Kuliah Jurusan Matematika di Luar Negeri

Baca informasi lengkap mengenai jurusan Matematika dari info perkuliahan hingga prospek kerjanya
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

s1 jurusan matematika

Perkenalan
Apa itu jurusan Matematika?
Alasan kuliah jurusan Matematika
Yang dipelajari dalam jurusan Matematika
Spesialisasi dalam jurusan Matematika
Karakter yang cocok untuk jurusan Matematika
Universitas terbaik di dunia jurusan Matematika
Prospek kerja dan gaji lulusan Matematika
Durasi kuliah jurusan Matematika
Persyaratan masuk universitas untuk jurusan Matematika
Biaya kuliah jurusan Matematika
FAQ atau Pertanyaan Umum

 

Matematika dikenal sebagai ibu dari semua ilmu sains eksak. Banyak yang beranggapan bahwa matematika mempelajari cara berhitung, namun sesungguhnya matematika adalah ilmu mengenai cara membaca pola.

Jika anda hendak menempuh perkuliahan pada jurusan matematika, banyak universitas dan perguruan tinggi di luar negeri yang dapat dijadikan pilihan. Banyak pilihan perguruan tinggi di luar negeri yang dapat anda jadikan tujuan untuk kuliah di jurusan matematika, di antaranya Amerika Serikat, Inggris, atau Singapura.

Lulusan jurusan matematika dari luar negeri akan memiliki keahlian yang cukup untuk dapat berkarir dalam berbagai macam bidang yang cakupannya sangat luas.

Melalui peluang karir di berbagai bidang tersebut, anda akan mendapat banyak keuntungan baik secara personal maupun profesional.  

 

Apa itu Jurusan Matematika?

tentang jurusan matematika kuliah

Buat apa belajar matematika sampai tingkat S1?

Sarjana matematika pada dasarnya melibatkan kombinasi matematika murni dan terapan (pure vs applied mathematics). 

Apa perbedaan matematika murni dan terapan? Matematika murni berisikan teori dan abstrak sementara praktek aplikasi dalam kehidupan nyata akan dipelajari dalam ilmu terapan. 

Beberapa institusi menawarkan kedua jenis matematika ini dalam gelar yang terpisah, sehingga Anda bisa memilih untuk memfokus dalam satu bidang saja. 

Stereotipe yang masih terdapat dalam masyarakat mengenai jurusan matematika tidak sampai di situ saja. Banyak juga yang masih beranggapan bahwa lulusan jurusan Matematika hanya memiliki prospek kerja sebagai guru sekolah atau dosen saja.

Hal ini umumnya membuat murid SMP atau SMA di Indonesia enggan untuk memilih jurusan matematika, melainkan jurusan lain yang lebih bersifat praktikal seperti teknik atau manajemen.

Padahal, banyak bidang pekerjaan yang membutuhkan lulusan dari jurusan matematika. Lulusan dari jurusan matematika terkenal akan kemampuan berpikir analitis, logika, serta kemampuan pemecahan masalah.

Bidang pekerjaan yang banyak membutuhkan lulusan jurusan Matematika di antaranya bidang teknik, teknologi informasi, ekonomi, perbankan, manajerial, serta masih banyak bidang lainnya.

Meskipun lulusan jurusan teknik atau manajemen banyak memiliki keahlian praktikal, lulusan jurusan matematika banyak diandalkan untuk memecahkan masalah yang rumit dan membutuhkan kemampuan berpikir lebih tinggi.

Baca juga jurusan terkait: Semua hal tentang jurusan Ilmu Aktuaria

 

Mengapa Kuliah di Jurusan Matematika?

kenapa kuliah jurusan matematika

Berikut beberapa alasan untuk melanjutkan kuliah jurusan matematika:

1. Potensi Penghasilan yang Sangat Tinggi

Lulusan jurusan matematika akan memiliki banyak kesempatan untuk berkarir di berbagai bidang dengan potensi penghasilan yang sangat tinggi. Bidang-bidang tersebut di antaranya teknik, teknologi informasi, ekonomi, keuangan, manajerial, serta berbagai bidang lainnya.

Dengan menjadi lulusan jurusan matematika, anda dapat berkarir pada satu di antara sekian banyaknya pilihan bidang-bidang tersebut tanpa perlu khawatir akan potensi penghasilan yang akan dapat anda peroleh.

2. Pilihan Sektor Pekerjaan yang Sangat Luas

Tidak hanya akan dapat bekerja di perusahaan swasta, apabila anda menjadi seorang lulusan jurusan matematika, anda akan dapat bekerja di berbagai jenis institusi.

Lulusan dari jurusan matematika dapat banyak ditemui di berbagai institusi pemerintah, perguruan tinggi, maupun lembaga penelitian independen. Apabila anda merasa tidak sesuai untuk menjadi seorang karyawan kelak, anda akan dapat berkarir sebagai akademisi atau peneliti.

3. Mengasah Kemampuan Berpikir Analitis dan Logis

Apabila anda memiliki kemampuan kognitif di atas rata-rata, jurusan matematika mungkin adalah tempat yang tepat bagi anda. Matematika tidak hanya melulu soal berhitung, namun juga mengenai cara mengenali masalah dan menemukan solusinya.

Kemampuan berpikir yang dapat anda asah di jurusan matematika tidak hanya berguna dalam karir profesional anda baik di bidang swasta, pemerintahan, maupun akademis. Anda juga akan menemui banyak kegunaan dari kemampuan berpikir analitis dan logis dalam kehidupan sehari-hari.

4. Kesempatan untuk Menapaki Karir Internasional

Universitas-universitas terbaik di luar negeri telah diakui oleh berbagai akreditor dari berbagai negara maupun internasional.

Lulusan jurusan matematika dari luar negeri telah diakui oleh berbagai perusahaan dan institusi di berbagai bidang dengan jenjang karir internasional.  

Baca juga: 11 Negara Ini Memberi Lulusannya Kesempatan Kerja Setelah Lulus!

 

Apa Saja yang Akan Dipelajari di Jurusan Matematika?

bidang jurusan sarjana matematika

Di jurusan matematika, anda akan mempelajari berbagai hal terkait dengan aspek keilmuan matematika maupun penerapan matematika pada bidang-bidang tertentu. Secara garis besar, terdapat beberapa cabang ilmu dari matematika, di antaranya aljabar, kalkulus, kombinatorika, geometri, serta statistika.

Sebagai contoh, beberapa mata kuliah yang akan anda pelajari di jurusan matematika yang dapat anda temukan di Princeton University di antaranya:

Tahun Pertama

  • Dasar-Dasar Kalkulus
  • Survey Kalkulus
  • Kalkulus
  • Matematika untuk Ekonomi/Ilmu Hayati
  • Pengenalan Teknik

Tahun Kedua hingga Akhir

  • Kalkulus Multivariabel
  • Aljabar Linear
  • Kalkulus Vektor
  • Persamaan dan Pembuktian
  • Honors Analysis
  • Logika Matematika
  • Analisis Real
  • Pemodelan Matematika
  • Analisis Kompleks
  • Matematika Kombinatorial
  • Sistem Probabilitas dan Stokastik
  • Persamaan Diferensial
  • Geometri
  • Proses Acak
  • Kriptografi

 

Apa Saja Spesialisasi Jurusan Matematika & Statistika?

dosen matematika terganteng di dunia

Sama seperti bidang ilmu lainnya, jurusan matematika & statistika juga memiliki spesialisasi atau fokus keahlian yang biasanya dipelajari di tahun kedua yang bisa disesuaikan dengan tujuan karir setelah lulus nantinya.

Bidang spesialisasi untuk jurusan matematika sangat beragam, dan bisa berbeda dari satu universitas dan universitas lainnya. Namun, secara umum berikut fokus keahlian jurusan matematika yang bisa Anda pilih saat kuliah di jurusan ini adalah sebagai berikut:

1. Complex Analysis

Spesialisasi ini melibatkan investigasi bilangan kompleks, yaitu bilangan yang dapat diekspresikan dalam kemungkinan kombinasi bilangan real dan imajiner. Analisis kompleks ini berguna dalam berbagai cabang matematika, termasuk di dalamnya geometri aljabar, matematika terapan dan teori bilangan.

Anda akan mempelajari tentang fungsi analitik dari berbagai variabel kompleks, fungsi kompleks dan diferensiasi fungsi kompleks, bagaimana berbagai variabel kompleks dapat diterapkan ke dunia nyata.

2. Discrete Mathematics

Spesialisasi ini melibatkan struktur matematika yang secara fundamental bersifat diskrit.

Topik yang dipelajari di dalamnya termasuk bilangan bulat , grafik, set, bilangan kromatik dan logika matematika. Matematika diskrit biasanya melibatkan pemeriksaan keterkaitan antara probabilitas dan kombinatorik, kompleksitas algoritma, cara menggunakan pemikiran algoritma dalam penyelesaian masalah, notasi asimptotik serta kalkulus dan partisi.

3. Mekanika

Spesialisasi ini berpusat pada studi kekuatan yang mempengaruhi benda dan hasil dari gerakan yang dialami. Studi lanjutan tentang meliputi mekanika kuantum dan relativitas yang mempelajari topik-topik seperti elektromagnetisme, persamaan Schrödinger, persamaan Klein-Gordon, aljabar matriks gamma dan transformasi ekivalen.

Anda juga akan mempelajari mekanika statistik yang mempelajari topik-topik seperti inferensi, fluktuasi, sistem keseimbangan, model transportasi dan sebagainya.

4. Measure Theory

Spesialisasi teori ukuran ini banyak digunakan di bidang lain dalam ilmu matematika, seperti geometri, teori probabilitas, sistem dinamis dan analisis fungsional.

Dalam spesialisasi ini Anda akan mempelajari topik-topik seperti definisi ruang terukur, langkah-langkah pengukuran, integral terhadap ukuran, ukuran Lebesgue-Stieltjes dan Lebesgue serta masih banyak lainnya.

5. Fractal Geometry

Dalam spesialisasi ini Anda akan mempelajari mengenai fraktal yang merupakan bentuk geometris yang menampilkan pola yang sama pada semua skala pembesaran yang membuatnya terlihat sama jika dilihat dari dekat maupun jauh.

Di spesialisasi ini Anda akan berkutat pada Cantor set, Mandelbrot set dan Koch snowflake.

6. Fluid Dynamics

Spesialisasi ini sangat pas bagi Anda yang memiliki ketertarikan pada bidang teknik dan kedirgantaraan. Dinamika fluida akan membalas tentang fenomena fluida dalam berbagai skala dari sudut matematika.

Anda akan mempelajari topik-topik seperti persamaan diferensial biasa dan parsial, mekanika dasar dan kalkulus multivariabel, mengatur persamaan, vortisitas dan masih banyak lainnya.

 

Bagaimana Karakter yang Sesuai untuk Kuliah di Jurusan Matematika?

keterampilan yang diperlukan jurusan matematika

Berikut adalah karakteristik ideal mahasiswa jurusan matematika:

1. Menyukai Matematika

Jika anda menyukai mata pelajaran matematika selama SD, SMP, dan SMA, maka anda akan nyaman menempuh perkuliahan di jurusan matematika.  

Tidak hanya menuntut anda untuk lihai dalam berhitung, inti dari keilmuan matematika yang sebenarnya adalah mampu memodelkan peristiwa yang terjadi di sekitar kita dalam bentuk matematis. Untuk itu, kemampuan matematika yang anda peroleh selama sekolah akan berkembang sangat pesat.

2. Kreatif

Kreativitas dalam bidang matematika diukur dalam beberapa aspek. Dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika, mahasiswa matematika yang baik dituntut untuk dapat menghasilkan penyelesaian yang unik, bervariasi, serta mampu menjelaskan hasil tersebut dengan jelas, baik secara matematis maupun verbal. 

Untuk memenuhi hal tersebut tidak hanya dibutuhkan kemampuan numerik dan analitis saja. Mahasiswa matematika yang baik juga membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik atau cara menyampaikan gagasan dengan jelas.

3. Memiliki Kemampuan Khusus untuk Menyelesaikan Masalah

Berbeda dengan perkuliahan di bidang eksak lainnya, permasalahan di bidang matematika mungkin akan memiliki solusi lebih dari satu. Anda mungkin merasa sudah menemukan solusi dari suatu soal, namun bagaimana jika soal tersebut memiliki jawaban lain yang juga benar?

Perkuliahan di jurusan matematika akan melatih anda untuk melakukan pendekatan terhadap suatu masalah melalui berbagai cara dan dalam prosesnya, anda mungkin akan menemukan lebih dari satu solusi untuk satu masalah.

4. Mampu Memahami Konsep yang Rumit

Kebanyakan konsep dalam keilmuan matematika tidak mudah untuk dipahami. Untuk memahami konsep yang rumit tersebut, dibutuhkan kemampuan serta wawasan yang luas.

Salah satu cara paling mudah untuk memahami suatu konsep yang rumit adalah melalui contoh atau studi kasus. Apabila anda senang banyak membaca tentang berbagai hal, anda mungkin memiliki kemampuan untuk memahami konsep yang rumit melalui contoh-contoh yang pernah anda baca.

Jika anda merasa memiliki seluruh karakter yang disebutkan di atas, anda adalah orang yang tepat untuk menjalani perkuliahan di jurusan matematika.

Anda memiliki potensi untuk dapat diterima oleh jurusan matematika serta dapat lulus dengan hasil yang memuaskan.

 

Universitas Terbaik Mana Saja di Luar Negeri yang Menawarkan Jurusan Matematika?

mit universitas terbaik jurusan matematika dan sains

Banyak universitas dan akademi yang dapat anda pilih di luar negeri jika hendak kuliah di jurusan matematika.

Berikut daftar beberapa universitas terbaik di luar negeri di bidang matematika menurut QS Universities:

Universitas

Lokasi

Peringkat Dunia
Per-jurusan

Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Amerika Serikat

1

Harvard University

Amerika Serikat

2

Stanford University

Amerika Serikat

3

University of Oxford

Inggris

4

University of Cambridge

Inggris

5

Princeton University

Amerika Serikat

6

University of California, Berkeley

Amerika Serikat

7

ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology

Swiss

8

University of California, Los Angeles

Amerika Serikat

9

Imperial College London

Inggris

10

Beberapa negara favorit di dunia lainnya yang secara umum menjadi negara tujuan untuk melanjutkan kuliah pada jurusan matematika di antaranya:

1.   Singapura

2.   Jepang

3.   Kanada

4.   Australia

5.   China

6.   Hong Kong

7.   Perancis

8.   Rusia

9.   Jerman

10.   Selandia Baru

 

Bagaimana Prospek Kerja dan Gaji Jurusan Matematika?

Prospek karir lulusan jurusan matematika terletak di berbagai bidang.

Apabila anda mengambil jurusan matematika murni, prospek karir anda terletak di bidang akademis atau penelitian.

Sedangkan jika anda mengambil jurusan matematika terapan, kemungkinan bidang yang terkait dengan prospek karir anda sangatlah luas.

Beberapa prospek karir yang dimungkinkan bagi lulusan jurusan matematika di antaranya:

Gaji yang dapat anda peroleh sebagai lulusan jurusan matematika di luar negeri umumnya sangat tinggi, bergantung pada bidang pekerjaannya.

Sebagai contoh, berikut merupakan bidang pekerjaan yang umum ditempuh oleh lulusan jurusan matematika di Amerika Serikat beserta kisaran gajinya menurut PayScale:

Pekerjaan

Kisaran Gaji

Aktuaris

51,000 - 146,000 USD per tahun

Analis keuangan

45,000 - 80,000 USD per tahun

Analis data

42,000 - 84,000 USD per tahun

Programmer perangkat lunak

59,000 - 132,000 USD per tahun

Analis riset operasi

40,000 - 76,000 USD per tahun

Guru sekolah

32,000 - 69,000 USD per tahun

Dosen

36,000 - 80,000 USD per tahun

 

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Kuliah di Jurusan Matematika?

Pada umumnya, waktu yang akan anda perlukan untuk kuliah di jurusan teknik di luar negeri ditentukan oleh jenjang kuliah yang anda ambil.

Foundation

1 tahun

Sarjana (S1)

3-4 tahun

Magister (S2)

1-2 tahun

 

Bagaimana Persyaratan untuk Dapat Diterima di Jurusan Matematika?

Masing-masing universitas di bidang matematika di dunia memiliki persyaratan yang berbeda-beda untuk dapat menerima mahasiswa baru di jurusan matematika.

Persyaratan ini bergantung kepada kebijakan masing-masing universitas yang terdapat di berbagai negara di dunia.

Sarjana (S1)

Ujian Nasional

Lulus (jurusan IPA)

IELTS

Minimal 6.0 - 6.5 (overall band)

TOEFL

Minimal 550 (paper based) atau 80 (internet based)

Magister (S2)

Ijazah S1

IPK minimum 2.5 - 3.0

IELTS

Minimal 6.5 - 7.0 (overall band)

TOEFL

Minimal 575 (paper based) atau 85 (internet based)

 

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Kuliah Jurusan Matematika di Luar Negeri?

Biaya kuliah di luar negeri bervariasi, bergantung pada negara, universitas, dan jurusan yang dipilih. Sebagai contoh, perkiraan biaya kuliah rata-rata per tahun untuk jurusan matematika di beberapa universitas terbaik di Amerika Serikat di antaranya sebagai berikut:

Massachusetts Institute of Technology (MIT)

USD 53,450

Stanford University

USD 52,450

Harvard University

USD 67,580

Princeton University

USD 73,450

University of California, Berkeley (UCB)

USD 47,293

Biaya tersebut umumnya hanya merupakan biaya kuliah dan tidak termasuk biaya hidup. Biaya hidup yang dibutuhkan untuk kuliah di luar negeri bergantung dari negara dan kota tempat universitas berada.


 

FAQ atau Pertanyaan Umum

1.   Apakah lulusan jurusan matematika hanya memiliki prospek kerja sebagai guru atau dosen?

Tidak! Faktanya, banyak lulusan jurusan matematika, bahkan di Indonesia sekalipun, yang bekerja di berbagai bidang. Bidang-bidang tersebut di antaranya industri, keuangan, energi, konsultasi teknik dan rekayasa, penerbangan, dan masih banyak lagi.

Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan matematika sebagai analis data maupun staf manajerial.

Hal tersebut tentunya tidak menutup kemungkinan anda untuk dapat menjadi guru, dosen, atau peneliti apabila anda berkeinginan untuk menempuh karir di bidang akademik atau riset.

2.   Jika saya berminat bekerja di perusahaan swasta, apakah mengambil jurusan teknik, manajemen atau ekonomi lebih baik dibandingkan jurusan matematika?

Masing-masing jurusan memiliki kekurangan dan kelemahannya sendiri-sendiri. Lulusan jurusan manajemen atau ekonomi tentu akan memiliki keahlian lebih di bidang manajerial atau analisis keuangan dan ekonomi, sementara lulusan jurusan teknik memiliki kekhususan di bidang teknologi dan rekayasa sesuai bidang keteknikan yang diambil.

Akan tetapi, banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan jurusan matematika untuk memperkuat analisis data atau membuat model matematika yang berguna untuk menjelaskan lebih detil mengenai suatu masalah atau peramalan (forecasting). Dalam hal ini lulusan jurusan matematika umumnya lebih unggul.

Jika anda masih bingung untuk menentukan jurusan yang tepat bagi anda apabila anda berminat untuk berkarir di perusahaan swasta, sebaiknya pilih jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan anda.

Anda juga dapat menghubungi EasyUni untuk dapat berkonsultasi mengenai jurusan apa yang sebaiknya anda pilih.

3.   Bagaimana menyiapkan diri saya untuk kuliah di jurusan matematika?

Dalam perkuliahan di jurusan matematika, anda akan banyak menemukan persoalan-persoalan yang terkait dengan pemahaman konsep dan teori matematika maupun terkait dengan penerapan matematika.

Anda dapat menyiapkan diri anda dari sekarang dengan banyak berlatih soal-soal matematika. Tidak hanya soal terkait perhitungan, namun juga soal pemecahan masalah.

Anda juga dapat memperluas wawasan melalui buku atau artikel-artikel dan bacaan-bacaan di internet mengenai isu-isu ekonomi, industri, maupun teknologi informasi. Anda akan membutuhkan wawasan yang luas apabila anda berminat mengambil jurusan matematika terapan.

4.   Bagaimana cara memilih kampus yang baik untuk kuliah di jurusan matematika?

Anda sebaiknya memilih kampus yang anda rasa cocok dengan diri anda. Beberapa faktor yang dapat anda pertimbangkan di antaranya lingkungan kampus, lokasinya, dan harganya.

Anda mungkin dapat mempertimbangkan banyak jurusan matematika di luar negeri yang tidak termasuk dalam top 10.

Berbagai informasi mengenai jurusan matematika di luar negeri dapat anda peroleh secara bebas di internet. Anda juga dapat menghubungi EasyUni untuk dapat berkonsultasi mengenai jurusan matematika di luar negeri yang sesuai bagi anda.

Jika anda sudah membulatkan tekad untuk melanjutkan kuliah pada jurusan matematika di luar negeri, anda dapat langsung menyiapkan dokumen dan persyaratan untuk proses pendaftaran mulai dari sekarang.

Anda dapat mendaftar melalui portal online masing-masing universitas atau melalui jasa konsultasi pendidikan seperti EasyUni!

 

You might be interested in...