Google: Rahasia Menaklukan Google Search!

 

  1. AND: Untuk mencari informasi yang mengandung kedua kata yang dicari. Contoh: gold AND diamond.
  2. OR: Mencari informasi yang mengandung salah satu dari kedua kata. Bisa menggunakan salah satu dari dua alternatif yang tersedia. Contoh: dog OR cat.
  3. Related: Untuk menampilkan daftar situs web yang mempunyai isi yang serupa atau mirip dengan beberapa situs lainnya. Contoh: related:detik.com
  4. Site: Untuk mencari informasi yang lebih spesifik dalam situs tertentu. Contoh: site: detik.com Bali.
  5. Link: Ini berfungsi untuk menampilkan URL dari situs web tertentu. Contoh: link: kompas, hasil pertama yang muncul adalah kompas.com
  6. .. (2 titik): Disebut juga sebagai 2 periode yang digunakan untuk menampilkan informasi dengan jarak tertentu seperti harga, tahun, dsb. Contoh: movies 2013..2015
  7. – (dash): Berfungsi untuk mengecualikan kata yang ingin kamu cari dengan menambahkan minus sebelum kata di belakang. Contoh: hush puppies -animal.
  8. “” (tanda kutip): Untuk mencari informasi yang mengandung frasa atau quote atau kata yang pasti biasanya digunakan untuk mencari quote atau lirik lagu. Contoh: “see you again”
  9. ASTERISK (*): Karakter pengganti kata yang tidak kamu ketahui. Contoh: intel core *, hasilnya akan menunjukkan intel core i3, i5, dan i7.
  10. SAYA LAGI BERUNTUNG: Tombol ini akan membawa kamu langsung ke situs yang merupakan hasil pencarian pertama dari kata-kata yang kamu masukkan.

Menurut studi mengenai kemampuan siswa dalam mencari informasi di Google masih sangat kecil, hasilnya 3 dari 4 siswa tidak dapat menggunakan Google Search dengan sepenuhnya. Untuk kamu para pelajar, ada baiknya kalau kamu mempunyai rasa ingin tahu lebih mengenai bidang Informasi dan Teknologi. Bidang IT saat ini berkembang sangat pesat sehingga apabila kamu “tidak lari” mengejar teknologi maka kamu akan “ditinggal lari” oleh teknologi. Apabila kamu yang tertarik melanjutkan studi kamu di bidang Informasi Teknologi (IT), kamu bisa langsung klik disini.

 

Diposting pada 09 Okt 2017
Kehidupan Mahasiswa, Tips & saran

Bagikan ini