Ketrampilan Penting yang Dibutuhkan untuk Menjadi Dokter Gigi

  • Kecekatan tangan yang baik Anda harus memiliki kecekatan tangan yang trampil dan pengelihatan yang bagus, termasuk dalam membedakan warna. Ini membantu anda dalam menangani peralatan medis sambil bekerja dengan mulut pasien.
     
  • Komunikasi Keahlian komunikasi yang baik sangatlah penting dalam menilai semua informasi pasien, bahkan tanggapan non-verbal. Komunikasi dalam bentuk lisan dan tertulis, termasuk dengan penilaian, catatan kedokteran gigi dan resep, sangat diperlukan, dan semua harus dalam bentuk terorganisir, singkat dan lengkap. Kemampuan untuk menunjukan sikap sensitif terhadap perasaan seseorang, serta masalah budaya dan sosial juga penting.
     
  • Kemampuan untuk memberikan saran dan membimbing orang lain Sebagai seorang dokter gigi, anda perlu membimbing pasien tentang bagaimana mereka dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi mereka. Anda harus ingat bahwa anda akan menangani pasien dari berbagai umur dan latar belakang berbeda, disertai dengan karakter dan kekhawatiran mereka masing-masing.
     
  • Keahlian yang bagus dalam menangani semua orang Ini merupakan keahlian yang harus anda miliki jika anda ingin bekerja sebagai dokter gigi. Pasien anda akan mencakup orang-orang muda maupun tua, jadi anda perlu membuat mereka rileks, serta merasa bersimpati akan masalah dan ketakutan mereka, dan berusaha untuk memberikan mereka rasa percaya diri.
     
  • Kemampuan untuk bekerja di dalam tim Di tim manapun anda tetap akan menghadapi individual yang berbeda-beda diikuti dengan jenis-jenis keahlian dan tingkat pengalaman yang berbeda. Hubungan antar anda dan orang lain dan kemampuan untuk bekerja dengan tim merupakan hal penting untuk setiap orang, tidak hanya untuk calon dokter gigi.

Persyaratan Masuk untuk Kuliah Kedokteran Gigi

Anda perlu belajar kedokteran gigi selama lima tahun (minimum) di universitas kedokteran gigi yang terakreditasi. Serta anda akan mendapatkan tiga tahun lagi untuk melakukan pelayanan kesehatan untuk pemerintah dimana anda akan berada dibawah bimbingan pelatihan. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kompetisi di universitas kedokteran gigi sangatlah sengit. Di sebagian besar institusi, seorang mahasiswa harus mendapatkan tiga nilai A di ujian pra-universitas mereka. Disarankan agar anda memeriksa persyaratan masuk ke kampus yang menyediakan jurusan ini. Selain daripada nilai sempurna di sisi akademik, para pegawai menginginkan kandidat yang bersahabat dan bertanggung jawab yang juga menunjukan sisi keinginan untuk belajar. Namun, persyaratan-persyaratan karir di industri kedokteran gigi cenderung bervariasi. Oleh karena itu, persyaratan masuk anda ke jurusan ini kemungkinan akan berbeda, karena ini tergantung pada karir yang anda pilih di kedokteran gigi. Contohnya, untuk menjadi ahli kebersihan gigi, anda memerlukan diploma ahli kesehatan gigi yang diakui. Selain itu, untuk terapis gigi, mereka memerlukan jurusan diploma dari rumah sakit gigi.


Jurusan ini sepenuhnya akan memakan waktu sekitar lebih dari dua tahun. Untuk menjadi teknisi gigi∕ahli gigi, anda tidak memerlukan kualifikasi formal. Hal terbaik untuk menentukan persyaratan masuk kedokteran gigi adalah dengan bertanya kepada kampus anda. Anda harus melakukan ini karena beberapa kampus memiliki persyaratan tambahan. Ingatlah bahwa dokter gigi merupakan karir yang menguntungkan. Sebagai seorang dokter gigi, anda akan membantu pasien dalam mendapatkan kembali senyum mereka dan membimbing mereka untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi mereka lebih baik. Permintaan akan dokter gigi yang berkualifikasi sedang sangat dicari. Secara keseluruhan, ini merupakan karir yang bermanfaat, tidak hanya karir yang memberikan banyak keuntungan. Jadi, apa lagi yang anda tunggu?

Diposting pada 09 Okt 2017
Karir

Bagikan ini