Ini Sosok Pendidik dan intelektual multidimensional pengganti Menteri Pendidikan Nasional

Mungkin nama Prof Muhadjir masih asing kedengarannya, yuk intip profil singkat Mendikbud kita yang baru.

Mendikbud

Sumber: metrobali.com

Prof. Muhadjir adalah sapaan akrab kepada mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Beliau sudah menjabat 3 periode sebagai rektor di UMM dari tahun 2000-2015. Muhadjir Effendy lahir di Madiun, tanggal 29 Juli 1956. Memulai pendidikan dari gelar sarjana di IKIP Malang pada tahun 1982 dan setelah itu mengambil program S2 di UGM dengan jurusan Administrasi Publik pada tahun 1996, dilanjutkan lagi dengan gelar Doktornya di bidang sosiologi militer dari Unair pada tahun 2008.

Tidak puas dengan kehidupan kuliah saja, Prof Muhadjir sering mengikuti kursus dan workshop di luar negeri seperti kursus the management of higher education di Victoria University, Canada pada tahun 1991 dan mengikuti kursus the regional security and defense policy di National Defence University, Washington DC pada tahun 1993.

Muhadjir Effendy yang memulai karir dari karyawan honorer hingga menjabat sebagai Pembantu Rektor akhirnya dipilih sebagai Rektor UMM pada tahun 2000. Pada era kepimpinan beliau, UMM berhasil menjadi salah satu perguruan favorit yang mendapat akreditasi A dan meraih bintang 2 dari QS Star, lembaga survey dunia. Prof Muhadjir juga menjabat sebagai ketua PP Muhammadiyah dalam bidang pendidikan, kebudayaan, dan litbang.

Muhadjir Effendy menggantikan Anies Baswedan sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 27 Juli 2016 yang lalu. Pelopor Indonesia Mengajar, Anies Baswedan memesan agar mutu pendidikan di Indonesia terus ditingkatkan di tiap-tiap daerah dan memberikan akses untuk mendapatkan pendidikan melalui program Indonesia. Beliau juga menginginkan agar lingkungan sekolah dapat bebas dari asap rokok. Di bidang kebudayaan sendiri, ada agenda besar yang harus di selesaikan yaitu World Culture Forum yang akan diselenggarakan pada Oktober 2016.

Selamat bertugas Prof Dr H MAP Muhadjir Effendy Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Semoga pendidikan di Indonesia semakin maju dan berkualitas.

Diposting pada 09 Okt 2017
Berita

Bagikan ini