Gelar Sarjana Luar Negeri: Tidak Hanya Untuk Orang Kaya

2

Sebelum anda memutuskan untuk mengambil gelar sarjana luar negeri, anda harus memastikanbahwa anda benar-benar serius dan menyukai bidang studi yang anda pilih. Sebagai mahasiswa sarjana di masa depan, anda harus bisa menentukan jurusan mana yang ingin anda ambil dan harus didasarkan pada ketertarikan dan ambisi anda. Ini akan menjadi mudah jika anda sudah mengetahui karir yang anda inginkan di masa depan nanti.


Namun jika anda ragu, tanyakan pertanyaan ini kepada diri anda sendiri: Apa yang ingin anda lakukan untuk menghidupi diri anda sendiri? Pelajaran apa yang dapat anda mengerti dengan cepat? Apakah anda tertarik dengan kelebihan anda? Apakah anda ingin berspesialisasi di satu area atau anda ingin memiliki pengetahuan umum tentang jurusan tersebut? Mintalah saran dari orang tua anda dan jika perlu berkonsultasilah dengan penasihat pendidikan di sekolah anda atau perguruan tinggi setempat. Untuk mendapatkan informasi cepat, anda dapat melihat easyuni.com (www.easyuni.com) yang menawarkan beberapa media rekomendasi jurusan yang didasarkan pada kepribadian dan ketertarikan mahasiswa.


Ketika anda memilih jurusan, anda harus memikirkan universitas. Pastikan universitas pilihan anda memiliki reputasi bagus untuk jurusan yang anda inginkan, daripada universitas "ternama" dimana teman anda berkuliah.

Berkuliah Di Luar Negeri

Ada dua jenis universitas yaitu universitas negeri dan swasta. Jika anda memilih universitas negeri, anda akan berkuliah di universitas di Negara tersebut, bahkan lokasinya dekat dengan tempat tinggal anda. Pilihan lainnya adalah universitas swasta, yang memberikan anda beberapa pilihan untuk lanjut berkuliah di dalam negeri atau di luar negeri. Pilihan apapun yang anda putuskan, anda harus mempunyai solusi untuk membayar kuliah anda


Banyak beasiswa dan pinjaman pendidikan yang telah disediakan, akan tetapi tempat dan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa dan pinjaman pendidikan sangat terbatas. Berkuliah di dalam negeri di universitas negeri merupakan pilihan yang paling terjangkau, akan tetapi anda mungkin mempunyai pandangan kedua terhadap universitas luar negeri yang terkenal dengan jurusan yang anda inginkan.


Berkuliah di luar negeri akan memerlukan biaya besar, yang bahkan belum termasuk biayasehari-hari. Jadi bagaimana anda memastikan bahwa gelar sarjana luar negeri bukanlah mimpi?Ada tiga cara yaitu dapatkan gelar sarjana secara lokal, menyelesaikan program ganda, atau dapatkan gelar sarjana tersebut dengan cara online.

2.1

Pilihan 1: Dapatkan Gelar Sarjana Secara Lokal

Anda bisa mendapatkan gelar sarjana luar negeri dengan berkuliah di kampus setempat (kampus ini biasanya disebut dengan kampus cabang dari universitas). Contohnya, Universitas Curtin mempunyai kampus luar negeri di Singapura dan Malaysia. Universitas Australia, Amerika Serikat dan China lainnya, seperti Universitas Nottingham dan Universitas Xiamen mempunyai kampus cabang yang dibangun dengan tujuan untuk meringankan biaya penduduk setempat dan menyediakan kesempatan bagi mahasiswa setempat untuk mendapatkan pengalaman berkuliah yang lebih baik.


Selain itu untuk pembayaran, anda akan dikenakan biaya sebagai mahasiswa setempat yangberkuliah di kampus cabang. Anda tidak akan dikenakan biaya mahasiswa internasional yang berkuliah di universitas luar negeri. Jika anda berkuliah di kampus utama, ini merupakan penghematan yang besar sekitar tiga sampai lima kali lebih hemat tergantung dengan kurs mata uang. Anda juga akan menghemat biaya hidup yang dibutuhkan untuk berkuliah di luar negeri.


Anda mungkin meragukan kualitas pendidikan yang ditawarkan kampus-kampus cabang ini. Akan tetapi kualitas pendidikan kampus-kampus cabang ini sama bagusnya dengan kampus utama. Kampus-kampus cabang ini membagikan bahan-bahan yang sama dengan kampus utama di luar negeri, seperti perpustakaan mereka yang sering di isi dengan buku-buku dari dalam dan luar negeri. Dengan pusat bahan-bahan yang lengkap, mahasiswa mendapat kemudahan dalam mencari bahan-bahan sampingan untuk penelitian, yang merupakan hal yang harus dilakukan saat mengerjakan skripsi, selain menyediakan lingkungan yang kondusif untuk mengerjakan tugas dan belajar. Tambahan lainnya, kampus cabang merupakan kampus yang sangat menghargai saran mahasiswa, terutama jika itu bersangkutan dengan peningkatan kualitas fasilitas dan akademik kampus.

Pilihan 2: Program Ganda

Cara lain untuk mendapatkan gelar sarjana luar negeri adalah dengan menyelesaikan program ganda di perguruan setempat, lebih tepatnya universitas setempat yang bekerjasama dengan universitas luar negeri dan yang pernah menawarkan program ganda di kampus sebelumnya. Anda mungkin pernah melihat program ini diiklankan seperti “3+0” atau “2+1”; ini merupakan program ganda. “2+1” program artinya mahasiswa harus menyelesaikan kuliahnya di tahun pertama dan tahun kedua di kampus setempat sebelum pergi keluar negeri untuk menyelesaikan tahun ketiganya. Ini sama dengan program pertukaran mahasiswa. Ini mengizikan mahasiswa untuk mengurangi biaya pendidikan mereka dan mendapatkan kesempatan untuk berkuliah dan hidup disana.


Satu lagi bentuk program ganda seperti “3+0”. Program ini tidak mewajibkan mahasiswa untuk pergi ke luar negeri. Mahasiswa dengan program ini akan mendapatkan gelar sarjana luar negeri dengan menyelesaikan kuliahnya selama tiga tahun di universitas setempat. Mereka harus daftar di institusi lokal dan universitas luar negeri yang bekerja sama dengan institusi tersebut, dan menjalani metode penilaian yang sama dengan universitas luar negeri yang berkerja sama dengan universitas lokal.

Pilihan 3: Gelar Sarjana Online∕Pendidikan Jarak Jauh

Dengan adanya teknologi online artinya mahasiswa bisa mendapatkan gelar sarjana mereka dengan belajar didunia maya. Kursus pendidikan jarak jauh dan gelar sarjana online merupakan alternative yang hemat biaya, praktis dan fleksible untuk program kampus yang tidak menghiraukan lokasi geograpis dan komitment pribadi.


Terbaik dari semua, jika anda mengambil program gelar sarjana online dari universitas-universitas dengan peringkat yang tinggi, anda boleh yakin bahwa mata kuliah online telah diakreditasikan oleh Badan Akreditasi Nasional, yang juga menyediakan tingkat keunggulan dalam mengajar dan pengalaman belajar yang tinggi. Anda juga akan mempunyai akses terhadap semua fasilitas dan dukungan yang anda harapkan dari universitas. Mata kuliah online mengizinkan anda untuk mendengar dan menonton kuliah secara online dan berpartisipasi dalam sesi tanya-jawab online melalui internet. Namun, kedisiplinan terhadap diri sendiri sangat penting jika anda memilih pilihan ini.

2.3

Beasiswa Dan Pinjaman

Anda sudah menghemat sejumlah uang yang cukup besar dengan menggunakan metode di atas untuk mendapatkan gelar sarjana luar negeri. Akan tetapi anda bisa juga mengajukan permohonan untuk pinjaman pendidikan. Pendidikan tersier anda bisa jadi gratis jika anda mendapatkan beasiswa untuk studi anda. Banyak beasiswa disediakan untuk mahasiswa yang pantas mendapatkan gelar sarjana luar negeri, dan banyak beasiswa disediakan di banyak Negara. Masalahnya adalah untuk menemukan mereka.

  • Beasiswa Persemakmuran Dan Rencana Persekutuan (CSFP)
    CSFP merupakan program pendidikan internasional dimana pemerintah-pemerintah persemakmuran menawarkan beasiswa kepada penduduk di Negara-negara persemakmuran lainnya. Beasiswa tersebut terdiri dari tujuh jenis yaitu, S3, S2, beasiswa bersama dengan universitas UK untuk S2, persekutuan akademik, beasiswa split-side yang mengizikan mahasiswa luar negeri untuk menghabiskan satu tahun di UK, persekutuan professional untuk profesi karir menengah, dan beasiswa pendidikan jarak jauh untuk program S2 UK. Bidang studi yang termasuk antara lain, teknik, sains, pertanian, kemanusiaan, ilmu sosial, obat-obatan dan dokter gigi.
     
  • Fulbright Programme 
    Fulbright program didirikan dengan tujuan untuk “meningkatkan pengertian bersama antara penduduk Amerika Serikat dengan Negara-negara lain melalu pertukaran penduduk, ilmu pengetahuan dan keahlian.” Program ini merupakan beasiswa yang paling prestisius di dunia. Program ini menawarkan kesempatan kepada mahasiswa-mahasiswa dari 155 bangsa untuk belajar di US dengan bidang studi seperti agronomi, pengkajian amerika, administrasi bisnis, ekonomi, pendidikan, energi, hubungan internasional, journalistik, perkembangan kepemimpinan dan manajemen, komunikasi dan media, perkembangan perlestarian dan perubahan iklim. Program ini menawarkan bantuan kepada pelajar, sarjana, guru, dan ahli-ahli, dengan menjadi program paling bisa diterapkan untuk mahasiswa yang ingin mendapatkan gelar sarjana luar negeri.
2.4
Diposting pada 09 Okt 2017
Tips & saran

Bagikan ini