Kuliah Jurusan Hubungan Internasional di Amerika

Informasi lengkap seputar kuliah hubungan internasional alasan kuliah persyaratan masuk serta biaya kuliah
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

bidang dan jurusan hubungan internasional

Perkenalan
Apa itu jurusan Hubungan Internasional?
Alasan kuliah jurusan Hubungan Internasional
Karakter yang cocok jurusan Hubungan Internasional
Yang dipelajari dalam jurusan Hubungan Internasional
Persyaratan masuk universitas Amerika
Universitas terbaik di Amerika jurusan Hubungan Internasional
Prospek kerja lulusan Hubungan Internasional
Prospek gaji lulusan Hubungan Internasional
FAQ atau Pertanyaan Umum

 

Tertarik untuk mempelajari tentang berbagai budaya dan masyarakat dari seluruh dunia, mempelajari kondisi ekonomi, sejarah dan politiknya, serta bekerja di luar negeri? Kuliah hubungan internasional bisa mengantarkan Anda kepada tujuan tersebut.

 

Apa Itu Kuliah Jurusan Hubungan Internasional? 

penjelasan tentang jurusan hubungan internasional

Hubungan Internasional merupakan cabang studi yang cocok untuk Anda, yang ingin berkarir di bidang politik atau pemerintahan.

Kuliah jurusan hubungan internasional di luar negeri, dapat mengajarkan Anda bagaimana cara bekerja dengan berbagai budaya, orang, hingga entitas dengan latar belakang akademik yang berbeda.

Mahasiswa dan mahasiswi jurusan hubungan internasional umumnya berasal dari berbagai belahan dunia. 

Hal itu menarik, karena dalam jurusan ini, mereka akan belajar perbedaan dari keseluruhan budaya mereka. Mulai dari mempelajari tentang Konflik, Revolusi, Perkembangan ekonomi, hingga hak asasi manusia.

Di Jurusan hubungan internasional, para mahasiswi dan mahasiswa harus mengembangkan perspektif dalam multidisiplin mengenai isu-isu regional dan global.

Beberapa mata kuliah seperti Sejarah, Ilmu Politik, Ekonomi dan memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi fenomena seperti gerakan protes sosial, Globalisasi, Revolusi, Otoritarianisme, Demokrasi hingga perang dan perdamaian.

Kuliah hubungan internasional memiliki topik utama dalam bidang ekonomi, politik dan hukum global.  Lebih spesifik lagi, jurusan ini memberikan pemahaman kontemporer dan historis mengenai Budaya, Masyarakat, Bahasa hingga Sistem pemerintahan dan Hubungan antar Negara.

Mempelajari tentang hubungan internasional, bukan hanya tentang kuliah teori di kelas. Jurusan ini juga memiliki kuliah lapangan dengan lokasi terkait dengan mata kuliahnya sendiri. 

Kuliah di jurusan hubungan internasional di Amerika, dapat membuka peluang karir yang luas untuk para lulusannya. Kualitas pendidikan di Amerika juga tentunya tidak perlu diragukan lagi.

 

Apa Alasan Kuliah Jurusan Hubungan Internasional di Amerika?

Jurusan hubungan internasional cukup diminati sebagian besar mahasiswa dan mahasiswi dari mancanegara, karena kuliah ini memang menawarkan karir yang menjanjikan di masa depan.

Meskipun terkesan sulit, kuliah hubungan internasional sebenarnya lebih membuka wawasan kita tentang bidang penting dalam aspek kenegaraan seperti politik, ekonomi dan hukum.

Selain itu, ada beberapa alasan lainnya yang membuat para mahasiswi dan mahasiswa ingin kuliah jurusan hubungan internasional di luar negeri, khususnya di Amerika. Berikut ulasannya:

1. Mendukung Siswa dan Siswi Internasional

Siswa internasional akan disambut baik oleh pemerintah USA. Mereka akan disambut untuk mengejar pendidikan tinggi di USA. Siswa internasional juga akan belajar tentang pengoranisasian, program orientasi, hingga bantuan menulis akademis. Sehingga, para siswanya nanti diharapkan dapat meneruskan cita-citanya sesuai dengan background pendidikannya, saat lulus nanti.

2. Pendidikan Global

Pendidikan di Amerika, baik dari segi akademis hingga profil lulusan universitas di Amerika memiliki reputasi yang sangat positif di dunia internasional. Sasaran karir jangka panjang untuk para lulusannya sangat jelas. Kuliah praktik yang dilakukan juga mampu meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan lintas budaya, yang tentunya akan dihargai oleh hampir seluruh dunia.

Baca juga: Apa keuntungan kuliah di Amerika Serikat?

3. Mempelajari Lebih dari Sekedar Politik

Meraih gelar dari jurusan hubungan internasional, Anda akan menjadi lulusan yang profesional untuk berkarir di bidang politik. Meskipun begitu, jalur karir Anda sebenarnya tidak fokus hanya untuk politik. Para lulusan juga bisa bekerja di industri, bisnis internasional, badan intelijen, badan keamanan nasional, hingga menjadi aktivis dalam pekerjaan sosial.

4. Anda Bisa Memberikan Dampak Positif

Banyak orang yang kuliah di jurusan hubungan internasional di luar negeri, karena memiliki motivasi untuk menjadikan dunia tempat yang lebih baik, terlepas dari tujuan karir kedepannya. Gelar yang akan diraih nanti, akan membawa mereka untuk bekerja di bidang- bidang tertentu, yang akan membuat mereka bekerja untuk menjadikan sesuatu menjadi lebih baik. Contohnya seperti memberikan bantuan bencana alam dan krisis, mengatasi masalah pangan gizi hingga mengkoordinasikan operasi amal.

5. Bekerja dengan Tim

Studi hubungan internasional selalu tidak terpisahkan dari tim. Dimana saja Anda bekerja, maka Anda akan membangun ikatan Antara organisasi di seluruh dunia. Beberapa contohnya adalah bekerja sama dengan kedutaan, intelijen, militer, perdagangan, pertanian, hukum hingga teknologi di suatu negara.

Baca juga: Siapa saja yang kuliah di Amerika Serikat?

 

Apa Saja Karakter yang Cocok untuk Kuliah Jurusan Hubungan Internasional?

tanda tanda jurusan hubungan internasional cocok buat kamu

Sudah memutuskan untuk kuliah jurusan hubungan internasional  di luar negeri? Belum lengkap jika Anda belum mengetahui karakter pribadi Anda yang memang cocok untuk kuliah hubungan internasional  di luar negeri.

Mengetahui karakter pribadi seperti ini, dapat membuat Anda lebih fokus kuliah dan mengejar karir terbaik untuk masa depan. Berikut ini beberapa karakter yang cocok untuk kuliah hubungan internasional :

1. Anda suka mengamati situasi politik dalam dan luar negeri

Dasar jurusan hubungan internasional adalah ilmu politik. Jika Anda adalah tipe orang yang selalu penasaran dengan isu-isu politik, baik dalam maupun luar negeri, dan Anda juga suka menonton berita seputar partai politik, keputusan politik serta aktor politik itu sendiri, maka Anda cocok untuk untuk kuliah di jurusan ini.

2. Anda suka membaca buku berbasis teori

Jika Anda adalah tipe orang yang suka membaca sejarah, biografi, hingga teori pemikiran, maka kuliah di jurusan hubungan internasional bisa menjadi pilihan. Beberapa teori seperti Teori Diplomasi, Teori Konflik, Komunis, Liberal dan lain sebagainya, akan banyak dibahas di kuliah ini. 

3. Anda suka berinteraksi dengan orang lain

Jika Anda merupakan orang yang suka ngobrol, bergaul dan pintar mempengaruhi orang lain dengan pendapat kamu, maka kuliah di jurusan hubungan internasional di Australia, merupakan pilihan yang tepat.

4. Anda suka berbicara di depan umum

Bagi Anda yang suka berpidato di depan umum, mungkin bisa mempertimbangkan untuk kuliah di jurusan hubungan internasional. Hal ini akan memudahkan Anda ketika harus melakukan interaksi, berdebat dan presentasi di dalam kegiatan kuliah HI.

5. Anda suka menganalisa studi kasus

Karakter yang cocok untuk kuliah di jurusan hubungan internasional adalah Anda yang suka menganalisa. Secara umum, kuliah jurusan ini akan berisi studi kasus, sehingga kita ditantang untuk mengolah pendapat terhadap suatu kasus.

 

Apa yang Dipelajari di Jurusan Hubungan Internasional di Amerika?

Amerika serikat menjadi negara dengan kondisi politik yang berbeda dengan Indonesia. Mulai dari pemilihan pemimpin negara, hingga anggota parlemen dipilih dengan cara yang berbeda dengan negara kita. 

Jurusan kuliah Hubungan Internasional merupakan ilmu yang sifatnya Interdisipliner. Artinya pendekatan ilmunya membutuhkan ilmu lain seperti Politik, Sejarah, Sosiologi, Ekonomi, Antropologi, Psikologi dan lain sebagainya.

Adapun beberapa contoh mata kuliah yang dipelajari di jurusan hubungan internasional di Amerika , Dilansir dari Harvard University umumnya sebagai berikut:

Mata Kuliah Umum

  • Anthropology and Human Rights

  • Strategy, Conflict and Cooperation

  • Human Health and Global Environmental Change

  • Introduction to Comparative Politics

  • Cyberpolitics

  • Global Ethnic Politics

  • History of Human Rights and  US Foreign Policy

  • Democracy and Its Discontents

  • Political Corruption

  • International Organizations

  • Popular Culture and the US Foreign Policy During Cold War

  • Understanding The Mideast: From the Arab Spring to ISIS

  • The History of Cold War

  •  Crisis Management and Emergency Preparedness

  • World Religions

  • Human trafficking, Slavery and Abolition in the Modern World

 

Apa Saja Persyaratan Kuliah Jurusan Hubungan Internasional di Amerika?

Persyaratan kuliah jurusan hubungan internasional di Amerika tentunya menjadi hal penting yang harus disiapkan oleh para calon mahasiswi dan mahasiswa dari mancanegara, termasuk dari Indonesia. 

Pada umumnya, jika ingin melanjutkan kuliah meraih gelar sarjana (S1) dan (S2) di Amerika akan memerlukan:

  • Sertifikat kemampuan Bahasa inggris seperti IELTS atau TOEFL

  • Ijazah sekolah menengah atas (SMA) dengan nilai rata-rata keseluruhan minimal 80% dengan bukti lulus ujian nasional pastinya

Adapun informasi syarat-syarat masuk atau pendaftaran kuliah di Amerika seperti berikut:

Gelar Sarjana (S1)

Ujian Nasional (UN)

Lulus ujian nasional SMA, SAT, ACT

IELTS

Skor Minimal 7.0

TOEFL

PBT   minimal 550

Gelar Magister (S2)

Program kuliah (S1) 

Lulus dari gelar sarjana (S1) jurusan yang sama

IELTS

Skor Minimal 7.0

TOEFL 

Minimal 550- 600

lainya

Pengalaman kerja dan surat rekomendasi dari profesional atau atasan tempat bekerja

Komponen lain yang penting sebagai persyaratan kuliah di Amerika  adalah Paspor dan visa pelajar Amerika yang wajib dimiliki.

 

Apa Saja Universitas Terbaik untuk Kuliah Hubungan Internasional di Amerika?

Sudah berminat untuk kuliah jurusan hubungan internasional di Amerika? Setelah mengetahui beberapa persyaratan kuliah di Amerika, saatnya Anda mengetahui beberapa universitas yang direkomendasikan untuk kuliah jurusan ini.

Memilih universitas terbaik untuk kuliah hubungan internasional, merupakan investasi pendidikan yang tepat dan dapat melancarkan proses kuliah Anda kedepannya.

Khusus untuk kuliah jurusan hubungan internasional , berikut ini beberapa universitas yang  direkomendasikan, dilansir dari Foreignpolicy berikut ulasannya :

1. Harvard University

Kampus Harvard yang mencetak banyak lulusan terbaik, seperti orang-orang sukses dibalik bisnis raksasa Internet, menawarkan jurusan hubungan internasional. Kuliah yang ditawarkan adalah untuk gelar Pasca Sarjana (S2). 

Durasi Kuliah

Rata - rata 4 Tahun (S1)

In take 

November

Estimasi biaya kuliah 

$ 54.561 Per Tahun

2. Princeton University 

Princeton university juga menawarkan program kuliah jurusan hubungan internasional, yang akan menjelajahi interaksi antar Negara, Hukum internasional hingga kekuatan pasar. 

Anda dapat mengambil program kuliah sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2) di kampus ini. 

Durasi Kuliah

4 Tahun (S1), 2 Tahun (S2)

In take 

Januari

Estimasi biaya kuliah 

$ 51.870 Per Tahun

3. Stanford University 

Stanford University juga menawarkan program kuliah jurusan International Relations atau hubungan internasional terbaik. 

Anda bisa mengambil program kuliah gelar sarjana (S1) hingga pasca sarjana (S2) dengan mengambil spesialisasi jurusan Political Science.

Durasi Kuliah

Rata - rata 4 Tahun (S1)

In take 

Januari

Estimasi biaya kuliah 

$ 47.940 Per Tahun

4. Georgetown University

Kuliah jurusan hubungan internasional di Universitas Georgetown Amerika, Anda dapat memilih Jurusan International affairs and Cultural Diplomacy. Program kuliah yang tersedia juga untuk program sarjana (S1) dan Program pasca sarjana (S2).

Durasi Kuliah

Rata-rata 4 Tahun (S1)

In take 

September

Estimasi biaya kuliah 

$ 48.048 Per Tahun

5. Columbia University 

Salah satu kampus terbaik di Amerika serikat ini, juga memiliki program kuliah jurusan hubungan internasional yang bisa Anda pilih. Tersedia Program kuliah pasca sarjana (S2) dan Sarjana (S1) di jurusan hubungan internasional kampus Columbia.

Durasi Kuliah

Rata-rata 4 Tahun (S1)

In take 

September

Estimasi biaya kuliah 

$ 57.208 Per Tahun

Selain beberapa universitas rekomendasi untuk kuliah jurusan hubungan internasional di Amerika, berikut daftar universitas lainnya yang juga menawarkan program kuliah tersebut:

Baca juga: Panduan memilih universitas di Amerika Serikat

 

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional di Amerika?

pekerjaan bidang diplomasi

Apakah Anda siap untuk berkarir di bidang politik atau ekonomi secara total di Amerika? Kuliah jurusan hubungan internasional di universitas terbaik Amerika, tentunya akan mengantarkan Anda menuju karir yang sukses di bidang terkait.

Lulusan dari jurusan hubungan internasional ini, tentunya dapat berkarir di bidang politik dan ekonomi pemerintahan, atau bahkan menjadi pebisnis yang memahami kondisi politik saat ini.

Berikut ini beberapa contoh pilihan karir untuk lulusan jurusan hubungan internasional: 

  • Diplomat, bertugas untuk menjaga hubungan baik antar Negara. Diplomat juga mewakili dan melindungi kepentingan Negara di luar negeri dalam hal Politik, Perdagangan dan layanan konsuler

  • Intelligence Specialist, bertugas untuk mengumpulkan informasi kritis Negara dan dapat bekerja di militer, angkatan laut, departemen keamanan nasional dan bertugas untuk melakukan analisis intelijen

  • Political Analyst, bertugas untuk menjelaskan iklim politik dan bekerja untuk pemerintah. Menginformasikan serta menafsirkan perkembangan politik suatu Negara

  • Lobbyist, bertugas untuk mempromosikan ide kepada anggota pemerintah untuk membuat keputusan yang akan menguntungkan organisasi atau perusahaan yang mereka wakili

  • Communication Specialist ,bertugas pada organisasi nirlaba yang beroperasi di tingkat internasional. Menciptakan strategi komunikasi yang efektif dan komunikasi internal 

 

Bagaiman Prospek Gaji Lulusan Jurusan Hubungan Internasional di Amerika?

Lulusan program kuliah gelar sarjana (S1)  atau pasca sarjana (S2) dari jurusan hubungan internasional memiliki kesempatan untuk bisa bekerja secara global dengan pemerintahan setempat.

Lalu berapa ekspektasi pendapatan bagi lulusan jurusan hubungan internasional  dari universitas di Amerika? berikut ulasannya:

Bidang Pekerjaan

Gaji /Pendapatan
Per Tahun

Gaji dalam Rupiah
Per Tahun

Diplomat

USD $ 85.906

Rp. 1.2 Miliar

Intelligence Specialist 

USD $ 76.980

Rp. 1 Miliar

Political Analyst 

USD $ 94.237

Rp. 1.3 Miliar

Lobbyist 

USD $ 90.619

Rp. 1.2 Miliar

Communication Specialist 

USD $ 55.988

Rp. 800 Juta

*Berdasarkan kurs Rupiah Oktober 2019

Bagaimana? Sudah yakin untuk memilih kuliah jurusan hubungan internasional  di Amerika? Jika Anda masih ragu, segera hubungi tim Easyuni yang akan selalu siap membantu Anda untuk berbagi informasi seputar kuliah hubungan internasional  di luar negeri.


 

FAQ Pertanyaan Umum Seputar Jurusan Hubungan Internasional di Australia

1. Bagaimana Saya Memulai Karir Setelah Lulus dari Jurusan Hubungan Internasional?

Hampir sama seperti lulusan dari jurusan lainnya, Anda dapat melanjutkan kuliah pasca sarjana (S2) dalam jurusan hubungan internasional, kemudian lakukan beberapa pencarian khusus tentang karir di jurusan ini. 

Temukan informasi magang kerja, untuk menambah pengalaman serta belajar Bahasa asing. Kembangkan jejaring sosial Anda untuk informasi yang lebih mudah.

2. Kuliah Jurusan Hubungan Internasional itu Seperti Apa?

Kuliah jurusan Hubungan Internasional ini akan berfokus pada hubungan antar Negara – Negara, organisasi dan perusahaan multinasional dalam bidang politik, ekonomi dan hukum yang berlaku.

Kuliah hubungan internasional di luar negeri, juga akan mengajarkan Anda mengenai Bahasa asing dari berbagai Negara.

3. Dimana Saya Bisa Bekerja setelah Lulus dari Jurusan Hubungan Internasional nanti?

Anda yang sudah lulus dari jurusan ini nantinya dapat bekerja di beberapa sektor seperti:

  • Civil Service Fast Streamer

  • Diplomatic Service Officer

  • Government Social Research Officer

  • Intelligence analyst

  • Policy Officer

  • Public Affairs Consultant

4. Apakah Kuliah Jurusan Hubungan Internasional di Amerika Memerlukan Biaya yang Tinggi?

Kuliah di Amerika memang menawarkan program kuliah dengan kualitas pendidikan yang tinggi, serta kesempatan karir yang luas. Maka dari itu, biaya kuliah yang dibebankan akan sepadan dengan kualitas pendidikan tersebut.

You might be interested in...