia

  • Penghargaan 5 QS University Ranking
  • Kursus bisnis dan teknik lingkungan yang paling ternama

 

3. Swinburne University of Technology Sarawak

Swinburne University Kampus Malaysia
Sumber: Swinburne Universtiy Malaysia

  • Jurusan favorit: Sains Terapan, Teknik, Teknologi, dan Bisnis
Diposting pada 10 Okt 2018
Kuliah di Luar Negeri