Institusi telah disimpan didalam daftar anda

Universitas Sriwijaya

Sumatera Selatan, Sumatera Selatan, Indonesia
Pengaturan Informasi tidak terdapat
Biayah Hidup Informasi tidak terdapat
populasi murid Informasi tidak terdapat
murid internasional Informasi tidak tersedia
Tipe institusi Negeri

tentang Universitas Sriwijaya

Salah satu tujuan pendidikan tinggi adalah menghasilkan lulusan yang dapat melaksanakan pembangunan sesuai dengan kebutuhan pembangunan Nasional. Karena kebutuhan pembangunan nasional bukanlah sesuatu yang statis, artinya akan selalu berubah sesuai dengan perubahan situasi regional maupun global, maka perguruan tinggi dituntut pula untuk senantiasa berubah dan menyesuaikan diri dengan perubahan kebutuhan dan pembangunan, disamping menyesuaikan diri terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan informasi dunia.

Visi Universitas Sriwijaya pada tahun 2020 adalah "Universitas Sriwijaya pada dasawarsa kedua abad ke-21 merupakan perguruan tinggi termuka di Indonesia yang berbasis riset, memiliki keunggulan di berbagai cabang ilmu, khususnya di bidang pengembangan sumber daya alam, untuk menghasilkan manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkualitas, berakhlak tinggi, berbudaya, bersemangat ilmiah, dan menguasai serta mampu mempergunakan ilmu pengetahuan, teknologi, informasi, dan kesenian untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia".

Catatan: Silahkan hubungi universitas untuk informasi lebih detail

Informasi Kampus

Universitas Sriwijaya memiliki dua buah kampus yaitu di Inderalaya (Ogan Ilir) dan di Bukit Besar (Palembang). Kampus Bukit Besar Palembang luasnya 32,5 hektar, dimanfaatkan untuk kegiatan akademik S0, S2 dan S3, juga diperuntukan bagi Program Ekstension S1 dan Program Pascasarjana. 

Kampus Utama Inderalaya dengan luas 712 hektar terletak 38 kilometer ke arah selatan kota Palembang, merupakan Pusat Kegiatan Pendidikan untuk jenjang Sarjana (S1). Di kampus Inderalaya juga terdapat Kantor Pusat Administrasi (KPA), Perpustakaan Pusat, Lembaga Bahasa, Lembaga Penelitian, Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat, Pusat Komputer, Pusat Kegiatan Mahasiswa, Pusat Kesehatan Komunitas, Klinik Kesehatan, dan Stasiun Pemadam Kebakaran Universitas.

Unsri juga mempunyai Kebun Percobaan seluas 50 hektar di daerah Gelumbang (62 kilometer di selatan Palembang), Unsri juga memiliki Kampus Fakultas Kedokteran di Kompleks Rumah Sakit Mohammad Hoesin Palembang, dan Kampus Pascasarjana di jalan Padang Salasa Bukit Besar Palembang.

Unsri memiliki 10 fakultas diantaranya:

  1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  2. Fakultas Hukum
  3. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  4. Fakultas Ekonomi
  5. Fakultas Pertanian
  6. Fakultas Teknik
  7. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  8. Fakultas Ilmu Komputer
  9. Fakultas Ilmu Kesehatan
  10. Fakultas Kedokteran

Kota Palembang adalah ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Setelah Medan, Palembang adalah kota terbesar kedua di pulau  Kota Palembang dihuni 1,7 juta orang yang Diprediksikan pada tahun 2030 mendatang Kota ini akan dihuni 2,5 Juta orang.

Sejarah Palembang yang pernah menjadi ibu kota kerajaan bahari Buddha terbesar di Asia Tenggara. Kerajaan Sriwijaya yang pernah mendominasi Nusantara dan Semenanjung Malaysia juga membuat kota ini dikenal dengan julukan "Bumi Sriwijaya". Berdasarkan prasasti Kedudukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang sebelah barat Kota Palembang yang menyatakan pembentukan sebuah wanua yang ditafsirkan sebagai kota pada tanggal 17 Juni 688 Masehi menjadikan kota Palembang sebagai kota tertua di Indonesia. Kota Palembang juga dijuluki Venice of the East

Akomodasi

Universitas Sriwijaya menyediakan bus khusus mahasiswa (milik UNSRI) untuk transportasi dari kampus Bukit Besar ke Indralaya dengan membayar biaya transportasi sesuai aturan yang ditetapkan oleh Dinas Perhubungan sebesar Rp.5.000,-. Selain itu transportasi dari Palembang ke kampus Indralaya juga dilayani oleh Bus Umum Khusus Mahasiswa dan kereta api dari stasiun Kertapati. Mahasiswa dianjurkan untuk mencari pemondokan di Indralaya karena tingginya frekuensi lalulintas jalan Palembang Indralaya mengakibatkan lama tempuh sekitar 1 jam. Pemondokan mahasiswa dilayani melalui Asrama RUSUNAWA dalam kampus Indralaya ataupun melalui pemondokan yang disediakan oleh umum disekitar kampus. Transportasi di dalam dan keluar kampus dilayani dengan Angkutan Pedesaan. Fasilitas lain yang tersedia bagi mahasiswa adalah Pusat Kegiatan Mahasiswa (Student Center), Lapangan olahraga, Perpustakaan, dan fasilitas hot-spot internet dengan kecepatan 45 MBps tersedia pada hampir 80% kampus. 

Pada saat ini UNSRI memberikan 6670 beasiswa bagi mahasiswa baik beasiswa penuh seperti Program BIDIK MISI dan Program Full-Pledge untuk mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi (dapat uang saku dan bebas biaya kuliah dan lain-lain) maupun berbagai beasiswa prestasi dan non-prestasi. 

Berbagai prestasi telah ditorehkan oleh Dosen maupun mahasiswa dan karyawan serta alumni. Pada saat ini UNSRI telah mempunyai 10 (sepuluh) buah paten yang granted dan 20 paten yang masih dalam proses pemeriksaan substantif. Selain pendanaan dari DIKTI dan RISTEK berbagai penelitian juga mendapat pendanaan dari perusahaan dan instansi lain seperti: Toray Foundation, PT. Freeport Indonesia, PT Indofood, Pemda se-Sumsel, BATAN, PT PLN, PT Pertamina, PT. Conoco Philips, PT Bukit Asam, PT Agro Subur Mandiri, PT Semen Baturaja, dan lain-lain.

Foto

Jurusan yang tersedia 10

Accounting and Finance 2 Applied and Pure Sciences 3 Business and Management 1 Engineering 3 Law 1

kontak

Ulasan 0

Belum ada yang menulis ulasan disini.
Jadilah yang pertama!

Bagikan ini