Mudik naik mobil? Macet? Siapa takut!

Berikut ini beberapa tips buat kamu yang mau mudik menggunakan jalur darat.

Tips Menggunakan Jalur Darat.

tips mudik

Sumber: www.toyota.astra.co.id

1. Periksa kondisi kendaraan.

Sebelum melakukan perjalanan, kamu disarankan untuk memeriksa kondisi kendaraan kamu, seperti mengecek kondisi ban, oli, aki, air radiator, dll. Untuk memastikan kondisi mesin dalam kondisi yang baik, kamu juga bisa melakukan servis kendaraan di dealer terdekat.

2. Gunakan jalur alternatif dan aktifkan GPS.

Cobalah cari informasi terkini tentang jalur-jalur yang terkena macet dan cobalah cari apakah ada jalur alternatif yang bisa di gunakan. Gunakan aplikasi penunjuk jalan yang akurat seperti Google Maps atau Waze.

3. Istirahat yang cukup.

Perjalanan yang jauh tentu membuat para pengemudi letih saat menyetir, oleh karena itu istirahat yang cukup sangat penting loh. Bagi yang berpuasa, jangan lupa makan yang cukup saat sahur dan berbuka puasa.

4. Sediakan makanan dan minuman.

Karena kondisi jalan dan macet yang tidak bisa diprediksi, sebaiknya kamu sediakan makanan dan minuman yang cukup untuk mengatasi kelaparan. Buat yang berpuasa, ini juga dianjurkan karena mungkin kamu akan terjebak macet dan tidak bisa berbuka di tempat makan, jadi kamu bisa berbuka saat perjalanan.

5. Aksesori smartphone/gadget.

Powerbank, Charger mobil, dan Earphone adalah hal yang penting untuk membuat perjalanan mudik kamu lebih menyenangkan. Siapkan playlist lagu favorit kamu saat perjalanan dan siapkan beberapa permainan offline yang bisa di mainkan di dalam mobil.

6. Mengatasi mabuk perjalanan.

Pilihlah tempat duduk yang sesuai apalagi kalau kamu menggunakan kapal, pilihlah kabin bagian tengah karena goyangan di bagian tengah tidak terlalu terasa. Apabila kamu merasa mual, minumlah jahe hangat atau buah jeruk karena aroma nya yang segar.

 

Diposting pada 09 Okt 2017
Kehidupan Mahasiswa, Tips & saran

Bagikan ini