Kuliah Ilmu Aktuaria di Luar Negeri

Informasi lengkap mengenai kuliah ilmu aktuaria di luar negeri bagaimana persyaratan masuk kuliah alasan kuliah hingga prospek pekerjaan bagi lulusanya
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Kuliah jurusan aktuaria atau actuarial science mungkin belum cukup dikenal oleh sebagian besar mahasiswa dan mahasiswi Indonesia yang akan kuliah ke luar negeri. Padahal jurusan ilmu aktuaria ini sangat dibutuhkan untuk sektor kehidupan, terutama dalam mengatasi resiko keuangan di masa depan untuk banyak orang.

kalkulator sebagai perangkat yang utama untuk ilmu aktuaria
Sumber: Pixabay

Apa Itu Kuliah Ilmu Aktuaria di Luar Negeri?

Ilmu aktuaria itu sendiri merupakan ilmu yang mempelajari dan memperhitungkan tentang pengelolaan dan resiko keuangan di masa yang akan datang.

Memilih kuliah di jurusan ilmu aktuaria ini, Anda akan banyak mempelajari bidang matematika, statistik, peluang, hingga ke pemrograman komputer dan keuangan.

Dunia asuransi sebenarnya sangat membutuhkan orang-orang yang ahli di bidang aktuaria, walaupun masalah asuransi terkadang masih belum dianggap penting oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Berbeda dengan di luar negeri, sebut saja negara-negara maju seperti Amerika dan Australia, bidang asuransi menjadi sangat penting di negara tersebut, sehingga para ahli aktuaria sangat banyak dibutuhkan.

Asuransi berkaitan dengan masalah resiko keuangan di masa depan, yang penting sekali untuk dipikirkan oleh setiap orang.

Dengan kuliah ilmu aktuaria di luar negeri, Anda bisa mendapatkan peluang kerja yang baik di bidang aktuaria, dengan pendapatan yang tidak kalah besar dibandingkan dengan pekerjaan lainnya di sektor keuangan.

Apa Alasan Kuliah Ilmu Aktuaria di Luar Negeri?

Seperti telah diulas sebelumnya, bahwa jurusan kuliah ilmu aktuaria ini ternyata masih belum banyak diketahui sebagian besar mahasiswa dan mahasiswi Indonesia, tapi sudah cukup dikenal di luar negeri.

Belajar dalam Mengelola Resiko Keuangan

Jurusan kuliah ilmu aktuaria tentunya akan banyak mempelajari tentang bagaimana para mahasiswa dan mahasiswinya dapat mengelola resiko keuangan di masa yang akan datang. Berbicara soal keuangan, di dalamnya sudah pasti terdapat ulasan tentang segi matematika, keuangan, peluang hingga ilmu komputer juga.

Mungkin, bagi sebagian orang, jurusan ini akan tampak sulit karena berhubungan dengan mata kuliah hitungan. Namun, Anda yang memang suka matematika akan suka dengan aktuaria.

Lulusanya Masih Terbatas

Mengingat kondisi perusahaan Asuransi dan sejenis yang kini banyak berkembang di Indonesia, akan menjadi peluang yang cukup besar untuk para lulusan ilmu aktuaria dar luar negeri.

Lapangan pekerjaan tentunya akan lebih terbuka luas, untuk posisi terbaik dan pendapatan yang tinggi.

Selain itu, lulusan aktuaria dari luar negeri tentunya memiliki kompetensi yang lebih baik dibandingkan lulusan dari dalam negeri.

Pekerjaan yang Menantang

Pekerjaan untuk seorang aktuaria dalam perusahaan Asuransi maupun perusahaan sejenis lainya juga tidak akan merasa bosan ketika bekerja.

Hal ini dikarenakan jenis pekerjaan yang menantang dan setiap hari menghadapi kasus yang berbeda-beda.

Menggunakan metode statistic dan matematika sudah menjadi hal biasa. Tidak hanya itu, ilmu ekonomi, keuangan, hingga manajemen resiko juga harus dikuasai.

Memicu Untuk Berpikir Kritis dan Kreatif

Ketika menyelesaikan masalah dalam pekerjaannya, seorang aktuaria tentunya membutuhkan informasi yang konkrit untuk menyelesaikan masalah.

Dengan begitu, Anda akan dituntut untuk berfikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan masalah yang ada.

Masalah setiap klien biasanya akan berbeda-beda, namun dengan profesionalisme yang tinggi dari seorang aktuaria harus bisa menyelesaikanya dengan kritis dan kreatif.

Seperti Apa Karakter yang Cocok Untuk Kuliah Ilmu Aktuaria ?

Memilih jurusan kuliah, baik di dalam negeri maupun di luar negeri sebaiknya harus disesuaikan dengan karakter pribadi dari calon mahasiswa dan mahasiswi baru.

Tujuannya, agar saat menjalani kuliah, Anda bisa lebih fokus pada mata kuliah yang harus diselesaikan, serta dapat lulus dalam waktu yang cepat.

Lalu seperti apa karakter yang cocok untuk kuliah di jurusan ilmu aktuaria? Seperti berikut :

  • Harus teliti

  • Harus tekun

  • Berfikir rasional

  • Suka dengan analisis

  • Berfikir terstruktur

  • Senang melakukan riset

  • Berfikir kritis

  • Suka dengan angka dan hitungan

  • Suka untuk memecahkan masalah

Bagaimana Persyaratan Kuliah Ilmu Aktuaria di Luar Negeri?

Persyaratan kuliah di luar negeri adalah hal penting yang harus dipersiapkan oleh para calon mahasiswa dan mahasiswi yang akan kuliah di jurusan ilmu aktuaria.

Beberapa persyaratan khusus dari tiap Negara dan universitas yang dipilih, mungkin akan berbeda.

Namun, secara garis besar, persyaratan untuk program kuliah sarjana (S1) serta program pasca sarjana (S2) memiliki persamaan dalam skor minimal untuk tes bahasa inggris.

Adapun persyaratan kuliah secara umum sebagai berikut:

Program Sarjana (S1)

  • Memiliki nilai kualifikasi internasional seperti A Level atau international baccalaureate diploma, atau bukti sudah menyelesaikan pendidikan di negara asal selama 12 tahun, dengan nilai maksimal untuk pelajaran Matematika, Biologi, Kimia serta fisika

  • Memiliki kemampuan bahasa inggris, dibuktikan dengan sertifikat IELTS dengan skor minimal 6.5 atau skor TOEFL PBT minimal 550 atau 577

  • Membuat statement tentang motivasi untuk kuliah jurusan ilmu aktuaria di luar negeri (syarat ini bisa saja diminta beberapa pihak universitas)

Program Pasca Sarjana (S2)

  • Sudah lulus dari program kuliah sarjana (S1) jurusan ilmu aktuaria , yang sama dengan pilihan program pasca sarjana, dengan nilai maksimal pada mata kuliah seperti matematika.

  • Jika telah lulus dari program kuliah jurusan ilmu aktuaria dalam negeri, maka harus memiliki kualifikasi nilai internasional seperti GMAT dan sebagainya, disesuaikan dengan negara tujuan kuliah

  • Membuat portofolio dengan pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang aktuaria

  • Membuat CV atau personal statement mengenai diri sendiri dan mengapa harus dipertimbangkan untuk kuliah di universitas tertentu dan mengambil jurusan ilmu aktuaria

Apa Saja Prospek Kerja untuk Lulusan Ilmu Aktuaria Luar Negeri?

jurusan aktuaria yang berkaitan erat dengan keuangan
Sumber: Pixabay

Lulusan ilmu aktuaria yang nantinya akan mendapatkan gelar bachelor of science (BSc) untuk program sarjana atau (MSc) untuk gelar magister, sepertinya masih terdengar asing di kalangan lulusan universitas dalam dan luar negeri.

Padahal, kebutuhan akan tenaga kerja di bidang ilmu aktuaria cukup tinggi di masa depan, sehingga prospek kerja yang ditawarkan sangat menjanjikan.

Dilansir dari collegrad berikut ini presentasi lulusan ilmu aktuaria dalam dunia kerja :

Finance and Insurance 70%
Professional, Scientific, and technical services 16%
Management of company and enterprises 7%
Goverment 4%
Self employed workers 1%

Lulusan program kuliah ilmu aktuaria ternyata lebih banyak yang bekerja di bidang keuangan dan asuransi, sesuai dengan tujuan kuliah ilmu aktuaria secara umum.

Apa saja prospek kerja untuk lulusan kuliah ilmu aktuaria di luar negeri, berikut ulasanya:

  • Actuarial associate, bertugas untuk menyediakan data serta melaporkan proyek-proyek tertentu

  • Actuary manager, bertugas untuk mengkoordinasi, memimpin serta mengatur proyek dan para pekerja di bidang asuransi

  • Recruitment analyst, bertugas untuk menganalisis mengenai jasa finansial terbaik

  • Health Insurance actuaries, bertugas untuk menyiapkan long term polis mengenai asuransi kesehatan

  • Life insurance actuaries, bertugas menyiapkan polis asuransi baik untuk individu dan grup serta resiko yang akan dihadapi berdasarkan pertimbangan usia dan jenis kelamin, untuk menentukan ekspektasi lamanya hidup seseorang

  • Property and casuality insurance actuaries, bertugas untuk menyediakan polis asuransi khusus bidang properti

  • Retirement actuaries, bertugas untuk memberikan pengetahuan dan nasihat untuk kondisi masa depan (dalam hal keuangan) untuk para pensiunan

  • Enterprise risk actuaries, bertugas untuk membantu top manajemen pada suatu perusahaan untuk menangani segala resiko dalam bisnis

Selain beberapa bidang pekerjaan tersebut, lulusan ilmu aktuaria luar negeri juga dapat bekerja di sektor lainya yang masih berkaitan dengan keuangan dan resiko masa depan seperti menjadi akuntan, auditor, konsultan keuangan dan lain sebagainya.

Berapa Ekspektasi Pendapatan yang Diterima Pekerja di bidang Aktuaria?

Seperti kita ketahui, bahwa rata-rata pekerja di bidang keuangan umumnya memiliki ekspektasi pendapatan (gaji) yang tinggi dibandingkan jabatan lainya dalam perusahaan.

Begitu juga dengan bidang aktuaria yang menawarkan pekerjaan dengan pendapatan yang cukup tinggi.

Adapun pendapatan rata-rata yang bisa diterima oleh orang yang bekerja di bidang aktuaria bisa dilihat pada tabel di bawah ini:

Profesi Pendapatan/Gaji Dalam Rupiah
Actuarial associate $ 110.400 per tahun Rp. 129 jutaan per bulan
Actuarial Manager (CIGNA Insurance) $106.419 per tahun Rp. 124 jutaan per bulan
Health Insurance actuaries $ 94.461 per tahun Rp. 110 jutaan per bulan
Retirement actuaries $ 86. 206 per tahun Rp. 101 jutaan per bulan
Enterprise risk actuaries (Sun Trust Company) $ 72.000 per tahun Rp. 84 jutaan per bulan

* Kurs Rupiah 2019

Apa Saja Universitas Terbaik untuk Kuliah Ilmu Aktuaria ?

universitas yang terbaik untuk jurusan ilmu aktuaria

Jika Anda sudah memiliki rencana untuk kuliah di luar negeri dan memilih jurusan ilmu aktuaria, sebaiknya Anda sudah mencari tahu mengenai beberapa universitas terbaik untuk kuliah ilmu aktuaria di negara yang dituju.

Memilih universitas terbaik tentunya akan berdampak pada masa depan Anda kelak. Dilansir dari scholarship-positions berikut ini beberapa universitas terbaik untuk program kuliah sarjana (S1) dan magister (S2) ilmu aktuaria :

  1. Purdue university, Amerika Serikat

  2. Ohio state university, Amerika Serikat

  3. Columbia University, Amerika Serikat

  4. Heriot Watt University, United Kingdom

  5. UNSW Australian School of Business, Australia

  6. The University of Hongkong, Hongkong

  7. New York University, New York

  8. Nanyang Business School, Singapore

  9. Sunway University, Malaysia

  10. The Australian National University, Australia

Berapa Biaya Kuliah Ilmu Aktuaria di Luar Negeri?

Kuliah di luar negeri tentunya tidak terlepas dari masalah biaya kuliah yang harus dipenuhi oleh para mahasiswa dan mahasiswi Indonesia serta mancanegara, agar program kuliah yang dijalankan bisa selesai tepat waktu.

Lalu berapa biaya kuliah ilmu aktuaria di luar negeri, berikut ini rata-rata biaya kuliah di beberapa universitas luar negeri:

Universitas Biaya Kuliah Biaya Kuliah dalam Rupiah
Ohio State University (Amerika Serikat) $ 43.156 per tahun Rp. 638 jutaan per tahun
Columbia University (Amerika Serikat) $ 496 per term Rp. 7.3 jutaan per term
Monash University (Australia) $ 43.400 per tahun Rp. 642 jutaan per tahun
Nanyang University (Singapura) $ 19.700 per tahun Rp. 291 jutaan per tahun

*Kurs Rupiah per awal 2019

Negara Apa Saja yang Dipilih Untuk Kuliah Ilmu Aktuaria di Luar Negeri?

Negara tujuan yang banyak dipilih mayoritas siswa dari Indonesia dan dari mancanegara untuk kuliah jurusan ilmu aktuaria di luar negeri, sebagai berikut:

Amerika Serikat

Negara Amerika Serikat atau USA menjadi salah satu tujuan negara favorit untuk kuliah ilmu aktuaria. Beberapa universitas terbaik di sana seperti Columbia university, University of Pennsylvania adalah beberapa rekomendasi terbaik.

Irlandia

Jaminan kualitas pendidikan di Irlandia sudah tidak diragukan lagi dengan adanya sertifikasi yang perlu diterbitkan oleh QQI, sebagai lembaga yang memastikan standar pendidikan masing-masing universitasnya.

Australia

Sudah bukan hal yang baru menjadikan Australia sebagai tujuan negara untuk kuliah di luar negeri. Beberapa universitas terbaiknya seperti Monash University bisa Anda pilih untuk mengambil program kuliah ilmu aktuaria.

Singapura

Bagi yang ingin kuliah di kawasan Asia yang masih dekat dengan Indonesia, Singapura bisa menjadi pilihan. Universitas Nanyang adalah salah satunya yang menawarkan program sarjana (S1) serta Magister (S2) untuk kuliah ilmu aktuaria.

Malaysia

Tak hanya karena kedekatannya, Malaysia juga memiliki jaminan kualitas pendidikan dari pemerintahnya. Selain itu, tak sedikit universitas barat yang membuka cabang di Malaysia atau bekerjasama dengan universitas lokalnya, membolehkan anda untuk mendapatkan dua gelar pada akhirnya.


Bagaimana, Anda sudah siap untuk kuliah di jurusan ilmu aktuaria? Jika Anda membutuhkan informasi lebih detail tentang kuliah ilmu aktuaria di luar negeri, silahkan hubungi tim Easyuni!

You might be interested in...