Mengambil Catatan #LikeABoss

(Sumber: https://www.flickr.com/photos/deathtogutenberg/3432300215/ )

 

Kebiasaan mengambil catatan membuat hidup jauh lebih mudah ketika kamu menghadapi ujian dan ketika kamu mengerjakan tugas. Cara ini membantu kamu dalam mengingat informasi yang gampang kamu lupakan hanya dalam beberapa minggu kemudian. Nah, ada beberapa cara yang sepertinya sangat berpengaruh terhadap sebagian besar orang. Kamu dipastikan harus memiliki kertas yang cukup, pena, stabilo, sticky note dan memiliki buku catatan kecil sangat membantu. Berikut adalah beberapa tips kami rasa akan membantu kamu untuk menjadi ninja dalam mengambil catatan!

Pastikan catatan tetap pendek!
Satu hal yang harus kamu ketahui adalah catatan kamu tidak harus memiliki segala informasi yang dibahas. Catatan harusnya hanya memiliki satu hal yang paling penting. Tidak ada gunanya membuang-buang waktu menulis sesuatu tentang hal-hal yang sudah kamu kenali ataupun fakta yang dapat kamu temukan di buku cetak kamu. Gunakan singkatan untuk mempercepat kecepatan kamu sehingga kamu tidak kehilangan info penting. Yang paling penting adalah kamu harus mengingat apa maksud dari singkatan yang kamu tulis!

Pastikan tersedianya ruang kosong
Ini adalah tips sederhana yang sangat berguna dan tentu saja membantu saya dalam memasukkan catatan khusus atau poin-poin yang mungkin akan muncul selama diskusi berlangsung. Ruang kosong tambahan akan membantu kamu melihat semua catatan kamu di satu tempat dan tentu saja secara keseluruhan. Dan cara ini akan membuat kamu dapat membaca kembali catatan kamu dengan lebih mudah dan jelas.

Buatlah cacatan kamu lebih visual dengan bermacam-macam warna!
Ternyata benar bahwa sebuah gambar bernilai seribu kata. Diagram dan gambar adalah alat yang sangat ampuh untuk membantu kamu memvisualisasikan apa yang kamu dengar dan baca. Mungkin cara ini pun akan membuat kamu melihat bagaimana ide itu secara keseluruhan. Dosis warna akan membuat catatan kamu menjadi lebih menarik, jadi gunakanlah stabilo dan pena berwarna. Kamu bisa mencoba untuk menggunakan beberapa font yang ada di laptop kamu, apa pun yang bekerja! Gambar yang kamu buat dan kata-kata yang telah kamu highlight dengan warna yang berbeda akan membantu kamu memahami materi dengan sangat mudah.

Simpan catatan dengan rapi dan di satu tempat!
Hal yang paling penting adalah jangan sekali-sekali kamu menyimpan catatan kamu di potongan-potongan kertas aneh atau disimpan di banyak tempat. Ini akan membuat kamu sulit untuk membukanya kembali ketika kamu memerlukannya. Pastikan kamu tetap teratur sehingga kamu tidak bingung lagi nantinya di saat kamu membaca catatan kamu lagi.Nah, pastikan juga kamu menyimpan catatan dalam satu folder. Ini untuk kebaikan kamu sendiri loh.

 

Kenapa harus kertas? Selamatkan lingkungan, be tech savvy!

 

(Sumber: http://www.rifeshare.com)

 

Well well....bagaimana jika kamu bukan tipe orang yang memegang cacatan kecil? Kamu bisa mulai menggunakan teknologi yang ada di laptop / handphone / tablet dengan beberapa aplikasi yang ditawarkan baik offline maupun online. Google Drive , Microsoft OneNote dan Evernote adalah salah satu contoh dari beberapa aplikasi yang digunakan orang biasanya. Aplikasi tersebut memberikan kemudahan agar kamu dapat membacanya dengan cara yang lebih menyenangkan misalnya mengetik informasi yang kamu dapat, screenshots, rekaman suara dan lain lain. Bonus tambahan dari aplikasi ini adalah kamu bisa kapan saja melihat catatan ini ketika kamu menyimpannya di "cloud" seperti Google Drive.

 

Jadilah kuno dengan beberapa cara kamu mengambil catata. Kenapa tidak? 

note taking

(Sumber: www.eventsavingsspecialist.com)

 

Ada beberapa cara yang mungkin akan bekerja. Setelah kamu memahaminya, kamu dapat memilih cara  yang terbaik menurut kamu, maka kamu dapat mengetahui cara mengambil catatan yang membantu kamu untuk mengingat informasi. Berikut ini adalah cara bagaimana cara mengambil catatan. Check these out!

 

The Cornell Method 

cornell notetaking method

(Sumber: www.learnhow2study.com)

 

Gambarlah dua kolom di notebook kamu yang membagi dua bagian yang berbeda yaitu kiri dan sisi kanan. Kolom kiri akan menjadi kolom ulasan sedangkan kolom yang lebih besar adalah area di mana kamu akan menulis catatan kuliah kamu. Kamu dapat menggunakan format paragraf termasuk setiap informasi yang dibutuhkan seperti diagram, gambar, grafik, dan penjelasan yang relevan selama kuliah. Keluarkanlah ide-ide utama dan tulis kata-kata kunci untuk meringkas poin utama.

 

The Mapping Method 

Mapping method notetaking

(Sumber: sites.ewu.edu)

 


Mapping adalah representasi grafis dari materi kuliah. Beginilah cara metode ini bekerja, buatlah garis antar garis di antara ide-ide, poin-poin yang ingin kamu tekankan sehingga hal ini membantu kamuuntuk memahami koneksi antar poin. Metode ini memaksimalkan tingkat berpikir anda.

 

The Sentence Method 

sentence methid

(Sumber: www.towson.edu)

 

Sebenarnya ini adalah sebuah metode yang baik ketika kamu menemukan banyak informasi dan kamu tidak tahu bagaimana melihat informasi tersebut bersamaan. Sulitnya untuk menentukan point yang major / minor, kamu mungkin juga akan menemukan kesulitan saat kamu mengedit dan meninjaunya. Setelah itu kamu juga dapat menulis setiap pikiran baru, fakta, atau topik pada baris yang terpisah. Metode ini sebenarnya lebih baik dan terorganisir daripada menulis paragraf atau mencatat sebagian besar informasi. 

 

The Outlining Method 

Outlining method notetaking

(Sumber: www.understood.org)

 


Di kelas sejarah mungkin kamu akan menulis nama seorang penting. Di bawah nama mereka masing-masing, kamu dapat menulis deskripsi singkat. Nah, begitulah caranya metode ini bekerja.

 

The Charting Method 

(Sumber: http://www.utc.edu/)

 

Bukankah sangat jelas? Buatlah grafik! Gambarlah kertas kamu dengan menggambar kolom dan berikan judul di dalam tabel. Setelah itu kamu dapat menentukan kategori yang akan dibahas, merekam semua informasi seperti kata-kata, frase, ide utama, dll ke dalam kategori yang dipilih. Yang harus kamu lakukan adalah mengatur halaman dan pisahkan area dengan kolom. Mudahkan?

 

Seperti yang orang bijak katakan, berbagi berarti peduli satu sama lain, kamu dapat bertukar catatan dengan temanmu. Jika kamu pikirkan lagi, hal ini akan memberi kamu motivasi serta mungkin kamu akan menjadi lebih baik dalam membuat catatan kamu.

So good luck!

Do you have a different note taking style? Share us some tips! Join us in our forum section now! 

Diposting pada 09 Okt 2017
Infographics, Tips & saran

Bagikan ini