Kamu perlu berhenti melakukan multitask!

Multitask adalah kemampuan untuk melakukan lebih dari satu pekerjaan dalam satu waktu dan mungkin sekarang kamu sedang melakukannya. 

Berikut alasan kenapa multitask sangat merugikan untuk kamu:

 

1. Mempengaruhi Kemampuan untuk Fokus

(Photo source: adweek.com)

Gangguan seperti deringan telepon dapat mengalihkan perhatian dan fokus kamu dari tugas yang sedang kamu kerjakan

Sebuah penelitian tentang perilaku telah membuktikan bahwa melakukan tugas atau kegiatan sekunder, seperti berbicara di telepon seluler, akan mempengaruhi konsentrasi pada saat mengemudi.

 

2. Menganggu kapasitas memori

(Photo source: healthstatus.com)

Terlalu banyak informasi dalam satu waktu akan menstimulasi fungsi otak Anda, sehingga meningkatkan kapasitas memori kerja Anda.

Berdasarkan penelitian dari University of Copenhagen, kurang dari setengah orang yang mengunakan HP atau tablet sewaktu menonton akan ingat apa yang tersiarkan di TV.

 

3. Meningkatkan Level Stress

(Photo source: rewireme.com)

Terkadang kamu butuh untuk menangani beberapa hal sekaligus, pada saat itu tubuh kamu akan memproduksi hormon stres yang lebih tinggi - kortisol, yang dapat menyebabkan kamu merasa cemas, kelelahan atau bahkan jatuh sakit.

Sebuah penelitian di University of California Irvine menyimpulkan bahwa pekerja yang menerima kebanyakan pesan ke otak akan mempunyai resiko jantung yang lebih tinggi dibanding orang biasa yang tidak melakukan banyak hal dalam satu waktu.

 

4. Mengurangi Kualitas Kerja dan Ketangkasan

(Photo source: schoolofthinking.org)

Gangguan terus menerus hanya dapat menyebabkan hilangnya konsentrasi dan bertambah frustrasi karena kamu terus beralih dari tugas ke tugas lainnya dan akan hanya mengurangi perkembangan dan kualitas tugas kamu.

Kebanyakan dari para profesional menyatakan bahwa beralih tugas ke tugas lainnya dapat menyebabkan hilangnya produktivitas karena kekeliruan atau kesalahan dalam pekerjaan.

 

5. Melewatkan Kehidupan

(Photo source: nowiknow.com)

Memperhatikan dua hal atau lebih dapat menyebabkan kebutaan secara tidak langsung dan tidak menghargai kejadian dan keindahan di sekitar kamu.

Menurut penelitian pada 2009 dari Western Washington University, sepertiga mahasiswa yang berbicara di HP sambil berjalan tidak akan melihat badut yang sedang naik unicycle di dekat kampus mereka.

 

6. Memperburuk Hubungan

(Photo source: psychologytoday.com)

Membagi fokus kamu dalam percakapan sehari-hari yang dapat menyebabkan gangguan komunikasi akibat kesalahpahaman dan salah dalam menafsirkan informasi.

Sebuah penelitian terbaru dari University of Essex menemukan bahwa memiliki ponsel terdekat selama percakapan pribadi dapat menyebabkan perselisihan dan masalah kepercayaan.

 

Tips untuk meringankan Stres dalam Multitasking

Prioritas: Siapkan daftar tugas harian & fokus pada tugas-tugas kamu yang paling penting.

Mulai awal: Mengelola waktu & bekerja pada tugas-tugas kamu yang paling penting di pagi hari.

Batasi gangguan: Menutup semua hal- hal yang tidak perlu di komputer kamu seperti sosial media & matikan HP kamu untuk sementara waktu untuk menghindari gangguan yang tidak penting.

Mengontrol kerja Anda: Mengisolasi diri dari orang-orang yang mungkin dapat mengganggu Anda.

(Cover photo source: classyblogs.weebly.com)

Diposting pada 09 Okt 2017
Kehidupan Mahasiswa, Tips & saran

Bagikan ini